Woman
·
12 Mei 2021 13:17

5 Tradisi Menjelang Idul Fitri yang Biasanya Dilakukan Perempuan UAE

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Tradisi Menjelang Idul Fitri yang Biasanya Dilakukan Perempuan UAE (106265)
searchPerbesar
Ilustrasi perempuan Arab. Foto: Shutterstock
Setiap negara memiliki tradisi masing-masing yang dilakukan menjelang Idul Fitri. Salah satu yang cukup menarik adalah di Uni Emirat Arab. Negara Timur Tengah ini mempunyai tradisi unik yang dilakukan oleh para perempuan dan pria, yang masih dijaga hingga saat ini.
ADVERTISEMENT
Bahkan kabarnya, para perempuan ini sudah mempersiapkan Idul Fitri jauh sebelum puasa dimulai alias satu bulan sebelum Ramadhan tiba. Kira-kira, hal apa saja yang disiapkan oleh para perempuan Emirati dalam menyambut Idul Fitri? Mengutip Emirates247, berikut ulasan lengkapnya.

1. Beli baju baru sebelum puasa

5 Tradisi Menjelang Idul Fitri yang Biasanya Dilakukan Perempuan UAE (106266)
searchPerbesar
Ilustrasi baju Lebaran. Foto: Shutter Stock
Sejak dulu perempuan Emirati sudah terbiasa mempersiapkan Idul Fitri jauh sebelum harinya tiba, yakni pada bulan Syaban atau satu bulan sebelum Ramadhan. Pada bulan itulah, para perempuan mulai membeli segala sesuatu untuk menyambut Idul Fitri, termasuk juga mempersiapkan bekal makanan yang akan disantap selama Ramadhan.
Dituturkan oleh salah satu perempuan Emirati, Amna Mohammed Saeed, satu bulan sebelum Ramadhan tiba, para perempuan Emirati mulai membeli busana Idul Fitri lebih dulu. Namun seiring dengan mendekatnya bulan Syawal atau tanggal jatuhnya Idul Fitri, minat membeli baju baru semakin besar sehingga para perempuan dan anak-anak rajin memburu busana-busana Lebaran ke pasar-pasar tradisional.
ADVERTISEMENT

2. Mempersiapkan berbagai macam makanan untuk para tamu

5 Tradisi Menjelang Idul Fitri yang Biasanya Dilakukan Perempuan UAE (106267)
searchPerbesar
Ilustrasi hidangan lebaran. Foto: Shutterstock
Entah siapa saja yang hadir bersilaturahmi, para perempuan Emirati sudah terbiasa untuk memasak berbagai macam makanan dalam jumlah banyak. Persiapan ini dilakukan sejak dua hari hingga malam sebelum salat eid. Ada satu makanan yang wajib disantap saat Idul Fitri tiba, mash namanya. Makanan ini dimasak malam harinya dan disantap pagi-pagi sebelum salat.
"Sejak kecil kami dikenalkan dengan berbagai manisan, nasi daging dan buah-buahan. Jadi saat Idul Fitri tiba, para pemilik rumah selalu menyediakan buah-buahan segar, kurma, kopi dan teh di ruangan tamu," kata Amna.

3. Melakukan pekerjaan rumah

5 Tradisi Menjelang Idul Fitri yang Biasanya Dilakukan Perempuan UAE (106268)
searchPerbesar
Ilustrasi membersihkan kolong sofa. Foto: Shutterstock
Sama seperti negara lainnya, para perempuan Emirati seolah memiliki kewajiban untuk membersihkan rumah. Perempuan dan anak perempuan bersatu membersihkan rumah agar terlihat rapi, setelah itu mereka mencoba baju yang akan dipakai saat Idul Fitri tiba. Bila kebesaran atau kekecilan, sang ibu dengan sigap menjahit atau merombak baju agar bisa dipakai kelak.
ADVERTISEMENT

4. Menggunakan henna

5 Tradisi Menjelang Idul Fitri yang Biasanya Dilakukan Perempuan UAE (106269)
searchPerbesar
Ilustrasi henna Foto: Shutterstock
Sebelum Idul Fitri tiba, para perempuan Emirati akan menggunakan henna pada tangan mereka. Dulu, mereka menggunakan henna tradisional yang diambil dari daun henna yang dikeringkan kemudian ditumbuk menjadi pasta. Namun kini, henna sudah tersedia dalam kemasan siap pakai dan bisa dipakai kapanpun. Penggunaan henna ini merupakan bagian dari budaya Timur Tengah yang sudah ada sejak dulu.

5. Mencampurkan parfum

5 Tradisi Menjelang Idul Fitri yang Biasanya Dilakukan Perempuan UAE (106270)
searchPerbesar
Ilustrasi parfum. Foto: Pixabay/Monicore
Penampilan harus terlihat rapi dan wangi saat Idul Fitri tiba. Maka dari itu, dulu selalu ada kegiatan mencampurkan parfum untuk mendapatkan aroma khas yang diinginkan perempuan. Tetapi kini, Amna mengatakan sudah semakin banyak perempuan yang pandai mencampurkan parfum sendiri sehingga tak perlu memanggil perfumer untuk melakukannya.
Di negara Timur Tengah, penggunaan parfum tampak menjadi salah satu budaya yang sudah ada sejak lama. Terbukti, wewangian oud atau tonka bean khas Timur Tengah menjadi salah satu base parfum yang semakin banyak digemari.
ADVERTISEMENT