Woman11 September 2020 11:26

6 Kebiasaan Sehat di Pagi Hari yang Bantu Menurunkan Berat Badan

Konten Redaksi kumparan
6 Kebiasaan Sehat di Pagi Hari yang Bantu Menurunkan Berat Badan (208535)
Ilustrasi orang minum air putih. Foto: Shutterstock
Setiap perempuan tentu punya pandangannya sendiri terkait tubuh yang ideal. Ada yang berusaha meningkatkan berat badan dan ada pula yang berusaha menurunkannya. Namun, apakah keinginan ini sudah diimbangi dengan usaha yang tepat?
ADVERTISEMENT
Sebagian orang mungkin berpikir kalau menurunkan berat badan hanya sebatas mengurangi porsi makan. Nyatanya hal itu tidaklah benar. Kamu perlu mengatur kebiasaan, serta pola makan yang sehat agar tidak berakhir lapar atau sakit.
Melansir Healthline, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan melalui kebiasaan sehat di pagi hari. Lantas, ada apa saja usaha sehat yang bisa kamu lakukan? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Sarapan yang mengandung protein tinggi

6 Kebiasaan Sehat di Pagi Hari yang Bantu Menurunkan Berat Badan (208536)
com-Ilustrasi Sarapan Pagi Foto: Shutterstock
Tentunya ada alasan mengapa sarapan disebut sebagai makanan yang paling penting setiap harinya. Apa yang kamu makan saat pagi bisa memengaruhi keseluruhan harimu. Itu yang akan menentukan apakah kamu akan merasa kenyang atau cepat lapar bahkan sebelum waktunya. Mengonsumsi makanan tinggi protein saat sarapan bisa membantu kamu menurunkan nafsu makan sehingga berdampak pada penurunan berat badan. Beda halnya, ketika kamu sarapan seperti biasa yang tidak tinggi protein, kemungkinan untuk lapar akan lebih tinggi. Makanan yang memiliki protein tinggi antara lain telur, yogurt, keju, kacang-kacangan, dan lainnya.
ADVERTISEMENT
6 Kebiasaan Sehat di Pagi Hari yang Bantu Menurunkan Berat Badan (208537)
com-Ilustrasi minum air putih Foto: Shutterstock
Mulai pagimu dengan satu atau dua gelas air mineral. Air bisa membantu meningkatkan pengeluaran energi atau jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh, sekitar 60 menit. Minum 500ml air bisa menyebabkan peningkatan rata-rata 30% tingkat metabolisme.
Selain itu, air minum juga bisa mengurangi nafsu makan. Jadi, tidak ada salahnya memulai pagi dengan air mineral agar kamu tetap terhidrasi sepanjang hari. Ini juga menjadi cara untuk mengurangi berat badan dengan sedikit usaha.

Beraktivitas dengan transportasi umum

6 Kebiasaan Sehat di Pagi Hari yang Bantu Menurunkan Berat Badan (208538)
com-Ilustrasi naik transportasi umum Foto: Shutterstock
Membawa kendaraan pribadi merupakan salah satu cara yang nyaman untuk berangkat kerja. Namun, bila ingin menurunkan berat badan, manfaatkan transportasi umum agar kamu bisa terus bergerak. Bila saat ini kamu belum punya kesempatan untuk melakukannya karena pandemi, kamu bisa melakukan beberapa alternatif lain. Misalnya jalan kaki di sekitar rumah ataupun bersepeda. Melakukan aktivitas ini beberapa kali dalam seminggu bisa menjadi cara sederhana untuk menurunkan berat badan.
ADVERTISEMENT

Berjemur di bawah sinar matahari

6 Kebiasaan Sehat di Pagi Hari yang Bantu Menurunkan Berat Badan (208539)
Ilustrasi Perempuan Berjemur di bawah Sinar Matahari Foto: Dok. Shuttertsock
Buka tirai di kamar dan biarkan cahaya matahari masuk. Kamu juga bisa keluar rumah beberapa menit setiap pagi untuk membantu penurunan berat badan. Paparan cahaya pada tingkat sedang pada waktu-waktu tertentu dalam sehari bisa memengaruhi berat badan kamu. Selain itu, melalui paparan sinar matahari kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin D yang diperlukan oleh tubuh.
Namun, jumlah paparan sinar matahari yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda, bergantung pada jenis kulit, musim, dan lokasi kamu. Misalnya, orang berkulit putih membutuhkan 15 menit saat berjemur sedangkan yang berkulit gelap membutuhkan waktu yang lebih lama. Hal ini dikarenakan kulit hitam memiliki banyak melanin yang berfungsi menjaga kulit dari paparan sinar UVB yang terlalu banyak.
ADVERTISEMENT

Siapkan makan siang sendiri

6 Kebiasaan Sehat di Pagi Hari yang Bantu Menurunkan Berat Badan (208540)
Ilustrasi Masak Bersama Pasangan Foto: Dok. Shutterstock
Menyediakan waktu di pagi hari untuk menyiapkan makan siang bisa menjadi cara menurunkan berat badan. Kamu bisa membuat pilihan makanan yang baik dan mencegah jenis makanan yang tidak sehat. Selain itu, kamu juga bisa mengatur porsi makan kamu sendiri, ketimbang membeli makanan dari luar. Orang yang merencanakan makanan dengan baik akan memiliki kualitas diet yang lebih maksimal, serta risiko obesitas yang cenderung rendah.
Penulis: Adinda Cindy