Woman
·
14 April 2021 16:57

Batik Ironman Karya Ridwan Kamil Laku Keras, Seperti Apa Penampakannya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Batik Ironman Karya Ridwan Kamil Laku Keras, Seperti Apa Penampakannya? (132018)
Batik Ironman Karya Ridwan Kamil. Foto: Instagram @ridwankamil
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil atau yang sering dipanggil dengan sebutan Kang Emil baru-baru ini mengunggah fotonya menggunakan batik di akun Instagramnya. Diketahui batik yang digunakan oleh Kang Emil merupakan desainnya sendiri yang diberi nama 'Batik Ironman Telor Ceplok'.
ADVERTISEMENT
Dalam potretnya mengenakan 'Batik Ironman Telor Ceplok' tersebut, Kang Emil juga menjelaskan bahwa niatnya untuk menolong para pengrajin batik di Cirebon. Maka itu, ia berinisiatif untuk mendesain batik megamendung dengan pola circular serta matahari yang dikelilingi oleh 8 kujang kencana.
"Saya desain megamendung dengan pola circular, ditambahi matahari yang dikelilingi 8 kujang kencana. Diniatkan menolong para pengrajin batik Cirebon," tulis Kang Emil dalam unggahannya.
Sayangnya, nama 'Batik Ironman Telor Ceplok' yang digagas oleh Kang Emil tidak dapat direalisasikan. Sebab nama batik tersebut diganti dengan 'Batik RK' agar tidak terlalu rumit.
"Mereka (pengrajin) menamai batik ini dengan Batik RK. Gitu saja katanya, yo wis band," tambahnya.
Namun antusias masyarakat Indonesia ternyata besar dengan kemunculan batik karya Kang Emil ini. Pasalnya batik ini mampu laku keras di pasaran sebanyak 2.500-an potong pakaian dan terjual juga kain pola sebanyak 6.000 yard.
ADVERTISEMENT
Kang Emil juga menambahkan bahwa batik ini diproduksi di Batik Trusmi kepunyaan Ibu Sally Giovanny. Dan ketika mendengar kabar batik yang diproduksinya laku keras, ia merasa senang karena bisa menghidupi kembali para pengrajin batik di Cirebon.
"Silakan juga UKM merek batik-batik yang lain jika mau kolaborasi dengan saya. Setidaknya ada cara lain dalam mempromosikan produk UKM melalui interaksi desain," tutup Kang Emil di akhir caption-nya.
Penulis: Johanna Aprillia