Woman
·
24 Juli 2020 22:43

Berhubungan Seks Tiba-tiba Terasa Menyakitkan? Mungkin Ini Penyebabnya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Berhubungan Seks Tiba-tiba Terasa Menyakitkan? Mungkin Ini Penyebabnya (2538)
Ilustrasi berhubungan seks terasa menyakitkan. Foto: Shutterstock
Pernahkan Anda tiba-tiba merasa kesakitan saat berhubungan seks? Rupanya, hal ini banyak dialami oleh para perempuan. Menurut ahli kandungan asal New York, Deborah Coady, M.D., sekitar 12 hingga 16 persen perempuan pernah merasakan kesakitan saat berhubungan seks. Bahkan beberapa di antaranya terus-terusan merasa sakit saat penetrasi.
Lantas, apa yang menyebabkan rasa sakit muncul saat berhubungan seks? Deborah mengatakan, ada beberapa hal yang harus diamati terlebih dahulu. Mulai dari kondisi tubuh Anda saat berhubungan seks, apakah posisi seks yang dilakukan kurang nyaman, apakah Anda mengalami infeksi pada vagina atau apakah sedang berada dalam siklus menstruasi.
Dari hasil pengamatan tersebut, ahli kandungan yang juga penulis buku 'Healing Painful Sex' ini mengatakan ada beberapa hal yang mengakibatkan rasa sakit datang saat bercinta. Apa saja? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Kurangnya cairan lubrikasi

Berhubungan Seks Tiba-tiba Terasa Menyakitkan? Mungkin Ini Penyebabnya (2539)
Ilustrasi Cairan Lubrikasi. Foto: dok. Shutterstock
Deborah mengatakan,berhubungan seks tanpa cairan lubrikasi yang cukup akan membuat kita merasa tidak nyaman. Akibatnya, berhubungan seks pun menjadi sakit.
Cara mengatasinya cukup mudah, Anda harus merasa terangsang secara alami dengan banyak melakukan foreplay. Selain itu, tak ada salahnya juga menggunakan bantuan cairan lubrikasi berbasis air yang diformulasikan tanpa minyak bila Anda tidak ingin menggunakan kondom.

2. Menggunakan produk kewanitaan terbaru

Berhubungan Seks Tiba-tiba Terasa Menyakitkan? Mungkin Ini Penyebabnya (2540)
Ilustrasi vagina Foto: Shutterstock
Salah satu hal yang dapat membuat bercinta terasa sakit adalah Anda baru mencoba produk kewanitaan terbaru yang meliputi krim atau sabun kewanitaan.
"Produk ini biasanya mengandung banyak bahan kimia yang bisa membuat iritasi pada kulit sensitif, terutama pada bagian vulva dan bagian dalam vagina Anda. Bila rasa sakit semakin menjadi-jadi, segera pergi ke dokter kandungan," jelas Deborah seperti dikutip dari Glamour.

3. Infeksi jamur vagina

Berhubungan Seks Tiba-tiba Terasa Menyakitkan? Mungkin Ini Penyebabnya (2541)
Ilustrasi vagina. Foto: Shutterstock
Infeksi jamur dan infeksi saluran kemih dapat membuat hubungan seks terasa sakit dan tidak nyaman. Tetapi, hal ini untungnya bisa diobati sendiri.
"Kemungkinan, dokter akan menyarankan Anda untuk tidak melakukan hubungan seks saat Anda sedang menjalani perawatan infeksi vagina dengan mengkonsumsi antibiotik. Jika rasa sakit tidak sembuh, jangan takut kembali ke dokter untuk dievaluasi," katanya lagi.

4. Sembelit atau sulit BAB

Berhubungan Seks Tiba-tiba Terasa Menyakitkan? Mungkin Ini Penyebabnya (2542)
Ilustrasi sakit perut. Foto: Shutterstock
Sulit BAB bisa menyebabkan perut terasa bengkak pada bagian bawah. Hal ini juga mengakibatkan otot panggul bisa terasa sakit saat penetrasi. Namun setelah Anda kembali lancar BAB, biasanya hal ini akan hilang dengan sendirinya.

5. Anda mengalami kondisi vestibulodynia

Berhubungan Seks Tiba-tiba Terasa Menyakitkan? Mungkin Ini Penyebabnya (2543)
Ilustrasi vagina sakit saat berhubungan seksual Foto: Shutterstock
Dalam beberapa kasus, rasa sakit terus-menerus saat berhubungan seks menjadi pertanda kondisi vestibulodynia. Ini adalah gangguan peradangan yang terjadi pada jaringan pada pembukaan vagina.
"80 persen dari nyeri seksual terus-menerus pada perempuan premenopause disebabkan oleh vestibulodynia. Kondisi ini menimbulkan rasa sakit ketika area sensitif diberikan sentuhan dengan cara apa pun, baik seksual maupun tidak, bahkan oleh penggunaan pembalut atau tampon sekalipun," lanjutnya.

6. Kandung kemih iritasi, menyebabkan otot dasar panggul memendek

Berhubungan Seks Tiba-tiba Terasa Menyakitkan? Mungkin Ini Penyebabnya (2544)
Ilustrasi Vaginismus Foto: Shutterstock
Selain vestibulodynia, kondisi lain yang juga serius adalah interstitial cystitis atau sindrom yang membuat kandung kemih nyeri. Akibatnya, otot panggul menjadi pendek atau terlalu aktif karena bereaksi terhadap masalah lain dalam tubuh Anda. Namun tenang, hal ini bisa diatasi dengan melakukan fisioterapi.

7. Anda memiliki masalah lain yang tidak disebutkan di atas

Berhubungan Seks Tiba-tiba Terasa Menyakitkan? Mungkin Ini Penyebabnya (2545)
Penyebab dan cara mengatasi vagina kering. Foto: Shutterstock
Deborah menyimpulkan, ada baiknya Anda mengetahui anatomi tubuh sendiri serta belajar untuk memahaminya. Karena bisa saja, Anda memiliki masalah lain yang tidak disebutkan di atas.
"Ketahui anatomi tubuh Anda dan jangan menyepelekan rasa sakit saat berhubungan seks," demikian tutur Deborah Coady, M.D.