kumparan
1 September 2019 16:01

5 Khasiat Rumput Laut untuk Kesehatan dan Perawatan Kecantikan

Ilustrasi rumput laut
Ilustrasi rumput laut. Foto: Pixabay
Lautan menyimpan potensi sumber daya yang luar biasa, salah satunya adalah rumput laut. Kabarnya, rumput laut diketahui mengandung lebih banyak nutrisi dan vitamin daripada buah dan sayur-sayuran yang tumbuh di darat.
ADVERTISEMENT
Rumput laut mengandung kalori yang rendah dan mengandung banyak serat. Tidak hanya itu, tanaman alga yang tumbuh di laut ini juga mengandung beragam nutrisi seperti karbohidrat, protein, mineral termasuk magnesium, mangan, kalsium, folat, zat besi, yodium, kalium, sodium, dan tembaga.
Rumput laut juga mengandung antioksidan, vitamin A, C, E, K, kolin dan fosfor. Karena khasiat yang berlimpah, saat ini rumput laut banyak dimanfaatkan untuk makanan, minuman, bahkan bahan perawatan kecantikan.
Ilustrasi Perempuan
Ilustrasi perempuan. Foto: Shutterstock
Dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan rumput laut, tidak ada salahnya jika Anda memasukkan salah satu bahan alam ini ke dalam menu sehari-hari. Untuk lebih meyakinkan Anda, berikut kami rangkum 5 manfaat rumput laut yang baik untuk tubuh.
1. Melancarkan Pencernaan
ADVERTISEMENT
Mengonsumsi rumput laut sangat bagus untuk mengurangi kembung dan salah satu makanan yang cepat mengenyangkan. Selain itu, kandungan tinggi serat pada rumput laut dapat melancarkan pencernaan.
"Rumput laut mengandung serat larut dan tidak larut, dapat menjadi sumber prebiotik yang baik untuk mendukung kesehatan usus," jelas Chelsea Elkin MS, RD, konsultan diet di FoodMinds, New York Amerika Serikat.
Serat-serat itu mengandung gula tertentu yang disebut polisakarida tersulfonasi. Kandungan itu telah terbukti meningkatkan pertumbuhan bakteri usus 'baik' dan juga meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek (SCFA).
Untuk memaksimalkan manfaat yang satu ini, Gloeckner menyarankan menambahkan potongan rumput laut ke sup dan salad favorit kita.
2. Mendukung Kekebalan Tubuh
Rumput laut memiliki kemampuan untuk menghasilkan banyak mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh. "Rumput laut merupakan sumber antioksidan yang kuat, termasuk alginat dan fucoxanthin," kata spesialis nutrisi Rachel Fine, founder situs To The Point Nutrition.
ADVERTISEMENT
Sedangkan pakar pengobatan preventif yang berpraktik di Los Angeles, Amerika Serikat, dr. Elroy Vojdani, MD, menambahkan bahwa kandungan iodium dan asam amino yang disebut tirosin dalam rumput laut juga bermanfaat untuk mencegah penyakit tiroid. "Rumput laut juga mengandung polifenol, yang dapat mendukung proses anti-kanker dalam tubuh," tambah Vojdani.
Untuk aplikasi dalam keseharian, ahli diet Monica Auslander Moreno, MS, RD menyarankan untuk menambahkan rumput laut pada camilan seperti biskuit asin.
Caranya dengan menambahkan rumput laut yang sudah dipanggang dengan minyak zaitun atau alpukat. "Hindari memasangkannya dengan makanan yang memiliki bahan kimia atau pemanis buatan," kata dia.
Ilustrasi rumput laut
Ilustrasi rumput laut. Foto: Pixabay
3. Membantu Kesehatan Jantung
Beberapa penelitian menunjukkan tanaman ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Banyak ahli setuju bahwa kandungan kaya serat rumput laut dapat menstabilkan kadar gula darah.
ADVERTISEMENT
Sedangkan chef dan ahli nutrisi dari California, Amerika Serikat, Serena Poon menjelaskan rumput laut memiliki kemampuan untuk membantu mengatur dan mendetoksifikasi darah dan sistem hati.
Saat memasak makanan, kita dapat menaburkan bumbu rumput laut pada masakan. Untuk hasil yang lebih maksimal lebih disarankan memasak dengan minyak alga daripada minyak zaitun.
4. Berkontribusi Terhadap Kesehatan Otak
Keistimewaan rumput laut lainnya adalah memberi pengaruh positif terhadap kesehatan otak. dr. Elroy Vojdani, MD, menyetujui bahwa asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam rumput laut berpengaruh pada kesehatan kognitif otak. Khususnya dapat meningkatkan kemampuan memori dan kinerja otak. Khasiat ini akan sangat bermanfaat bagi anak-anak.
Oleh karena itu, mulai saat ini kita dapat menukar pasta dengan mie berbahan dasar rumput laut.
Ilustrasi perempuan memegang wajah
Ilustrasi perempuan memegang wajah. Foto: dok. Shutter Stock
5. Anti Aging Alami
ADVERTISEMENT
Jerawat merupakan salah satu 'musuh' banyak perempuan. Untuk mengatasinya, kita juga dapat memanfaatkan rumput laut. Tidak hanya untuk jerawat, pada saat bersamaan, rumput laut juga bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan kulit. Menurut Serena Poon, di dalam rumput laut terdapat mineral seperti kalsium, seng, besi, natrium, kalium dan magnesium. Kandungan itu dapat mengurangi peradangan dan membantu melindungi kulit dari dehidrasi serta radikal bebas dan kerusakan akibat sinar matahari.
Ahli gizi holistik asal Amerika Serikat, Sally Kravic menyatakan bahwa vitamin C yang kaya dalam rumput laut memberikan manfaat kecantikan tambahan untuk mendukung produksi kolagen. "Sangat membantu untuk menghilangkan racun, logam berat dan radiasi," ungkapnya.
Sally menyarankan penggunaan rumput laut dapat dilakukan dengan mengoleskannya ke tubuh. "Kita bisa 'membungkus' diri kita dengan rumput laut dengan memberi makan kulit kita dan mengeluarkan racun atau menelannya untuk manfaat yang sama,” pungkasnya dia.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan