Woman
·
3 April 2020 20:46

5 Perawatan Kulit yang Harus Diperhatikan untuk Si Kulit Berminyak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Perawatan Kulit yang Harus Diperhatikan untuk Si Kulit Berminyak (7207)
Ilustrasi kulit berminyak Foto: Shutterstock
Melakukan perawatan kulit berminyak bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Sebab jika kita melakukan kesalahan, bisa jadi produksi minyak pada kulit kita semakin bertambah. Akibatnya wajah jadi terlihat kusam dan mengganggu penampilan.
ADVERTISEMENT
Banyak yang mungkin berusaha menggunakan makeup atau pelembap untuk membuat kulit tampak matte, namun kadang usaha tersebut jadi sia-sia karena lagi-lagi kulit masih terlihat mengkilap karena minyak berlebih.
Jika sudah begitu, Ladies harus mulai memperhatikan langkah-langkah perawatan kulit yang dilakukan sehari-hari. Sebab bisa jadi selama ini kita salah memilih produk atau menggunakannya di waktu yang kurang tepat.
Oleh karena itu, untuk memudahkan Anda, berikut kumparanWOMAN telah merangkum perawatan kulit berminyak dari berbagai sumber. Kira-kira apa saja yang perlu dilakukan? Simak selengkapnya berikut ini.
Gunakan pembersih yang mild
Membersihkan wajah dengan benar menjadi kunci kesehatan kulit berminyak. Sebab minyak yang ada pada permukaan kulit bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat hingga komedo. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu mencuci wajah dua kali sehari.
ADVERTISEMENT
Ladies bisa memilih sabun cuci muka dengan kandungan yang mild dan tidak terlalu banyak mengandung sabun. Sabun dengan formula mild bisa mempertahankan kelembapan kulit dan kandungan sabun yang ringan bisa mencegah kulit jadi kering.
5 Perawatan Kulit yang Harus Diperhatikan untuk Si Kulit Berminyak (7208)
Ilustrasi memakai pelembap Foto: Shutterstock
Lakukan eksfoliasi rutin
Tak hanya mengangkat sel-sel kulit mati, proses eksfoliasi juga bisa membantu mengurangi produksi sebum yang dihasilkan oleh kelenjar minyak. Perawatan kulit yang satu ini juga bisa membuat kulit Anda tampak lebih cerah dan tidak kusam.
Namun yang perlu diperhatikan, biasanya kulit berminyak cenderung berjerawat. Nah, jika kulit Anda sedang berjerawat, hindari melakukan eksfoliasi secraa berlebihan agar tidak berubah jadi breakout.
Kurangi pemakaian toner
Menggunakan toner dapat mengatasi kulit berminyak namun juga bisa membuat kulit berubah jadi kering. Jadi penggunaan toner pada wajah berminyak sebaiknya tidak terlalu sering.
ADVERTISEMENT
Dermatolog asal Brisbane, Australia, dr. Davin Lim mengatakan, penggunaan toner dalam perawatan kulit berminyak itu cukup dilakukan sehari sekali saja. Sebagai catatan, pilihlah toner yang tidak mengandung alkohol tinggi atau astringent.
5 Perawatan Kulit yang Harus Diperhatikan untuk Si Kulit Berminyak (7209)
Ilustrasi wajah berminyak Foto: Shutterstock
Gunakan retinol secara rutin
Melansir Byrdie, retinol memang baik digunakan oleh kita yang memiliki kulit berminyak. Kandungannya dapat mengurangi sebum dan memperbaiki sel kulit yang rusak, serta memperbaiki pigmentasi kulit. Tak hanya itu, kandungan vitamin A di dalamnya juga bisa mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit.
Untuk itu, gunakan produk yang mengandung retinol secara rutin setiap malam. Hindari untuk menggunakannya di pagi atau siang hari sebab kandungan aktifnya justru bisa membuat kulit jadi lebih sensitif.
Pilih pelembap yang ringan
ADVERTISEMENT
Penggunaan moisturizer atau pelembap memang bisa jadi salah satu penyebab kulit tampak berminyak. Hal tersebut bisa terjadi karena Anda terlalu banyak menggunakan pelembapnya atau produk pelembap Anda terlalu berat untuk kulit.
Oleh karena itu, usahakan Ladies memilik produk pelembap yang ringan dan berbahan dasar air. Dalam sehari, Anda cukup mengaplikasikannya selama dua sampai tiga kali.
***
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran virus Corona. Yuk, bantu donasi sekarang!