Woman
·
23 Oktober 2020 19:15

Alami Kondisi Langka, Perempuan Ini Menua 8 Kali Lebih Cepat dari Orang Biasa

Konten ini diproduksi oleh
Alami Kondisi Langka, Perempuan Ini Menua 8 Kali Lebih Cepat dari Orang Biasa (40056)
Tiffany Wedekind, Perempuan AS yang Menua 8 Kali Lebih Cepat dari Orang Biasa. Foto: Dok. Tiffany Wedekind
Penuaan merupakan perubahan pada fisik dan psikis pada seseorang seiring dengan bertambahnya usia. Penuaan sendiri merupakan proses yang normal dan akan dialami oleh semua orang.
ADVERTISEMENT
Namun, ternyata tidak semua orang mengalami penuaan sesuai usianya. Hal ini pun dialami oleh seorang perempuan asal Ohio, Amerika Serikat bernama Tiffany Wedekind. Tiffany disebut mengalami kondisi langka yaitu menua delapan kali lebih cepat dari orang-orang pada umumnya.
Saat diwawancarai Metro UK, Tiffany menyebut bahwa ia pertama kali menyadari kondisi tersebut saat usianya 20-an. Kala itu, rambutnya mengalami kerontokan dengan gigi yang mulai copot. Setelah berobat ke dokter dan menjalani serangkaian tes, Tiffany diberitahu bahwa ia mengalami kondisi langka yang disebut progeria.
Menurut Mayo Clinic, progeria atau yang dikenal dengan sebutan Hutchinson-Gilford Progeria Syndrome (HPGS) merupakan kondisi kelainan atau cacat bawaan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan penuaan yang berlangsung sangat cepat, bahkan jangka waktu hidupnya mungkin tidak berlangsung lama.
ADVERTISEMENT
Rata-rata perkiraan usia hidup seseorang yang menderita progeria adalah 13 atau 14 tahun, namun ada juga yang meninggal lebih cepat dan ada pula beberapa orang yang bertahan hidup lebih dari 20 tahun. Salah satu contohnya adalah Tiffany, yang kini masih bertahan hidup di usia 43 tahun.

Tiffany menjadi perempuan dengan kondisi progeria tertua di dunia

Alami Kondisi Langka, Perempuan Ini Menua 8 Kali Lebih Cepat dari Orang Biasa (40057)
Tiffany Wedekind, Perempuan AS yang Menua 8 Kali Lebih Cepat dari Orang Biasa. Foto: Dok. Tiffany Wedekind
Tiffany kini disebut-sebut sebagai orang dengan kondisi progeria tertua di dunia. Di usia tersebut, penampilan Tiffany sudah berkeriput dengan kondisi giginya sudah ompong dan tubuhnya pun tidak mengalami perkembangan.
Meski begitu, Tiffany bersyukur bahwa dirinya masih hidup hingga sekarang. Selain itu, ia juga mengaku seperti mendapat keajaiban besar dari tuhan tuhan.
“Saya menua lebih cepat dibanding orang lain, dan sejujurnya saya tidak tahu apa yang membuat saya hidup lebih lama dibanding orang lain dengan progeria,” kata Tiffany kepada Metro UK.
ADVERTISEMENT
Selain Tiffany, saudaranya yang bernama Chad juga mengalami kondisi yang sama. Namun, Chad tidak bertahan hidup lama karena ia meninggal dunia pada 2012 di usia 39 tahun. Melihat kenyataan itu, Tiffany pun memiliki motivasi yang kuat untuk hidup lebih sehat.
Kini, Tiffany dikabarkan rajin melakukan yoga dan bersepeda agar tubuhnya tetap aktif dan berharap memiliki umur yang panjang. “Saya tahu bahwa saya mengalami penyakit langka, namun saya beruntung bisa bertahan hidup hingga saat ini,” tutup Tiffany Wedekind.
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)