8 Tips Perawatan untuk Tampilan Wajah Glass Skin ala Bintang Korea

22 November 2022 13:17
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Aktris Korea Selatan, Song Hye Kyo. Foto: Instagram/@kyo1122
zoom-in-whitePerbesar
Aktris Korea Selatan, Song Hye Kyo. Foto: Instagram/@kyo1122
ADVERTISEMENT
Ladies, apakah kamu pernah mendengar tren tampilan wajah glass skin? Ya, salah satu tren kecantikan dari Korea Selatan ini kerap ditemukan di film dan drama yang diperankan para bintang Korea. Istilah ini digunakan untuk mendefinisikan tampilan kulit sempurna tanpa noda dan bening bercahaya.
ADVERTISEMENT
Tak selalu harus melakukan perawatan di klinik yang mahal, kamu bisa mendapatkan tampilan glass skin layaknya bintang Korea dengan perawatan sendiri di rumah. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir pengeluaran menjadi boncos.
Berikut ini telah kumparanWOMAN rangkum dari Purplle delapan tips perawatan yang perlu kamu lakukan untuk mendapat tampilan wajah glass skin ala bintang Korea. Simak selengkapnya di sini, Ladies.

Tips perawatan untuk tampilan wajah glass skin

1. Double cleansing

Ilustrasi membersihkan wajah dengan milk cleanser. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membersihkan wajah dengan milk cleanser. Foto: Shutterstock
Double cleansing atau metode membersihkan wajah dengan dua tahap adalah perawatan dasar kulit perempuan Asia. Metode ini membantu membersihkan sisa makeup, noda, debu, atau kotoran lainnya.
Caranya, ambil produk pembersih wajah berbahan dasar air, seperti (micellar water), susu (milk cleanser), atau minyak (cleansing oil), dan tuang ke permukaan kapas secukupnya. Usap secara perlahan dan menyeluruh.
ADVERTISEMENT
Kemudian, cuci wajah menggunakan facial wash atau sabun muka. Setelah selesai mencuci wajah dengan facial wash, basuh wajah dengan air yang mengalir.
Pastikan untuk memilih produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu, Ladies.

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah metode untuk membersihkan sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit wajah. Ini akan membantu penyerapan produk perawatan lainnya bekerja lebih maksimal.
Kamu dapat melakukan eksfoliasi menggunakan bahan kimia, seperti AHA dan BHA untuk melarutkan sel-sel kulit mati dengan lembut. Namun, eksfoliasi wajah tidak disarankan untuk dilakukan setiap hari.
Untuk kulit sensitif, sebaiknya lakukan maksimal dua kali dalam seminggu.

3. Toner

Ilustrasi perempuan menggunakan toner. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan menggunakan toner. Foto: Shutter Stock
Penggunaan double cleansing akan membuka pori-pori kulit wajah. Untuk itu, kamu perlu mengaplikasikan toner guna menutup pori-pori dengan lembut dan mempertahankan tingkat pH kulit.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Toner juga membantu mempersiapkan kulit wajah untuk menyerap produk perawatan lainnya dengan baik. Bukan hanya itu, toner bahkan bisa melembapkan dan menghidrasi kulit sehingga bebas dari minyak serta jerawat.
Mulai saat ini, hindari penggunaan toner dengan kandungan alkohol guna menghindari kulit kering.

4. Essence

Rangkaian produk perawatan lainnya yang perlu kamu tambahkan ke dalam daftar skin care harian adalah essence. Umumnya, essence memiliki tekstur lebih cair seperti air karena memiliki kandungan bahan aktif utama untuk mempertahankan kelembapan kulit. Essence juga membantu menghidrasi dan memperbaiki tekstur kulit sehingga kulit menjadi halus dan bercahaya.

5. Serum

Ilustrasi Mengaplikasikan Serum Foto: Dok. Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Mengaplikasikan Serum Foto: Dok. Shutterstock
Untuk mendapatkan wajah glass skin, penggunaan serum juga kamu butuhkan. Karena teksturnya yang ringan, bebas minyak, dan mudah terserap, produk perawatan yang satu ini mampu menghidrasi kulit wajah.
ADVERTISEMENT
Pilihlah serum dengan vitamin atau asam hialuronat yang dapat melembapkan dan mencerahkan kulit secara alami.

6. Moisturizer

Moisturizer dapat membantu melembabkan kulit wajah sehingga kulit wajah terasa lebih lembut dan tidak kering. Moisturizer cocok digunakan untuk semua jenis kulit, mulai dari kering hingga berminyak atau bahkan kombinasi sekalipun.

7. Sunscreen

Ilustrasi mengaplikasikan kembali sunscreen di wajah. Foto: aslysun/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengaplikasikan kembali sunscreen di wajah. Foto: aslysun/Shutterstock
Setiap rutinitas perawatan kulit Korea tidak lengkap rasanya tanpa sunscreen atau tabir surya. Paparan sinar matahari dan polusi biasanya menjadi pemicu tanda-tanda penuaan, seperti flek hitam.
Jadi, jangan lupa gunakan sunscreen sebelum kamu keluar rumah. Pastikan juga untuk menyesuaikan SPF sunscreen dengan aktivitas yang akan kamu jalani.

8. Sheet mask

Sheet mask adalah masker wajah berbentuk lembaran yang mampu menghidrasi dan melembapkan kulit secara instan. Sheet mask biasanya terbuat dari serat alami, seperti kertas, katun, selulosa, ataupun pulp kelapa.
ADVERTISEMENT
Beberapa kandungan jenis masker ini juga membantu menenangkan kulit meradang yang harus dimiliki oleh kulit sensitif.
Nah, itulah delapan tahapan perawatan yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan tampilan glass skin ala bintang Korea. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya, Ladies?