Woman
·
12 Januari 2021 9:48

5 Kesalahan saat Memakai Eye Cream yang Bikin Hasilnya Jadi Tak Maksimal

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Kesalahan saat Memakai Eye Cream yang Bikin Hasilnya Jadi Tak Maksimal (405942)
Ilustrasi menggunakan eye cream, krim mata Foto: Shutterstock
Penggunaan eye cream atau krim mata merupakan salah satu rangkaian perawatan kulit yang sangat penting. Selain bisa menghilangkan mata panda, eye cream juga berguna untuk melembapkan hingga mengatasi garis halus dan keriput di area mata.
ADVERTISEMENT
Saat menggunakan eye cream, apakah kamu pernah merasa permasalahan di area mata tidak kunjung membaik padahal sudah mencoba berbagai jenis produk? Jika iya, mungkin kamu melakukan beberapa kesalahan yang tanpa disadari membuat hasilnya jadi tidak optimal.
Lantas kesalahan-kesalahan apa sajakah yang biasa dilakukan saat memakai eye cream? Yuk, simak informasinya seperti dikutip dari Herworld berikut ini.
5 Kesalahan saat Memakai Eye Cream yang Bikin Hasilnya Jadi Tak Maksimal (405943)
Gunakan eye cream secukupnya. Foto: Shutterstock

1. Mengoleskan eye cream terlalu banyak

Beberapa orang kerap beranggapan bahwa mengoleskan eye cream dengan jumlah yang banyak bisa membuat hasilnya lebih optimal. Padahal anggapan itu tidaklah benar. Sebab, mengoleskan produk eye cream dalam jumlah yang banyak justru bisa menimbulkan iritasi di area mata karena produk eye cream dapat menggumpal dan masuk ke dalam mata. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa membuat kulit mata kering, kencang, dan bahkan memicu kerutan.
ADVERTISEMENT
Lalu, berapa banyak produk eye cream yang sebaiknya dioleskan ke area mata? Cukup ambil sebesar biji kacang hijau, lalu oleskan secara merata di area kulit mata.

2. Mengaplikasikan eye cream terlalu dekat dengan kelopak mata

Area kulit bawah mata dan seluruh kelopak mata biasanya menjadi area favorit untuk mengaplikasikan eye cream. Namun, tahukah kamu kalau eye cream yang dioleskan di kedua area tersebut berisiko menggumpal dan menyebabkan iritasi?
Karena itu, mulai sekarang, hindarilah mengaplikasikan eye cream di kedua area tersebut karena area yang tepat adalah pada tulang sekeliling mata. Jika kamu masih belum tahu area tersebut, coba raba wajah dan temukan tulang di sekitar mata. Di area tersebutlah, kamu seharusnya mengaplikasikan eye cream.
5 Kesalahan saat Memakai Eye Cream yang Bikin Hasilnya Jadi Tak Maksimal (405944)
Jangan terlalu dekat dengan kelopak mata saat mengaplikasikan eye cream. Foto: Shutterstock

3. Tidak memperhatikan kandungan produk eye cream

Saat ini banyak sekali pilihan eye cream dari berbagai brand kecantikan dengan kandungan yang berbeda-beda. Karena itu, usahakan untuk memperhatikan kandungan dari sebuah produk supaya tidak menyebabkan efek samping, ketidakcocokan, hingga alergi saat pemakaiannya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, pastikan juga untuk memilih produk eye cream dengan kandungan yang sesuai dengan kondisi area mata atau permasalahan yang ingin kamu atasi; seperti kantung mata, garis halus, kerutan, hingga area mata yang kering. Beberapa kandungan eye cream yang disarankan oleh ahli; seperti hyaluronic acid (untuk menghidrasi), retinol atau vitamin A (untuk mendorong pergantian sel dan meningkatkan produksi kolagen), hingga vitamin C dan E (untuk mencerahkan dan anti-aging).
5 Kesalahan saat Memakai Eye Cream yang Bikin Hasilnya Jadi Tak Maksimal (405945)
Perhatikan kandungan eye cream. Foto: Unsplash/ @ostshem

4. Mengoleskan eye cream pada kulit yang kering

Ladies, jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari penggunaan eye cream, pastikan kamu mengaplikasikannya pada kondisi kulit wajah yang tidak kering atau lembap.
Mengoleskan eye cream pada kulit yang lembap, kabarnya bisa menambah dan mengunci kelembapan di area kulit mata. Selain itu, area kulit mata yang lembap juga bisa menghindari gesekan saat kamu mengaplikasikan produk eye cream.
ADVERTISEMENT

5. Melewatkan eye cream di pagi hari

Sama seperti pelembap wajah, kamu juga harus mengaplikasikan eye cream dua kali sehari, yakni di pagi dan malam hari. Sebab di pagi hari, kulit area mata rentan sekali terkena beberapa masalah, seperti paparan sinar matahari yang menyebabkan kerutan di area kulit mata. Jika kulit mata tidak terlindungi, maka kulit akan semakin tipis dan cepat mengendur. Karena itu, kamu pun harus melindunginya dengan menggunakan eye cream.