Woman
·
22 Oktober 2020 10:20

Begini Cara Tepat Menyimpan Masker Kain Cadangan saat Dibawa Bepergian

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Begini Cara Tepat Menyimpan Masker Kain Cadangan saat Dibawa Bepergian (399206)
Ilustrasi cara menyimpan masker kain selama berpergian. Foto: Shutter Stock
Pandemi COVID-19 membuat kita memiliki berbagai kebiasaan baru. Salah satunya adalah penggunaan masker kain sebagai alat perlindungan diri. Oleh karena itu saat ini masker kain sudah menjadi barang esensial yang tak boleh ditinggalkan.
ADVERTISEMENT
Namun tak bisa dipungkiri, kadang kita sendiri suka lalai dalam menyimpan atau meletakkan masker saat bepergian. Sebagian dari kamu mungkin asal menyimpan masker di dalam tas, di kantong, di atas meja, atau dimana saja saat makan atau melakukan hal lain. Jika tidak diperhatikan, kelalaian tersebut justru bisa membahayakan kesehatan kita Ladies.
Menurut penuturan dr. Alfi Auliya Rachman, mitra dokter dari Halodoc, setiap bepergian sebaiknya kita membawa masker cadangan supaya setiap empat jam sekali bisa diganti untuk mengurangi risiko terpapar virus.
Begini Cara Tepat Menyimpan Masker Kain Cadangan saat Dibawa Bepergian (399207)
Tips menjaga kulit agar ettap sehat meski memakai masker. Foto: Shutterstock
Selain itu, ia juga menyarankan agar masker cadangan dan masker yang sudah dipakai disimpan dalam wadah terpisah. Hal ini perlu dilakukan agar masker yang kotor tidak bercampur dengan masker bersih atau barang-barang lain di dalam tas.
ADVERTISEMENT
"Seperti yang sudah diketahui, masker tidak boleh digunakan lebih dari empat jam dan kalau basah atau kotor harus segera diganti. Jadi idealnya memang kita harus sedia dua tempat penyimpanan untuk meletakkan masker yang sudah dipakai dan yang belum. Bisa dengan tas kecil atau tempat lain," ungkap dr. Alfi dalam acara peluncuran masker AIRism dari UNIQLO pada Rabu (21/10)
Begini Cara Tepat Menyimpan Masker Kain Cadangan saat Dibawa Bepergian (399208)
Simpan masker kain di dalam plastik, atau lapisi dengan tisu atau kain sebelum dimasukkan ke dalam tas. Foto: Shutter Stock
Ia juga menambahkan kalau kita juga bisa melapisi masker yang baru dengan tisu, kain, atau plastik bersih untuk melindungi masker kain saat diletakkan di dalam tas.
"Kita bisa melapisi masker yang belum dipakai itu dengan tisu atau kain yang bersih. Intinya supaya masker tersebut tidak terkontaminasi dengan barang lain dan kita juga bisa membedakan mana masker yang bersih dan yang sudah terpakai," pungkasnya.
ADVERTISEMENT
Jadi ingat ya Ladies, selalu bawa masker kain cadangan saat bepergian. Ganti masker setiap empat jam sekali dan siapkan dua wadah khusus untuk menyimpan masker kain yang bersih dan yang sudah terpakai. Stay safe!
***