Woman
·
26 November 2020 8:35

5 Kesalahan saat Perawatan Kecantikan yang Ternyata Bisa Merusak Kulit

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Kesalahan saat Perawatan Kecantikan yang Ternyata Bisa Merusak Kulit (572919)
Ilustrasi Kesalahan saat Perawatan Kecantikan yang Ternyata Bisa Merusak Kulit. Foto: Shutterstock
Hampir semua perempuan mendambakan kulit yang sehat, glowing, juga bersinar. Namun, untuk mendapatkan kulit idaman itu kita harus rajin melakukan perawatan kulit.
ADVERTISEMENT
Berbicara soal perawatan kulit, saat ini sudah banyak sekali jenis perawatan yang bisa dicoba oleh perempuan. Tapi dari sekian banyaknya jenis perawatan tersebut, salah satu perawatan yang saat ini sedang digandrungi perempuan adalah penggunaan skin care.
Ya, penggunaan skin care belakangan ini memang sedang digemari oleh perempuan karena alasan yang mudah dan juga praktis. Namun meski dianggap mudah, rupanya masih banyak dari kita melakukan kesalahan saat melakukan perawatan kecantikan tersebut. Parahnya lagi, jika hal itu dilakukan secara terus-menerus bisa merusak kulit.
Lalu, kesalahan-kesalahan apa sajakah itu? Melansir Bustle, berikut kumparanWOMAN rangkum informasinya untuk Anda.

1. Membersihkan wajah terlalu sering

5 Kesalahan saat Perawatan Kecantikan yang Ternyata Bisa Merusak Kulit (572920)
Ilustrasi mencuci muka. Foto: Shutterstock
Sebagian dari kita mungkin berpikir bahwa semakin sering membersihkan wajah, maka kondisi kulit akan semakin bersih dan bebas dari masalah. Padahal, anggapan itu tidaklah tepat.
ADVERTISEMENT
“Ketika Anda membersihkan wajah terlalu sering, maka sabun yang digunakan bisa menghilangkan lapisan teratas minyak kulit wajah. Hal itu justru bisa memicu pelepasan minyak yang lebih banyak, sehingga mengakibatkan pori-pori tersumbat dan menghasilkan komedo,” kata Vivian Shi, MD, dokter kulit dan asisten profesor di University of Arizona, Amerika Serikat.
Karena alasan itulah, Dr. Vivian pun merekomendasikan untuk membersihkan wajah tidak lebih dari dua kali sehari. Setelah wajah bersih, ia juga menyarankan kita untuk mengaplikasikan pelembap agar kulit wajah tidak kering.

2. Tidak memakai sunscreen

5 Kesalahan saat Perawatan Kecantikan yang Ternyata Bisa Merusak Kulit (572921)
Ilustrasi perempuan menggunakan sunscreen. Foto: Shutter Stock
Sunscreen merupakan produk perawatan yang wajib digunakan setiap hari. Sebab, produk ini bisa melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet berbahaya.
“Kenakan setiap hari, dan cari sunscreen yang memiliki SPF 30 atau lebih. Selain itu, carilah sunscreen yang berspektrum luas yang bisa melindungi Anda dari sinar UVA dan UVB,” kata Marisa Potter, dermatolog yang berbasis di Florida, AS, kepada Bustle.
ADVERTISEMENT
Biasakanlah menggunakan tabir surya setiap hari, meskipun cuaca terlihat mendung atau saat Anda berada di rumah dan tak ke mana-mana. Sebab, sinar ultraviolet (penyebab penuaan dini dan kerusakan kulit) bisa menembus masuk ke dalam ruangan, bahkan ketika cuaca mendung sekalipun. Selain area wajah, pastikan Anda juga mengoleskan sunscreen ke area tangan dan dada.

3. Salah dalam mengurutkan pemakaian skin care

5 Kesalahan saat Perawatan Kecantikan yang Ternyata Bisa Merusak Kulit (572922)
Ilustrasi perempuan memakai skin care. Foto: Shutterstock
Skin care atau produk perawatan kulit ada banyak jenisnya. Mulai dari pembersih wajah, pelembap, sunscreen, hingga tabir surya. Nah, agar Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari produk yang digunakan, Anda harus menggunakannya dengan urutan yang tepat.
“Salah satu kunci untuk memaksimalkan manfaat dari produk skin care Anda adalah menerapkan produknya dengan urutan yang benar, dimulai dari produk dengan konsistensi yang lebih tipis, kental, hingga creamy,” kata dermatolog asal AS, Dennis Gross, MD, kepada Bustle.
ADVERTISEMENT
“Mengapa mengaplikasikan produk dengan konsistensi yang lebih kental atau berat harus terakhir? Karena produk tersebut bisa menghalangi produk yang bertekstur ringan saat menembus kulit,” tambahnya.

4. Mengaplikasikan terlalu banyak produk

5 Kesalahan saat Perawatan Kecantikan yang Ternyata Bisa Merusak Kulit (572923)
Ilustrasi Skincare Foto: Shutterstock
Selain salah mengurutkan produk skin care, ternyata mengaplikasikan terlalu banyak produk juga bisa membuat kulit Anda jadi bermasalah.
“Tak sedikit perempuan berpikir bahwa semakin banyak produk yang dipakai, semakin bisa memperbaiki kondisi kulit. Namun ternyata itu anggapan itu tidaklah tepat,” kata Dr. Vivian
“Gunakanlah produk secukupnya dengan langkah-langkah yang memang sudah Anda pahami. Contohnya, saat mengaplikasikan pelembap, ambilah seukuran biji kacang. Lalu, oleskan di beberapa titik (seperti dahi, pipi, dan dagu) lalu oleskan secara merata,” tambahnya.

5. Eksfoliasi yang berlebihan

5 Kesalahan saat Perawatan Kecantikan yang Ternyata Bisa Merusak Kulit (572924)
Ilustrasi Eksfoliasi Wajah Foto: Shutterstock/Yuttana Jaowattana
Eksfoliasi berfungsi mengangkat sel kulit mati dan membuatnya menjadi lebih bersih dan sehat. Namun, melakukan eksfoliasi secara berlebihan bisa membuat kulit Anda terkelupas dan iritasi.
ADVERTISEMENT
“Eksfoliasi yang dilakukan secara berlebihan bisa merusak kulit dan dalam jangka waktu yang lama, karena bisa mengikis lapisan kulit Anda. Saya sarankan untuk melakukan eksfoliasi maksimal dua hingga tiga kali dalam seminggu,” kata dermatolog asal AS, Dr. Ben Johnson.
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)