Woman
·
6 November 2020 20:32

5 Pilihan Makanan Diet untuk Perempuan yang Mengalami Endometriosis

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Pilihan Makanan Diet untuk Perempuan yang Mengalami Endometriosis (264312)
com-Ilustrasi Perempuan yang Mengalami Endometriosis. Foto: shutterstock
Sebagian perempuan mungkin cukup akrab dengan kata endometriosis. Endometriosis merupakan salah satu penyakit pada sistem reproduksi perempuan. Penyakit ini bisa terjadi karena adanya pertumbuhan jaringan selaput lendir di luar rahim yang kemudian menimbulkan berbagai gejala, salah satunya adalah rasa sakit luar biasa, terutama sebelum dan selama siklus menstruasi.
ADVERTISEMENT
Perempuan yang mengalami penyakit ini perlu ditangani dengan cara yang tepat agar bisa sembuh. Selain memerlukan penanganan dari pihak medis, kamu juga perlu menjaga gaya hidup sehat selama di rumah dengan berolahraga secara teratur, serta memerhatikan menu diet setiap hari.
Melansir Insider, Dara Godfrey, MS, RD, seorang ahli gizi di New York mengatakan bahwa perempuan yang rutin mengonsumsi buah-buahan dan makanan bergizi lainnya bisa mengurangi risiko terkena endometriosis. Ini dikarenakan makanan tersebut memiliki sejumlah nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.
Dengan mengonsumsi makanan diet yang kaya akan gizi, kamu juga bisa membantu memulihkan kondisi tubuh menjadi lebih baik dan meringankan gejala endometriosis yang dirasakan. Nah, lantas apa saja jenis makanan diet yang disarankan untuk perempuan dengan endometriosis? Lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini.
ADVERTISEMENT

1. Buah berwarna cerah

5 Pilihan Makanan Diet untuk Perempuan yang Mengalami Endometriosis (264313)
Ilustrasi buah tropis Foto: Shutterstock
Dalam studi yang diterbitkan dalam Human Reproduction pada 2018, disebutkan bahwa asupan buah bisa memberi dampak positif bagi penderita endometriosis. Ini dikarenakan buah-buahan memiliki banyak kandungan nutrisi yang mampu melawan rasa sakit yang dialami.
Untuk pemilihan buahnya, kamu bisa memilih sejumlah buah yang berwarna cerah, seperti jeruk, beri, ataupun buat bit. Melansir Healthline, buah-buah tersebut kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan kamu.

2. Makanan tinggi serat

5 Pilihan Makanan Diet untuk Perempuan yang Mengalami Endometriosis (264314)
Kue dengan biji chia Foto: Shutterstock
Jenis makanan diet lainnya bagi perempuan yang mengalami endometriosis adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Dikutip dari American Journal of Clinical Nutrition, makanan dengan serat tinggi bisa menurunkan konsentrasi estrogen yang bisa memicu pembekuan darah bila kadarnya terlalu berlebihan.
ADVERTISEMENT
Adapun sejumlah makanan yang bisa kamu konsumsi adalah gandum, sayuran, biji chia, dan lainnya yang kaya akan serat.

3. Makanan organik

5 Pilihan Makanan Diet untuk Perempuan yang Mengalami Endometriosis (264315)
com-Arla, ilustrasi makanan dan minuman organik Foto: Shutterstock
Makanan organik adalah makanan yang proses produksinya tidak menggunakan bahan kimia, seperti pestisida, antibiotik, hormon, ataupun pengawet. Bagi penderita endometriosis sangat disarankan mengonsumsi makanan ini karena biasanya para penderita akan menjadi lebih sensitif terhadap hormon dalam makanan non-organik.
Melansir Insider, buah dan sayuran non-organik biasanya memiliki risiko besar bagi kesehatan kamu sehingga perlu dihindari. Namun, bila kamu terkendala karena harganya atau ketersediaan di supermarket, tidak masalah untuk tetap mengonsumsi makanan apapun yang tersedia sambil menerapkan gaya hidup sehat.

4. Makan dengan kandungan omega 3

5 Pilihan Makanan Diet untuk Perempuan yang Mengalami Endometriosis (264316)
com-Ilustrasi makanan kaya omega 3. Foto: Shutterstock
Selain mengonsumsi makanan tinggi serat, kamu juga perlu memasukkan daftar makanan dengan kandungan omega 3, seperti salmon, kenari, ataupun telur.
ADVERTISEMENT
Makanan tersebut akan membantu penderita endometriosis mencegah terjadinya peradangan dalam tubuh. Selain itu, makanan ini juga baik untuk dikonsumsi oleh perempuan sehat guna menghindarkan diri dari masalah endometriosis karena memiliki sifat antiinflamasi.

5. Makanan tinggi zat besi

5 Pilihan Makanan Diet untuk Perempuan yang Mengalami Endometriosis (264317)
com-Ilustrasi makanan kaya zat besi. Foto: Shutterstock
Untuk membantu menggantikan darah yang hilang akibat menstruasi berat, kamu bisa mengonsumsi makanan yang tinggi zat besi. Adapun makanan kaya zat besi, antara lain telur, ikan, sayuran hijau, dan kacang hitam.
Makanan dengan kandungan zat besi memang diketahui bisa mencegah terjadinya anemia, meningkatkan energi dan kekebalan tubuh, serta meningkatkan konsentrasi sehingga baik untuk dikonsumsi perempuan dengan endometriosis.
Nah Ladies, tetap jaga kesehatan dan pastikan kamu mengonsumsi makanan yang tepat, ya.
Penulis: Adinda Cindy Lapod
ADVERTISEMENT
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)