Woman
·
6 April 2020 10:20

5 Ide Dekorasi agar Momen Bekerja di Rumah Terasa Lebih Menyenangkan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Ide Dekorasi agar Momen Bekerja di Rumah Terasa Lebih Menyenangkan (7495)
Mendekorasi ulang salah satu sudut di rumah bisa memberikan nuansa segar. Foto: Instagram @freshome
Untuk pertama kalinya, sebagian dari kita menghabiskan periode bekerja di rumah yang begitu panjang. Di tengah ketidakpastian pandemi corona, work from home atau WFH dianggap menjadi salah satu cara terbaik untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut.
Kita mungkin masih akan menjalani cara kerja seperti ini untuk waktu cukup lama. Jadi, untuk mengusir rasa jenuh dan memberi sentuhan segar, tak ada salahnya bila kita mendekorasi ulang salah satu sudut atau ruangan di rumah.
Kisah bisa mendekorasi khusus satu ruangan untuk "disulap" menjadi ruang kerja yang nyaman. Kita juga memasang hiasan penyegar seperti tanaman hidup, lukisan, hingga aromaterapi.
5 Ide Dekorasi agar Momen Bekerja di Rumah Terasa Lebih Menyenangkan (7496)
Kalau punya waktu dan biaya untuk mempercantik ruangan, mengapa tidak? Foto: Instagram @freshome
Dekorasi-dekorasi bukan hanya akan membuat ruangan lebih "hidup" dan berwarna, tapi juga bisa membantu kita berkonsentrasi lebih baik selama bekerja.
Berikut 5 ide dekorasi yang bisa Anda jadikan inspirasi dalam menata ruangan kerja agar lebih nyaman dan produktif:

1. Tanaman hidup

5 Ide Dekorasi agar Momen Bekerja di Rumah Terasa Lebih Menyenangkan (7497)
Tanaman gantung bisa menjadi opsi dekorasi rumah. Foto: Shutterstock
Anda bisa memasang tanaman hidup di sudut ruangan atau pada meja kerja. Ini dimaksudkan supaya ruangan tetap terasa segar, sekaligus agar tidak terlihat monoton.
Secara khusus, Anda bisa memilih untuk memasang tanaman yang memang bermanfaat untuk diletakkan dalam ruangan. Di antaranya termasuk philodendron, palem kecil, pakis, lidah mertua, hingga lili.
Tak hanya menyegarkan, tanaman ini juga mampu menyerap polutan atau kotoran lain yang ada di udara. Sehingga, ruang kerja semakin nyaman untuk ditinggali.

2. Diffuser atau aromaterapi

5 Ide Dekorasi agar Momen Bekerja di Rumah Terasa Lebih Menyenangkan (7498)
Lilin aroma terapi. Foto: Dok. Studio One
Saat WFH seperti ini, Anda punya lebih banyak kesempatan untuk bereksperimen dengan diffuser atau aromaterapi lain.
Berbeda dengan saat di kantor, kini Anda tidak perlu memikirkan apakah rekan satu ruangan akan menyukai wangi yang Anda pasang atau tidak. Sehingga, Anda bisa mencoba berbagai wangi yang diinginkan.
Anda bisa menyesuaikan aroma dengan kebutuhan kerja. Misal, Anda bisa memasang aromaterapi citrus untuk meningkatkan konsentrasi atau aromaterapi vanila untuk kesan yang lebih menenangkan.

3. Bunga

5 Ide Dekorasi agar Momen Bekerja di Rumah Terasa Lebih Menyenangkan (7499)
Dekorasi rumah menggunakan bunga kering. Foto: Shutterstock
Bila Anda menyukai bunga, Anda bisa mencoba meletakkan vas berisi bunga segar di dalam ruangan kerja. Hal ini bisa menambah semangat, sekaligus menjadi salah satu titik padnang menyegarkan bila Anda sudah lelah bekerja.
Bagi Anda yang menyukai kesan rustic, tak ada salahnya untuk mencoba memasang hiasan dengan tema bunga kering di sekitar ruangan kerja. Misal, dengan menempelkannya pada kertas dan memajangnya di dinding.
Selain itu, Anda bisa mengumpulkan bunga kering dalam satu piring kecil dan meneteskan aromaterapi di atasnya, menjadikan hiasan tersebut sebagai potpourri yang wangi.
Jangan lupa, sesuaikan dekorasi ini dengan skala meja kerja ataupun ruang kerja Anda. Bila ukuran hiasannya kecil, Anda bisa menempatkannya di atas meja kerja, supaya Anda bisa lebih sering melihat bunga tersebut.

4. Bantal

5 Ide Dekorasi agar Momen Bekerja di Rumah Terasa Lebih Menyenangkan (7500)
Dekorasi bantal. Foto: Shutterstock
Agar ruangan kerja terasa makin nyaman, Anda bisa meletakkan bantal kecil pada bangku kerja. Bantal juga bisa menjadikan posisi duduk Anda lebih baik, dan membuat Anda tak mudah lelah bila harus bekerja untuk waktu lama.
Tak hanya itu, Anda juga bisa menaruh beberapa bantal atau bahkan beanbag di salah satu sudut ruangan. Dedikasikanlah spot tersebut sebagai ruang untuk beristirahat, namun jangan sampai Anda justru tertidur saking terlalu nyaman.

5. Lukisan, foto, atau karya seni lain

5 Ide Dekorasi agar Momen Bekerja di Rumah Terasa Lebih Menyenangkan (7501)
Main warna dalam dekorasi rumah. Foto: Shutterstock
Tak kalah penting, Anda bisa memasang lukisan atau foto di ruang kerja. Seperti kebanyakan orang, Anda bisa memasang foto keluarga yang dapat menjadi motivasi untuk bekerja lebih keras. Jika tidak, Anda juga bisa memasang foto orang terkasih yang sama memicu semangat.
Anda pun bisa memasang lukisan, baik yang Anda buat sendiri atau yang Anda beli dari orang lain. Seperti dikatakan Craig Knight, peneliti asal Inggris yang menelaah psikologi ruang kerja, karya seni dapat meningkatkan rasa bahagia dan produktivitas seseorang.
"Jika Anda memperkaya (dekorasi) sebuah ruangan, orang-orang akan merasa jauh lebih bahagia dan bekerja lebih baik; cara yang sangat baik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan karya seni," tuturnya seperti dikutip The Guardian.
Tak ada batasan mengenai karya seni atau ornamen apa yang bisa Anda pasang, selama Anda merasa bahagia dan terinspirasi saat melihatnya.
Bagaimana? Tertarik untuk mendekorasi ulang ruangan Anda?
***
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk membantu mencegah penyebaran virus corona. Yuk, bantu donasi sekarang!