Woman
·
18 Juli 2021 18:54
·
waktu baca 2 menit

Atasi Jerawat hingga Tingkatkan Imun, Ini 5 Manfaat Bawang Putih

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Atasi Jerawat hingga Tingkatkan Imun, Ini 5 Manfaat Bawang Putih (30914)
searchPerbesar
Ilustrasi makan bawang putih. Foto: Shutterstock
Bagi sebagian dari kita, mungkin tidak suka dengan bawang putih karena aromanya yang menyengat dan kurang sedap. Meski begitu, bahan masakan yang satu ini ternyata kaya akan manfaat baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan.
ADVERTISEMENT
Bawang putih memiliki banyak kandungan alami yang bisa mengatasi jerawat, mengurangi kerontokan rambut, meningkatkan gairah seks, hingga meningkatkan imun tubuh. Manfaat bawang putih ini bisa didapatkan dengan berbagai cara, mulai dari dikonsumsi mentah atau dimasak hingga digunakan langsung.
Untuk tahu lebih lengkap mengenai manfaat baik dari bawang putih, simak selengkapnya berikut ini.

1. Mengatasi jerawat

Atasi Jerawat hingga Tingkatkan Imun, Ini 5 Manfaat Bawang Putih (30915)
searchPerbesar
Ilustrasi Jerawat. Foto: Shutterstock
Menurut laporan Healthline, bawang putih mengandung allicin, sebuah sumber alami yang bisa menjadi antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik. Kandungan allicin ini yang membuat bawang putih bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat. Tak hanya itu, bahan alami tersebut juga dapat membantu mengurangi iritasi dan membuat kulit jadi lebih cepat menyerap nutrisi.
Bawang putih juga memiliki kandungan alami lainnya yang tak kalah bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Mulai dari vitamin C, vitamin B6, selenium, copper, dan zinc yang bisa membantu mengontrol minyak berlebih pada kulit yang bisa jadi penyebab utama timbulnya jerawat.
ADVERTISEMENT

2. Meningkatkan imun

Atasi Jerawat hingga Tingkatkan Imun, Ini 5 Manfaat Bawang Putih (30916)
searchPerbesar
Ilustrasi Perempuan. Foto: Shutter Stock
Bahan masakan yang satu ini kaya akan anti-oksidan yang dapat membantu meningkatkan imunitas dalam tubuh. Jadi tak heran kalau ada sebagian orang yang kerap mengkonsumsi bawang putih mentah saat sedang flu ataupun demam.
Menurut Dr Shikha Sharma, ahli kesehatan dan kebugaran di Delhi, kamu bisa mengkonsumsi bawang putih yang digunakan untuk memasak masakan hangat seperti sup untuk membantu melawan sinusitis dan flu berat.

3. Mencegah kanker

Atasi Jerawat hingga Tingkatkan Imun, Ini 5 Manfaat Bawang Putih (30917)
searchPerbesar
Bawang putih bisa membantu mencegah kanker. Foto: Shutter Stock
Bawang putih mentah mengandung senyawa sulfur yang menurut National Cancer Institute di Amerika Serikat, berfungsi mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh. Beberapa penelitian lain juga menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi bawang putih sehari-hari dapat mencegah kanker perut, kanker payudara, kanker pankreas dan kanker paru-paru.
ADVERTISEMENT
Hal ini terjadi karena sulfur bioaktifnya bekerja memperbaiki dan membunuh sel yang rusak dalam tubuh. Tak hanya itu, bawang putih dapat melindungi tubuh dari zat karsinogen, dan menghambat penyebaran sel yang tidak sehat lainnya dalam tubuh.

4. Mengurangi kerontokan

Atasi Jerawat hingga Tingkatkan Imun, Ini 5 Manfaat Bawang Putih (30918)
searchPerbesar
Ilustrasi rambut rontok Foto: Shutterstock
Selain kelapa dan lidah buaya, bawang putih ternyata juga baik untuk perawatan rambut. Bahkan bawang putih bisa mengurangi kerontokan lho. Untuk melakukannya, potong bawang putih menjadi dua bagian, lalu gosokkan pada kulit kepala.
Diamkan 3-5 menit lalu pijat-pijat agar menyerap, dan cuci rambut menggunakan sampo hingga bersih. Cara ini tak hanya mengatasi kerontokan tapi juga memperkuat akar rambut.

5. Meningkatkan gairah seks pria

Atasi Jerawat hingga Tingkatkan Imun, Ini 5 Manfaat Bawang Putih (30919)
searchPerbesar
Ilustrasi seks. Foto: Shutterstock
Bawang putih, terutama bawang putih tunggal, punya manfaat baik untuk meningkatkan gairah seks pria. Sebab bawang putih membantu memperlancar peredaran darah yang baik di seluruh tubuh, termasuk di penis.
ADVERTISEMENT
Hal ini memudahkan pria untuk mengalami ereksi dan meningkatkan gairah. Lebih dari itu, kandungan allicin di dalamnya juga memastikan sperma di dalam tubuh pria berada dalam kondisi sehat setiap waktu. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi satu siung bawang putih tunggal dengan madu seminggu sekali.