kumparan
13 Januari 2020 15:00

Billy Porter Jadi Pria Pertama yang Bintangi Sampul Majalah Allure

Billy Porter
Penampilan Billy Porter sebagai cover majalah Allure. Foto: dok. @theebillyporter/ Instagram
Sebagian dari Anda mungkin mengenal Billy Porter sebagai selebriti lewat perannya dalam serial TV 'Pose', karena kemahirannya dalam dunia tarik suara, atau karena penampilannya yang nyentrik saat berjalan di red carpet dalam berbagai acara.
ADVERTISEMENT
Baru-baru ini, Billy Porter kembali mendapat sorotan karena menjadi model sampul majalah kecantikan, Allure. Sebuah majalah perempuan asal Amerika Serikat yang fokus membicarakan segala hal soal kecantikan.
Menurut Editor-In-Chief Allure, Michelle Lee, pria 50 tahun ini merupakan pria pertama yang menjadi model sampul untuk majalah Allure. “Saya sangat bangga Billy menciptakan sejarah sebagai pria pertama yang menjadi model sampul Allure,” tulis Michelle Lee pada caption di akun Instagram miliknya, @heymichellelee.
Dalam sampul tersebut, tampak Billy Porter tampil bold mengenakan blazer pink neon yang kontras dengan latar belakang berwarna kuning terang. Wajahnya dibiarkan tanpa riasan dan sebagai gantinya, area mata Billy dihiasi dengan tempelan kertas warna-warni yang tampak seperti topeng.
Tak hanya itu, dalam serangkaian foto lainnya Billy tampak glamor. Mulai dari mengenakan busana dengan aksen manik-manik berlian, dress dengan model extravaganza hingga bergaya dengan aksesori nyentrik. Selain itu, wajahnya juga dirias dengan makeup nuansa glitter serta menggunakan face painting yang membuatnya tampak eksentrik.
Billy Porter
Penampilan Billy Porter sebagai model sampul majalah Allure. Foto: dok. @theebillyporter/ Instagram
“Saya sangat senang dan bangga menjadi sampul majalah Allure untuk edisi Februari 2020. Menjadi sebuah kehormatan bisa jadi pria pertama yang membintangi sampul Allure di sepanjang sejarah. Ini adalah bukti bahwa zaman sudah berubah dan saat ini sedang berubah,” tulis Billy Porter dalam caption foto sampul Allure yang ia unggah di akun Instagram @theebillyporter.
ADVERTISEMENT
Untuk edisi Februari 2020 ini, Allure mengangkat tema tentang The Art of Beauty. Sebuah tema yang umumnya sangat jauh dari maskulinitas dan dunia laki-laki. Namun kepada Allure, Billy bercerita bahwa ia ingin mendobrak batasan yang selama ini menghalanginya dalam berbagai hal sejak masih remaja. Ia mengatakan bahwa maskulinitas telah membuatnya tertekan selama ini.
Billy Porter
Penampilan Billy Porter sebagai model sampul majalah Allure. Foto: dok. @theebillyporter/ Instagram
“(Sejak kecil) rasanya maskulinitas saya dipertanyakan bahkan jauh sebelum saya memahami pemikiran tersebut. Saya dikirim ke psikolog pada usia 5 tahun karena saya gay dan keluarga saya merasa takut,” ungkap Billy kepada Allure.
Pada awal-awal kariernya di dunia hiburan, ia mengaku banyak mengalami kesulitan karena memiliki kepribadian flamboyan dan di tahun ‘90-an flamboyan adalah kata lain dari gay. Kala itu, pria yang menyatakan dirinya gay tidak akan banyak mendapat kesempatan di industri hiburan atau industri manapun.
 Golden Globe, BIlly Porter
BIlly Porter menghadiri Golden Globe Awards ke 77 di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Foto: REUTERS / Mario Anzuoni
“Flamboyan adalah kata yang digunakan untuk meminggirkan saya dan mengurung saya,” jelasnya. Untuk itu, dalam cover story Allure edisi Februari 2020 ini Billy memanfaatkan kesempatan untuk berbicara soal keterbukaannya dalam mengekspresikan diri dan berbagai hal lain yang ia pelajari dari sosok inspirasinya, Oprah Winfrey.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda yang penasaran dengan kisah Billy Porter, majalah Allure bertema The Art of Beauty ini mulai bisa didapatkan pada 21 Januari mendatang di toko-toko buku terdekat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan