Woman
·
20 November 2020 20:18

5 Kebiasaan Buruk saat di Toilet yang Ternyata Bisa Mendatangkan Penyakit

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Kebiasaan Buruk saat di Toilet yang Ternyata Bisa Mendatangkan Penyakit (52518)
Ilustrasi buang air kecil di toilet Foto: Shutterstock
Bukan rahasia lagi kalau toilet merupakan salah satu tempat yang kotor dan penuh bakteri. Meski sudah dibersihkan beberapa kali, namun tempat ini tidak akan sepenuhnya bebas dari bakteri. Karena itulah, salah satu hal yang harus menjadi perhatian saat di toilet adalah menjaga kebersihannya.
ADVERTISEMENT
Kendati demikian, tak semua kita bisa disiplin menerapkan kebiasaan baik selama di toilet. Parahnya lagi, kebiasaan-kebiasaan ini jika dibiarkan akan berpotensi menyebabkan beberapa penyakit dan infeksi; seperti diare, hepatitis, dan infeksi saluran kemih.
Lalu, kebiasaan buruk apa saja yang kerap dilakukan orang saat di toilet? Melansir Shape, berikut kumparanWOMAN rangkum untuk Anda.

1. Membawa ponsel ke kamar mandi

5 Kebiasaan Buruk saat di Toilet yang Ternyata Bisa Mendatangkan Penyakit (52519)
Ilustrasi ponsel Foto: Shutter Stock
Siapa di antara Anda yang sering membawa ponsel ke kamar mandi? Entah untuk sekadar berpesan singkat, melihat linimasa media sosial, hingga mendengarkan musik. Pasti hampir sebagian besar dari Anda pasti pernah melakukannya, bukan?
Jika iya, cobalah untuk menghindari kebiasaan buruk ini ya. Sebab, seperti yang sudah dijelaskan di atas, toilet merupakan tempat yang dipenuhi bakteri.
ADVERTISEMENT
“Jadi, ketika Anda pergi ke kamar mandi untuk sekadar mencuci muka dan meletakkan ponsel di meja atau di mana saja, kuman dan bakteri itu akan menempel pada ponsel. Bakteri yang menempel itu akan terbawa ke mana-mana dan bisa mengotori tangan hingga wajah, sehingga menyebabkan jerawat,” kata seorang profesor ilmu mikrobiologi dan lingkungan di Universitas Arizona, Charles Gerba, Ph.D, kepada Shape.

2. Duduk di kloset terlalu lama

5 Kebiasaan Buruk saat di Toilet yang Ternyata Bisa Mendatangkan Penyakit (52520)
Ilustrasi BAB Foto: Thinkstock
Biasanya, seseorang duduk di kloset terlalu lama karena bermain ponsel hingga lupa waktu. Padahal, waktu Anda untuk buang air mungkin sudah selesai, tetapi Anda masih saja asyik duduk di kloset dengan ponsel di tangan.
Tanpa disadari, ternyata kebiasaan ini bisa menyebabkan peningkatan tekanan pada pembuluh darah di area bokong. Bahkan jika sering dilakukan, maka akan menyebabkan terjadinya pelebaran pembuluh darah di dinding rektum atau anus Anda. Hal inilah kemudian sering disebut hemoroid atau wasir.
ADVERTISEMENT
Wasir paling sering ditandai dengan BAB berdarah dan terasa ada benjolan yang keluar dari anus. Untuk mencegah hal buruk ini terjadi, para ahli pun menyarankan Anda untuk tidak duduk di kloset lebih dari 5 menit.

3. Menyeka dari belakang ke depan

5 Kebiasaan Buruk saat di Toilet yang Ternyata Bisa Mendatangkan Penyakit (52521)
Ilustrasi tisu toilet. Foto: Getty Images
Pada saat selesai buang air kecil atau besar, beberapa dari Anda mungkin akan membersihkannya dengan cara menyeka dari belakang (anus) ke depan (alat kelamin). Namun ternyata cara ini tidak disarankan para ahli.
Seorang dermatologi asal Amerika Serikat, Lauren Ploch M.D, justru menyarankan Anda untuk menyeka satu arah yakni dari depan ke belakang.
“Menyeka dari belakang ke depan secara teoritis bisa menyebarkan bakteri dari area anus ke area vagina, dan dapat menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK),” kata Dr. Ploch kepada Shape.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut, Dr. Ploch juga menyebut jika dibiarkan, kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan vulvovaginitis (infeksi pada vulva dan vagina), infeksi jamur, gatal, hingga ruam-ruam kemerahan.

4. Menyiram kloset tanpa menutupnya

5 Kebiasaan Buruk saat di Toilet yang Ternyata Bisa Mendatangkan Penyakit (52522)
Ilustrasi Toilet Foto: Shutter Stock
Banyak dari Anda yang mungkin belum tahu bahwa kebiasaan ini bisa menyebabkan bakteri dari kloset tersebar ke seluruh ruangan. Bakteri yang paling banyak ada di kloset adalah bakteri feses, yaitu E. Coli. Setelah Anda menyiram kloset, pastikan untuk selalu menutupnya ya Ladies! Tujuannya untuk mencegah bakteri-bakteri tersebut tersebar ke seluruh area di toilet.

5. Membersihkan vagina secara berlebihan

5 Kebiasaan Buruk saat di Toilet yang Ternyata Bisa Mendatangkan Penyakit (52523)
Ilustrasi Vagina. Foto: Shutterstock
Untuk para Ladies, saat membersihkan vagina, sebaiknya hindarilah membersihkannya terlalu berlebihan. Selain itu, hindari juga menggunakan pembersih khusus vagina (di luar anjuran dokter), karena justru bisa mengganggu keseimbangan bakteri yang melindungi vagina.
ADVERTISEMENT
Vagina tidak perlu dibersihkan dan disegarkan secara berlebihan dengan bahan-bahan kimia; seperti tisu basah, alat semprot pewangi vagina, hingga sabun antibakteri karena bisa mengganggu keseimbangan pH normal dan menyebabkan gatal-gatal, iritasi, dan munculnya rambut,” kata seorang ob-gyn berasal dari Amerika Serikat, Alyssa Dweck, M.D,
Lebih lanjut, Dr. Dweck pun menyarankan Anda untuk mencucinya dengan sabun berbahan lembut dan air saat mandi atau setelah buang air.
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)