Woman17 September 2020 18:29

5 Kesalahan Menata Kamar yang Bisa Bikin Suasana Tidur Kurang Nyaman

Konten Redaksi kumparan
5 Kesalahan Menata Kamar yang Bisa Bikin Suasana Tidur Kurang Nyaman (316539)
5 Kesalahan Menata Kamar yang Bisa Bikin Suasana Tidur Kurang Nyaman. Foto: Shutterstock
Tak bisa dipungkiri jika tidur adalah kunci bagi kesehatan manusia. Untuk itu, kualitas tidur haruslah sangat diperhatikan. Sebab tidur yang nyenyak bisa membantu kita menambah energi setelah lelah beraktivitas seharian, meredakan stres, menjaga memori tetap baik, hingga membuat kita terhindar dari masalah kulit.
ADVERTISEMENT
Terdapat beberapa faktor yang bisa membuat kita tidak bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Salah satunya adalah karena adanya kesalahan dalam menata ruangan. Mengapa demikian? Karena dekorasi ruangan bisa menciptakan suasana yang nyaman dan tenang jika dilakukan dengan benar.
Nah, lalu kira-kira kesalahan apa saja yang bisa membuat kita jadi tidak nyaman dan sulit mendapatkan tidur yang berkualitas? Melansir berbagai sumber, berikut kumparanWOMAN telah merangkumnya untuk kamu.

1. Memilih tempat tidur yang terlalu besar

5 Kesalahan Menata Kamar yang Bisa Bikin Suasana Tidur Kurang Nyaman (316540)
Hindari memilih kasur yang terlalu besar. Foto: Instagram @freshome
Tempat tidur atau kasur merupakan elemen paling penting dalam kamar. Sering kali, kita memilih kasur berdasarkan kenyamanan tapi tidak memperhatikan ukurannya. Oleh karena itu, tak sedikit kasur yang akhirnya membuat ruangan kamar jadi tampak lebih sempit karena ukurannya yang terlalu besar padahal kamarnya minimalis.
ADVERTISEMENT
Untuk mengatasinya, pastikan kamu mengukur kamar sebelum membeli tempat tidur. Setelah itu perkirakan juga ada area terbuka di sekeliling kasur sehingga sirkulasi energi di kamar tetap baik dan memberikan kenyamanan.

2. Memasang lampu terang

5 Kesalahan Menata Kamar yang Bisa Bikin Suasana Tidur Kurang Nyaman (316541)
Pastikan memilih lampu yang redup. Foto: Unsplash
Pemilihan lampu berwarna putih atau terang bisa jadi merusak mood tidur kamu lho Ladies. Jadi jangan heran kalau akhirnya kamu jadi sulit tidur karena cahaya yang ada di kamar begitu menyilaukan.
Untuk itu, pastikan kamu memasang lampu dengan pencahayaan lembut dan memberikan kesan hangat. Cari lampu khusus kamar tidur dengan temperatur warna 2700K ke bawah. Agar tidak terlalu redup, Ladies bisa menghadirkan dua pilihan lampu sehingga kalau kamu sedang melakukan kegiatan lain, tetap bisa punya pencahayaan yang baik.
ADVERTISEMENT

3. Terlalu banyak barang di kamar

5 Kesalahan Menata Kamar yang Bisa Bikin Suasana Tidur Kurang Nyaman (316542)
Jangan terlalu banyak barang di kamar. Foto: dok. Instagram/ @morninglandspace
Kebanyakan dari furnitur atau perabotan di kamar memiliki ukuran yang besar. Jadi kalau terlalu banyak, akan memberikan kesan penuh pda kamar. Sehingga kamar jadi tidak memiliki banyak area terbuka dan sulit dibersihkan.
Sebenarnya, barang-barang utama yang mungkin harus ada di kamar adalah kasur, meja kecil di samping kasur, dan lemari. Selebihnya tidak terlalu diperlukan. Jadi hindari untuk meletakkan terlalu banyak barang di kamar agar lebih nyaman.

4. Meletakkan karpet berukuran kecil

5 Kesalahan Menata Kamar yang Bisa Bikin Suasana Tidur Kurang Nyaman (316543)
Hindari meletakkan karpet berukuran kecil. Foto: Pixabay
Karpet memang terkenal bisa menambahkan unsur tekstur dan kenyamanan ekstra di dalam kamar. Tetapi kalau kamu ingin meletakkan karpet, sebaiknya pilih karpet yang ukurannya cukup besar untuk menutupi area lantai di sekeliling tempat tidur. Fungsinya agar saat akan dan bangun tidur, kaki bisa merasakan kelembutan yang juga dapat membuat tubuh jadi lebih rileks.
ADVERTISEMENT

5. Terlalu banyak barang elektronik di kamar

5 Kesalahan Menata Kamar yang Bisa Bikin Suasana Tidur Kurang Nyaman (316544)
Terlalu banyak barang elektronik di kamar. Foto: Unsplash
Seperti yang sudah banyak diketahui, alat elektronik seperti ponsel, televisi, atau komputer memancarkan cahaya yang bisa membuat kamu jadi makin sulit tidur.
Oleh karena itu, sebaiknya kamu menghindari meletakkan elektronik seperti televisi atau laptop di kamar tidur. Selain dapat menghemat ruang, cara ini juga bisa mengurangi kebiasaan kamu membawa pekerjaan ke kamar tidur yang justru bisa membuat suasana kamar jadi tegang karena pekerjaan dan pikiran kamu yang terus bekerja.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white