Woman
·
23 Maret 2020 20:08

Berhubungan Seks saat Wabah Virus Corona, Ini 5 Hal yang Wajib Diketahui

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Berhubungan Seks saat Wabah Virus Corona, Ini 5 Hal yang Wajib Diketahui (128900)
Ilustrasi berhubungan seks di kamar mandi. Foto: Shutterstock
Virus Corona yang tengah mewabah di seluruh dunia membuat masyarakat menjadi lebih mawas diri dalam menjaga kesehatannya. Masyarakat diminta untuk selalu waspada dan menjaga diri agar tetap bersih saat melakukan hal apapun, termasuk juga dalam berhubungan seks dengan pasangan.
ADVERTISEMENT
Mengenai hal ini, pemerintah kota New York melalui Departemen Kesehatan, membuat inisiasi baru dengan merilis pedoman berhubungan seks yang aman di tengah wabah virus Corona berjudul 'Sex and COVID-19'. Pedoman yang awalnya dibuat untuk penduduk New York ini pun menjadi viral ke berbagai negara melalui media sosial.
Pedoman tersebut berisikan langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum, selama dan setelah berhubungan seks untuk meminimalisir penularan virus Corona, termasuk apa saja hal penting yang harus kita perhatikan.
Jika Anda juga memiliki kekhawatiran terhadap kehidupan seks Anda terkait Corona, simak beberapa hal yang kami rangkum dari pedoman tersebut.

1. Berciuman dapat menularkan virus Corona

Berhubungan Seks saat Wabah Virus Corona, Ini 5 Hal yang Wajib Diketahui (128901)
Ilustrasi berciuman Foto: Unsplash
Seperti yang diketahui, virus Corona dapat menular lewat droplets (tetesan air saat bersin atau batuk) dalam jarak satu sampai dua meter. Virus ini juga dapat menular melalui air liur dan ludah bila kita terpapar kontak langsung. Karena itu berciuman bisa menjadi cara penularan virus Corona
ADVERTISEMENT
Dalam beberapa penelitian, COVID-19 juga ditemukan dalam kotoran manusia tetapi belum ditemukan dalam air mani atau cairan vagina. Untuk itu, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini. Tetapi satu yang pasti, virus Corona (bukan SARS-Cov-2) tidak menular melalui hubungan seks.

2. Wajib cuci tangan sebelum dan setelah masturbasi

Berhubungan Seks saat Wabah Virus Corona, Ini 5 Hal yang Wajib Diketahui (128902)
Ilustrasi mencuci tangan dengan air mengalir Foto: shutterstock
Masturbasi tidak akan menularkan COVID-19, tetapi Anda diwajibkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun selama 20 detik. Anda pun harus mencuci perangkat sex toys yang akan digunakan sebelum dan setelah melakukan oral seks dengan sabun dan air hangat. Bila perlu, semprot disinfektan.

3. Hindari rimming saat berhubungan seks

Berhubungan Seks saat Wabah Virus Corona, Ini 5 Hal yang Wajib Diketahui (128903)
Ilustrasi bercinta. Foto: Thinkstock
Departemen Kesehatan kota New York juga menyarankan untuk menghindari rimming (mencium anus pasangan dengan mulut dan lidah) karena dapat menularkan virus Corona. Selain ini, bakteri-bakteri yang ada pada anus berpotensi besar untuk masuk ke dalam mulut.
ADVERTISEMENT

4. Harus pakai kondom saat melakukan oral seks

Berhubungan Seks saat Wabah Virus Corona, Ini 5 Hal yang Wajib Diketahui (128904)
Kondom bikin iritasi Foto: Thinkstock
Kondom dapat mengurangi kontak dengan air liur, terutama saat akan melakukan oral dan anal seks. Sebelum itu, Anda pun wajib membersihkan diri dan mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik.

5. Jangan berhubungan seks bila Anda atau pasangan kurang sehat

Berhubungan Seks saat Wabah Virus Corona, Ini 5 Hal yang Wajib Diketahui (128905)
Ilustrasi pasangan gagal berhubungan seks. Foto: Shutterstock
Jika Anda atau pasangan merasa tidak sehat, jangan memaksakan diri untuk berhubungan seks, terutama berciuman. Apabila Anda merasa demam, batuk, sakit tenggorokan dan sesak napas, segera periksakan diri ke dokter.
Selain itu, jangan pula berhubungan seks bila Anda dan pasangan memiliki riwayat penyakit yang dapat menyebabkan riwayat COVID-19, misalnya, penyakit paru-paru, jantung, diabetes, kanker, atau sistem imun lemah.