5 Selebriti Perempuan yang Punya Jet Pribadi, Taylor Swift hingga Kylie Jenner

3 Agustus 2022 20:00
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Kylie Jenner dalam jet pribadi miliknya. Foto: Instagram/@kyliejenner
zoom-in-whitePerbesar
Kylie Jenner dalam jet pribadi miliknya. Foto: Instagram/@kyliejenner
ADVERTISEMENT
Saat ini, kepemilikan jet pribadi tampaknya tengah populer di kalangan selebriti dan nama-nama besar Amerika Serikat. Tak jarang, beberapa dari mereka memamerkan moda transportasi mewah tersebut di akun media sosial mereka.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, jet pribadi hanya sekadar membawa keuntungan dalam segi gengsi dan kenyamanan penggunanya. Bagi bumi dan lingkungan, emisi karbon (gas rumah kaca) dari jet pribadi justru berbahaya dan memperburuk perubahan iklim. Emisi karbon merupakan gas rumah kaca, seperti karbon dioksida dan metana, yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil, seperti bensin dan avtur (bahan bakar pesawat).
Gas rumah kaca yang berlebih di atmosfer dapat memerangkap sinar matahari yang masuk ke bumi, sehingga suhu bumi meningkat. Jika sudah meningkat ke angka yang kritis, maka dampaknya akan sangat buruk dan merusak. Tentunya, kita tidak ingin itu terjadi.
Sayangnya, masih banyak selebriti yang tetap memilih menggunakan jet pribadinya sebagai moda transportasi mereka. Bahkan, beberapa dari mereka masuk ke dalam daftar yang disusun oleh Yard—perusahaan digital marketing berbasis sustainability, mengenai selebriti dengan penyumbang emisi karbon terbesar akibat jet pribadi. Simak lima selebriti perempuan yang sudah kumparanWOMAN rangkum berikut ini, Ladies.
ADVERTISEMENT

1. Taylor Swift

Taylor Swift saat menghadiri American Music Awards 2019 di Los Angeles, California, AS, Minggu (24/11/2019). Foto: REUTERS/Danny Moloshok
zoom-in-whitePerbesar
Taylor Swift saat menghadiri American Music Awards 2019 di Los Angeles, California, AS, Minggu (24/11/2019). Foto: REUTERS/Danny Moloshok
Siapa sangka, Taylor Swift ternyata masuk sebagai penghasil polusi udara terbesar dalam daftar milik Yard. Daftar Yard itu disusun berdasarkan data penerbangan jet pribadi selebriti oleh akun Twitter @CelebJets. Per 1 Januari–19 Juli 2022, jet pribadi milik Taylor telah melakukan penerbangan sebanyak 170 kali dengan waktu di udara selama 22.923 menit (setara dengan 15,9 hari).
Jet tipe Falcon 7X milik Taylor itu disebut menghasilkan emisi karbon penerbangan sebesar 8.293 ton, 1.184 kali lebih banyak dibandingkan jejak karbon rata-rata satu orang per tahunnya.
Namun, pihak Taylor menyanggah bahwa Taylor ikut menjadi penumpang dalam sebagian besar penerbangan yang dilakukan. Menurut juru bicara Taylor, sang musisi sering kali meminjamkan jet pribadinya tersebut ke orang lain.
ADVERTISEMENT

2. Kim Kardashian

Kim Kardashian menjadi salah satu selebriti yang namanya muncul dalam daftar milik Yard. Dikutip dari situs resmi Yard, Kim berada di urutan ketujuh pada daftar selebriti penyumbang emisi karbon terbesar.
Ladies yang mengikuti Kim di media sosial mungkin sudah tidak asing lagi dengan tampilan jet pribadi milik Kim. Tipe jet pribadi milik Kim adalah Gulfstream G65OER, salah satu tipe jet termewah.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sayangnya, kemewahan tersebut diikuti dengan jumlah emisi karbon berbahaya sebesar 4.268,5 ton sejak awal tahun ini. Kim sendiri sudah melakukan penerbangan sebanyak 57 kali dalam tujuh bulan terakhir. Penerbangan tersingkatnya berlangsung hanya 23 menit, dari San Diego, California, ke Camarillo, California.

3. Oprah Winfrey

Oprah Winfrey. Foto: REUTERS/Lucy Nicholson
zoom-in-whitePerbesar
Oprah Winfrey. Foto: REUTERS/Lucy Nicholson
Selebriti dan host televisi ternama Oprah Winfrey juga masuk ke dalam daftar Yard tersebut. Oprah, dengan jet pribadi tipe Gulfstream G650 miliknya, telah melakukan 68 penerbangan sejak awal tahun ini. Sekitar 3.493 ton gas karbon dioksida dihasilkan dari penerbangan tersebut.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari The Richest, sebelum memiliki jet pribadi seharga USD 75 juta (Rp 1,1 triliun) tersebut, Oprah selalu bepergian dengan menggunakan pesawat komersial. Namun, satu kejadian mengubah pikirannya. Ketika menunggu penerbangannya di bandara Chicago O’Hare, seorang penggemar menghampiri Oprah dan meminta untuk memeluknya. Sejak itulah, Oprah memutuskan untuk membeli jet pribadi.

4. Celine Dion

Penyanyi Celine Dion menjadi salah satu dalam jajaran selebriti dengan jet pribadi yang super mewah. Dikutip dari The Richest, Celine menggunakan jet pribadinya ini sebagai moda transportasi dari satu lokasi konser ke yang lainnya. Jet yang Celine miliki adalah Bombardier BD 700 Global Express XRS Jet.
Jet mewah dengan kapasitas penumpang 14 orang ini memiliki kamar dan kamar mandi pribadi, bioskop kecil pribadi, dapur dan ruang makan, hingga ruang kerja pribadi. Jet tersebut dibeli oleh Celine seharga USD 42 juta, atau setara dengan Rp 625 juta.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, Yard tidak menyediakan data mengenai penerbangan jet pribadi Celine Dion maupun seberapa besar emisi karbon yang dihasilkan dari penerbangan tersebut. Namun, sudah dipastikan, emisi karbon dari jet tersebut sangat besar dan tidak ramah lingkungan.

5. Kylie Jenner

Kylie Jenner Foto: Instagram @kyliejenner
zoom-in-whitePerbesar
Kylie Jenner Foto: Instagram @kyliejenner
Kylie Jenner, adik dari Kim Kardashian, kerap kali mengunggah berbagai momen di jet pribadinya. Baru-baru ini, Kylie mengunggah foto dirinya bersama sang kekasih, Travis Scott, di landasan pacu dengan pemandangan dua jet pribadi. Kedua jet tersebut diketahui adalah miliknya dan Travis.
Kylie Jenner dan Travis Scott di depan jet pribadi milik mereka. Foto: Instagram/@kyliejenner
zoom-in-whitePerbesar
Kylie Jenner dan Travis Scott di depan jet pribadi milik mereka. Foto: Instagram/@kyliejenner
Jet pribadi Kylie yang bernilai USD 70 juta (Rp 1 triliun) itu kerap kali ia gunakan untuk penerbangan dengan jarak tempuh yang sangat dekat. Dilansir The Guardian, Bombardier BD 700 miliknya itu melakukan penerbangan dari Van Nuys, California, ke Camarillo, California. Penerbangan itu hanya memakan waktu 17 menit, dengan emisi karbon yang dihasilkan perkiraan mencapai 1 ton.
ADVERTISEMENT
Padahal, jika Kylie memilih menggunakan mobil, perjalanan tersebut bisa dilakukan selama 40 menit, dengan jumlah emisi karbon yang jauh lebih rendah.