Rekomendasi Gaya Rambut Sesuai Bentuk Wajah

Bikin Makin Percaya Diri, Ini Rekomendasi Gaya Rambut Sesuai Bentuk Wajah

7 Desember 2020 10:12
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Bikin Makin Percaya Diri, Ini Rekomendasi Gaya Rambut Sesuai Bentuk Wajah (15087)
searchPerbesar
Rekomendasi Gaya Rambut Sesuai Bentuk Wajah Foto: Instagram
Rambut merupakan mahkota perempuan yang bentuk atau gayanya bisa diubah-ubah. Gaya rambut menjadi salah satu hal yang harus kamu perhatikan dalam berpenampilan, sebab gaya rambut yang bagus dan cocok bisa membuat kamu tampil lebih percaya diri. Selain itu, kamu juga akan lebih puas dengan model rambut yang dimiliki.
ADVERTISEMENT
Kendati demikian, memilih gaya rambut tidak boleh asal-asalan, lho Ladies. Sebab memilih gaya rambut secara asal apalagi hanya mengikuti tren saja tidaklah cukup untuk membuat penampilanmu lebih prima. Karena itu, kamu pun harus memilihnya berdasarkan bentuk wajah.
Memilih gaya rambut yang tepat sesuai bentuk wajah, ternyata bisa sangat berpengaruh pada penampilanmu. Kamu mungkin tahu bahwa setiap orang memiliki bentuk wajah yang berbeda-beda. Ada yang berwajah bulat, persegi, panjang, hati, hingga oval. Karena itulah, penataan rambut pun harus dimaksimalkan untuk membantu menyempurnakan fitur-fitur wajah sehingga membuatnya terlihat seimbang.
Nah, buat Ladies yang masih bingung menentukan gaya rambut yang cocok dengan bentuk wajah, berikut ini kumparanWOMAN berikan beberapa pilihan gaya rambut sesuai bentuk wajah, seperti dikutip dari berbagai sumber.
ADVERTISEMENT

1. Bentuk wajah bulat

Bikin Makin Percaya Diri, Ini Rekomendasi Gaya Rambut Sesuai Bentuk Wajah (15088)
searchPerbesar
Rekomendasi Gaya Rambut untuk Bentuk Wajah Bulat Foto: Instagram
Jika kamu memiliki bentuk wajah bulat, sebaiknya ciptakan ilusi yang membuat wajah terkesan lebih panjang. Penata rambut selebriti yang berbasis di Amerika Serikat, Justine Marjan, merekomendasikan gaya rambut; seperti side-swept bangs, pixie cut, long wavy hair, hingga texture length.
Selain gaya rambut tadi, kamu juga bisa mencoba gaya rambut bob dengan soft layer (layered bob). Usahakan agar potongannya sedikit di bawah dagu atau sejajar dengan dagu, untuk menyiasati bagian pipi yang tembem.
“Jika kamu memilih potongan rambut pendek, berhati-hatilah agar tidak terlalu pendek dengan bentuk wajahmu, karena bisa membuat wajah terlihat semakin lebih lebar, terutama jika kamu memiliki tekstur rambut yang lebih tebal,” kata Marjan kepada Who What Wear.
ADVERTISEMENT

2. Bentuk wajah kotak

Bikin Makin Percaya Diri, Ini Rekomendasi Gaya Rambut Sesuai Bentuk Wajah (15089)
searchPerbesar
Rekomendasi Gaya Rambut untuk Bentuk Wajah Kotak Foto: Instagram
Bagi kamu yang memiliki bentuk wajah kotak atau persegi, alangkah baiknya memilih gaya rambut multiple layers, karena bisa membuat bentuk rahang terkesan lebih lembut. Selain gaya rambut itu, Marjan juga menyarankan kamu untuk memilih beberapa gaya rambut; seperti long and lengthy hair, big curls, side parts, hingga swept-over bangs.
“Gaya rambut itu bisa melembutkan dahi dan garis rahang yang tajam serta lebar,” tambahnya.

3. Bentuk wajah lonjong

Bikin Makin Percaya Diri, Ini Rekomendasi Gaya Rambut Sesuai Bentuk Wajah (15090)
searchPerbesar
Rekomendasi Gaya Rambut untuk Bentuk Wajah Lonjong Foto: Instagram
Tak perlu kehilangan kepercayaan diri karena bentuk wajah kamu yang cenderung lonjong atau panjang. Sebab, kamu bisa mengaksentuasi bentuk wajah tersebut dengan pilihan gaya rambut curly shag atau long straight.
“Menurut saya, gaya rambut terbaik untuk bentuk wajah yang lonjong atau panjang adalah potongan rambut keriting seperti curly shag. Karena gaya rambut itu bisa menambahkan volume wajah sehingga membuatnya terlihat seimbang,” kata Cash Lawless, penata rambut selebriti asal AS, kepada Who What Wear.
ADVERTISEMENT

4. Bentuk wajah hati

Bikin Makin Percaya Diri, Ini Rekomendasi Gaya Rambut Sesuai Bentuk Wajah (15091)
searchPerbesar
Rekomendasi Gaya Rambut untuk Bentuk Wajah Hati Foto: Instagram
Ciri khas pemilik bentuk wajah hati adalah dagu yang runcing, rahang yang tegas, serta dahi yang lebar. Karena itu, gaya rambut yang cocok untuk pemilik bentuk wajah ini adalah wavy with bangs dan medium swept bangs.
“Untuk tipe wajah ini, saya menyukai potongan rambut panjang bergelombang tepat di sekitar dada dengan poni yang disisir tepat di alis, untuk menyembunyikan dahi yang lebar,” kata penata rambut selebriti asal AS, Cervando Maldonado.

5. Bentuk wajah oval

Bikin Makin Percaya Diri, Ini Rekomendasi Gaya Rambut Sesuai Bentuk Wajah (15092)
searchPerbesar
Rekomendasi Gaya Rambut untuk Bentuk Wajah Oval Foto: Instagram
Wajah oval merupakan salah satu bentuk wajah idaman para perempuan. Sebab, bentuk wajah ini dianggap sebagai bentuk wajah paling seimbang dan paling simetris. Bahkan untuk urusan gaya rambut pun, bentuk wajah ini sejatinya cocok dengan gaya rambut apa saja.
ADVERTISEMENT
Kendati demikian, ada beberapa gaya rambut yang paling cocok dan akan terlihat bagus jika diaplikasikan oleh pemilik wajah oval; yakni smooth and sleek bob dan light waves.
“Menurut saya gaya rambut seperti sleek bob atau bob bisa menarik perhatian ke area mata, bibir, dan juga hidung,” kata Lawless.

6. Bentuk wajah diamond

Bikin Makin Percaya Diri, Ini Rekomendasi Gaya Rambut Sesuai Bentuk Wajah (15093)
searchPerbesar
Rekomendasi Gaya Rambut untuk Bentuk Wajah Diamond Foto: Instagram
Bentuk wajah diamond dikenal memiliki garis rahang yang lebih lebar, dan dagu yang tajam disertai dahi yang sedikit menyempit. Karena itu, gaya rambut yang cocok dengan bentuk wajah seperti ini adalah pixie style dan medium straight hair.
“Selain gaya rambut tadi, pemilik wajah diamond juga terlihat bagus dengan rambut ikal dengan tekstur gelombang yang menonjol, sehingga area dagu tidak terlihat semakin runcing atau lancip,” tambah Marjan.
ADVERTISEMENT
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)