Woman
·
16 Oktober 2020 14:30

5 Kesalahan Merawat Wadah Lensa Kontak yang Bisa Berbahaya untuk Mata

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Kesalahan Merawat Wadah Lensa Kontak yang Bisa Berbahaya untuk Mata (23677)
5 Kesalahan Merawat Wadah Lensa Kontak yang Bisa Berbahaya untuk Mata. Foto: Shutterstock
Bagi sebagian orang, menggunakan softlens, contact lens atau lensa kontak mungkin terkesan lebih praktis dan nyaman daripada memakai kacamata. Tidak hanya memikirkan fungsinya saja, lensa kontak juga bisa memaksimalkan penampilan. Sebab lensa kontak saat ini hadir dalam berbagai pilihan warna dan motif yang menarik dan bisa membuat tampilan mata jadi lebih ‘hidup’.
ADVERTISEMENT
Namun, tak jarang kita sering kali melupakan hal-hal penting saat menggunakan lensa kontak, dan mengabaikan sisi kebersihan dan kesehatan pada mata. Terutama dalam merawat wadahnya. Tak bisa dipungkiri, wadah lensa kontak sangat berperan penting untuk menjaga lensa kontak tetap dalam kondisi baik serta tidak melukai mata.
Oleh karena itu, kita juga harus memperhatikan cara membersihkan dan merawat wadah lensa kontak agar mata tetap sehat dan aman. Untuk tahu mengenai hal tersebut, kumparanWOMAN merangkum lima kesalahan yang sering kita lakukan dalam merawat wadah lensa kontak serta cara melakukannya dengan tepat. Mengutip dari SELF, simak penjelasan lengkap dari para ahli berikut ini.

1. Tidak mencuci tangan

5 Kesalahan Merawat Wadah Lensa Kontak yang Bisa Berbahaya untuk Mata (23678)
Cuci tangan sebelum pakai lensa kontak. Foto: shutterstock
Sama halnya dengan memakai skin care, saat akan menggunakan lensa kontak atau softlens, kamu juga harus memastikan tangan sudah bersih ya Ladies. Gunakan sabun dan air untuk mencuci tangan sebelum memakai dan melepas lensa kontak.
ADVERTISEMENT
Tidak mencuci tangan tidak hanya berisiko ketika kamu menyentuh lensa kontak, tetapi juga sudah menimbulkan risiko saat kamu memegang wadahnya. Alisha Fleming, O.D., dokter mata di Penn Medicine, Philadelphia, AS, mengatakan mikro organisme yang ada pada tangan bisa menempel pada wadah lensa kontak dan memudahkan kuman masuk ke mata melalui lensa kontak yang bisa menyebabkan iritasi dan infeksi. Tak hanya itu, tangan yang tidak bersih juga bisa membuat mata mengalami kemerahan, gatal, dan berair.

2. Tidak membersihkan wadah lensa kontak

5 Kesalahan Merawat Wadah Lensa Kontak yang Bisa Berbahaya untuk Mata (23679)
Ilustrasi membersihkan wadah dengan air lensa kontak. Foto: Shutterstock
Sebagian dari kamu mungkin berpikiran bahwa membersihkan wadah lensa kontak tidak terlalu penting karena setiap hari lensa kontak sudah terlindungi dengan air softlens. Padahal, menjaga kebersihan wadahnya juga sangat penting lho Ladies.
ADVERTISEMENT
"Bakteri bisa masuk dan berkembang di dalam wadah lensa kontak, dan kalau kamu tidak membersihkannya secara rutin, bisa jadi lensa kontak kamu akan terkontaminasi saat disimpan di dalamnya," ungkap Jennifer Fogt, O.D., profesor asosiasi di Sekolah Dokter Mata, Ohio State University, AS.
Sebenarnya memang tidak ada ketentuan berapa kali kamu harus mencuci wadah lensa kontak, tetapi American Optometric Association menyarankan supaya kamu mengikuti panduan yang ada pada kemasan air lensa kontak. Biasanya disana ada petunjuk mengenai pembersihan wadah.
Selain itu, para ahli juga menyarankan supaya kamu tidak membersihkan wadah lensa kontak dengan air. Sebab air biasanya mengandung bakteri atau kuman sehingga berisiko menempel pada wadah. Ladies sebaiknya mencuci wadah dengan air lensa kontak saja.
ADVERTISEMENT

3. Tidak membeli wadah lensa kontak baru setiap 3 bulan

5 Kesalahan Merawat Wadah Lensa Kontak yang Bisa Berbahaya untuk Mata (23680)
Lensa Kontak Mata Foto: Pixabay
Ladies, tahukah kamu kalau ternyata wadah lensa kontak harus diganti setiap tiga bulan sekali? Ya, sebagian dari kamu mungkin belum mengetahui tentang hal ini karena merasa kalau tidak rusak atau hilang maka kamu tidak perlu mengganti wadahnya.
Padahal, bakteri dan mikroorganisme bahaya lainnya bisa menghasilkan zat yang disebut biofilm. Zat ini bisa akan berdiam di wadah lensa kontak dan membantu bakteri bersembunyi dari desinfektan dalam air lensa kontak kamu. Untuk itu, American Optometric Association menyarankan supaya kamu mengganti wadah lensa kontak setiap tiga bulan sekali.

4. Tidak mengganti air di dalam wadah

5 Kesalahan Merawat Wadah Lensa Kontak yang Bisa Berbahaya untuk Mata (23681)
Lensa Kontak Mata Foto: Pixabay
Kesalahan lain yang mungkin sering dilakukan pengguna lensa kontak adalah tidak membuang air lensa kontak dalam wadah setelah digunakan. Seringnya, kalau air dalam wadah berkurang kamu hanya menambahkan saja, bukan membuangnya dulu lalu menggantinya dengan air baru.
ADVERTISEMENT
Nah, kebiasaan ini ternyata bisa berbahaya untuk lensa kontak dan mata. Sebab air lensa kontak yang sebelumnya bisa saja sudah terkontaminasi oleh bakteri, dan menambahkan air lagi justru bisa mengendapkan bakteri tersebut.
"Menambahkan air lensa kontak bisa menciptakan lingkungan dimana bakteri bisa tumbuh dan berisiko merusak mata," ungkap Jennifer Fogt.
Oleh karena itu, buang air lensa kontak yang ada di dalam wadah setelah kamu menggunakan lensa kontak. Lalu tambahkan dengan yang baru ketika kamu akan menyimpannya. Cara ini juga bisa mencegah risiko air dalam wadah tumpah dan membasahi tas atau pouch makeup kamu.

5. Menyimpan lensa kontak di kamar mandi

5 Kesalahan Merawat Wadah Lensa Kontak yang Bisa Berbahaya untuk Mata (23682)
Hindari menyimpan lensa kontak di kamar mandi. Foto: Shutterstock
Para ahli sangat tidak menyarankan kita menyimpan lensa kontak di kamar mandi lho Ladies. Sebab kondisi kamar mandi yang lembap akan memicu pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lain yang bisa membahayakan bagi lensa kontak dan mata.
ADVERTISEMENT
Selain bakteri-bakteri biasa, bakteri E.coli dan salmonella juga bisa saja menempel pada lensa kontak karena ketika kamu menyiram toilet, air yang keluar menghempaskan dua bakteri tersebut ke udara dan berisiko menempel pada wadah atau bahkan lensa kontak sekalipun. Dua bakteri tersebut sangat berbahaya jika menempel pada mata.
Untuk itu, sebaiknya kamu menyimpan perlengkapan lensa kontak di kamar saja ya Ladies, supaya lebih higienis dan tidak membahayakan mata.