Woman
·
15 Oktober 2020 8:28

5 Tipe Orang saat Hadapi Konfik dengan Pasangan, Kalian yang Mana?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Tipe Orang saat Hadapi Konfik dengan Pasangan, Kalian yang Mana? (33505)
5 Tipe Orang saat Hadapi Konfik dengan Pasangan, Kalian yang Mana?. Foto: Shutterstock
Dalam menjalani hubungan, konflik atau masalah tentu akan datang silih berganti. Setiap pasangan tentu punya cara masing-masing untuk mengatasi permasalahan yang sedang dialami.
ADVERTISEMENT
Cara tersebut biasanya tergantung pasangan seperti apa yang sedang dihadapi. Sama seperti zodiak, ternyata tiap pasangan juga punya tipe yang berbeda ketika mengalami konflik. Ada tipe pasangan yang cenderung menghindar, menghadapi masalah dengan humor, bahkan ada juga tipe yang sulit sangat kompetitif dan tak ingin disalahkan.
Untuk tahu kamu tipe pasangan seperti apa, kumparanWOMAN telah merangkum lima tipe pasangan menurut Dr John Gottman Ph.D seperti dikutip dari The Gottman Institute. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Tipe penghindar

5 Tipe Orang saat Hadapi Konfik dengan Pasangan, Kalian yang Mana? (33506)
Ilustrasi tipe penghindar saat menghadapi konflik. Foto: Shutterstock
Tipe pasangan yang satu ini sangat meminimalisir proses persuasi jika sedang menghadapi konflik. Dia cenderung menekankan apa yang mereka yakini tapi tidak pandai mengutarakannya. Jadi ketika kamu dan tipe penghindar ini sedang bertengkar, dia tidak akan mengutarakan pendapatnya. Pasangan kamu cenderung pasrah dengan keadaan supaya konflik cepat mereda. Biasanya dia akan balik bertanya tentang apa yang kamu inginkan.
ADVERTISEMENT
Untuk menghadapi mereka, pertama Ladies harus bisa mengendalikan emosi terlebih dahulu. Terima bahwa dia sedang menghindar. Setelah itu, cari waktu yang tepat dan ajak pasangan untuk mengobrol dalam kondisi yang santai. Jelaskan apa keinginan kamu dan tanyakan pendapatnya. Lalu tanyakan juga apa yang dia inginkan supaya masalah bisa terselesaikan dengan baik.

2. Tipe periang

5 Tipe Orang saat Hadapi Konfik dengan Pasangan, Kalian yang Mana? (33507)
Ilustrasi tipe periang. Foto: Shutterstock
Berbeda dengan tipe penghindar, tipe yang satu ini justru sangat emosional. Selama diskusi konflik, dia akan mencoba meyakinkan kamu dengan sekuat hati. Tapi sesuai dengan tipenya, dia tidak suka melakukannya dengan penuh amarah. Sebisa mungkin si tipe periang ini akan menyelipkan humor saat membahas konflik. Tujuannya adalah supaya tidak terjadi pertengkaran yang dramatis. Tenang saja, humor atau bercandaan yang mereka lakukan tidak akan bernada sarkas atau merendahkan kamu.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, bukan berarti tipe periang ini tidak bisa marah ya Ladies. Ketika masalah yang dihadapi begitu serius, dia akan meluapkan emosinya dan ingin agar masalah bisa selesai di waktu yang sama. Dia akan mengungkapkan semua hal yang mengganjal dengan jujur tapi juga tetap memberikan kamu waktu untuk menjelaskan dan berpendapat.

3. Tipe validasi

5 Tipe Orang saat Hadapi Konfik dengan Pasangan, Kalian yang Mana? (33508)
Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Shutter Stock
Sesuai dengan namanya, pasangan yang satu ini butuh validasi ketika menghadapi konflik. Dia tidak akan segan membahas tentang perbedaan di antara kalian berdua. Tapi kebiasaan ini hanya akan terjadi ketika masalah yang dihadapi benar-benar serius. Di sisi lain, pemilik tipe ini akan sangat menghargai pasangannya, memberikan dukungan penuh, dan selalu berempati dengan perasaan pasangannya.
Hanya saja, dia juga bisa jadi pasangan yang sangat kompetitif dalam berbagai hal. Tapi jika sudah diberikan pengertian, dia bisa kembali tenang dan bisa diajak kompromi. Namun pastikan kamu jujur dengan mereka, ungkapkan semua perasaan agar dia bisa tahu langkah atau keputusan apa yang perlu diambil selanjutnya.
ADVERTISEMENT

4. Tipe bermusuhan

5 Tipe Orang saat Hadapi Konfik dengan Pasangan, Kalian yang Mana? (33509)
Ilustrasi pasangan bertengkar dan membela diri sendiri. Foto: Shutterstock
Tipe pasangan bermusuhan ini bisa dibilang cukup menantang. Jika sedang menghadapi masalah, dia akan sangat defensive atau membela diri sendiri. Bertengkar dengan tipe yang satu ini bisa sangat menguras tenaga. Dia akan mengungkapkan semua kekurangan pasangannya, mengeluhkan hubungan, hingga membandingkan diri dengan pasangannya sendiri.
Jika sudah begitu, ada baiknya kamu menenangkan diri. Untuk sementara, kamu bisa menjadi tipe penghindar dan menerima semua kemarahan pasangan atau jika tidak tahan, kamu bisa pindah ke ruangan yang berbeda agar kalian punya waktu untuk meredakan emosi. Setelah kondisi membaik, kalian bisa kembali berdiskusi namun dengan kondisi yang lebih tenang.

5. Tipe pasangan yang tidak memihak

5 Tipe Orang saat Hadapi Konfik dengan Pasangan, Kalian yang Mana? (33510)
Ilustrasi pasangan. Foto: Shutterstock
Masalah atau konflik yang terjadi dengan tipe pasangan yang satu ini sangat berisiko berakhir dengan perpisahan. Mengapa demikian? Sebab biasanya masing-masing pasangan pada tipe ini memiliki tipe validasi dan yang satu lagi tipenya periang. Bayangkan saja, seseorang yang suka menghadapi konflik dengan gurauan bertemu dengan orang yang membutuhkan kejelasan.
ADVERTISEMENT
Si validasi tentu akan merasa pasangannya tidak serius karena menanggapi dengan candaan. Biasanya, agar konflik cepat reda, dibutuhkan pondasi pemahaman yang kuat antara satu sama lain. Sehingga ketika sedang bertengkar, kamu dan pasangan bisa memahami reaksi yang dikeluarkan oleh pasangan.