5 Kebiasaan Sepele yang Membuat Kulit Wajah Semakin Berminyak

2 Desember 2019 13:46
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
5 Kebiasaan Sepele yang Membuat Kulit Wajah Semakin Berminyak (123294)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kulit Berminyak Foto: Shutterstock/Yuttana Jaowattana
ADVERTISEMENT
Memiliki kulit wajah berminyak memang kerap membuat perempuan merasa tidak percaya diri. Tak hanya itu, kulit wajah berminyak juga sering kali menimbulkan masalah lain pada wajah; seperti kusam hingga berjerawat.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya, banyak sekali penyebab yang membuat kulit wajah semakin berminyak. Salah satunya disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang mungkin tanpa disadari bisa membuat kulit wajah semakin berminyak.
Kebiasaan-kebiasaan apa saja itu? Melansir dari berbagai sumber, berikut kumparanWOMAN rangkum informasinya.
1. Mencuci wajah terlalu sering
5 Kebiasaan Sepele yang Membuat Kulit Wajah Semakin Berminyak (123295)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mencuci muka. Foto: Shutterstock
Jika Anda berpikir mencuci wajah dengan intensitas yang sering bisa menghilangkan minyak, maka Anda salah besar. Menurut Melanie D. Palm, MD, dokter kulit dan ahli bedak kosmetik yang berbasis di San Diego, mencuci wajah terlalu sering justru akan membuat kulit wajah menjadi kering.
“Pada kenyataanya, mencuci wajah terlalu sering bisa memancing kulit untuk memproduksi minyak berlebih dan akhirnya wajah semakin berminyak,” tambah Melanie saat diwawancarai SELF.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak, disarankan untuk melakukan cuci muka hanya dua kali dalam sehari; yaitu di pagi hari (sebelum beraktivitas) dan di malam hari (untuk membersihkan kulit dari riasan wajah dan polusi).
2. Tidak menggunakan pelembap
5 Kebiasaan Sepele yang Membuat Kulit Wajah Semakin Berminyak (123296)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi memakai pelembap Foto: Shutterstock
Banyak yang salah sangka kalau pengaplikasian pelembap bisa membuat wajah jadi berminyak. Padahal, menurut Stanley Kovak, MD, dokter kosmetik Kovak Cosmetic Center, pengaplikasian pelembap bisa membuat kulit terhidrasi serta menyeimbangkan kadar minyak.
“Selain itu, bisa membantu mengurangi kadar minyak karena bisa memperlambat produksi sebum,” tambah Stanley Kovak kepada SELF.
Sebagai tips, pilihlah pelembap berbahan dasar air serta yang memiliki label oil-free dan non-comedogenic (produk yang tidak bisa menyumbat pori-pori).
3. Mengeksfoliasi terlalu keras
5 Kebiasaan Sepele yang Membuat Kulit Wajah Semakin Berminyak (123297)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Eksfoliasi Wajah Foto: Shutterstock/Yuttana Jaowattana
Eksfoliasi memang penting dilakukan agar sel kulit mati bisa terkelupas. Namun, melakukannya terlalu keras bisa membuat kulit wajah iritasi dan juga berminyak.
ADVERTISEMENT
“Kenapa? Karena menggosok kulit terlalu keras bisa bisa memancing sebum keluar sehingga produksi minyak pun jadi lebih banyak,” kata Jerome Garden, MD, direktur Physicians Laser dan Dermatology Institute di Chicago, kepada SELF.
4. Terlalu sering menyentuh wajah
5 Kebiasaan Sepele yang Membuat Kulit Wajah Semakin Berminyak (123298)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi wajah berminyak Foto: Shutterstock
Sadar atau tidak, menyentuh wajah juga bisa membuat kulit wajah semakin berminyak. Hal ini karena tangan memiliki minyak alami dan jika sering menyentuh wajah bisa menyebabkan wajah kusam serta berminyak.
5. Menggunakan produk makeup yang salah
5 Kebiasaan Sepele yang Membuat Kulit Wajah Semakin Berminyak (123299)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi makeup menggumpal Foto: Shutterstock
Jika kulit wajah Anda berminyak, pastikan untuk memilih produk makeup yang cocok dengan kulit Anda. Sebab, produk makeup yang salah bisa membuat riasan jadi tidak tahan lama dan cepat hilang di kulit berminyak.
Oleh karena itu, pastikan untuk memilih produk makeup yang memiliki formula oil-free dan juga memberi hasil akhir matte. Biasanya, produk makeup tersebut memiliki kemampuan dalam menaklukkan kelenjar minyak dan juga jerawat.
ADVERTISEMENT