kumparan
8 November 2019 18:54

Bisa Tingkatkan Konsentrasi, Ini 4 Manfaat Peppermint bagi Tubuh

Daun peppermint Foto: dok. Thinkstock
Ladies, bekerja seharian penuh kadang memang terasa sangat membosankan. Jika sudah begitu, tak heran kita jadi kerap mengantuk dan sulit berkonsentrasi. Apakah Anda termasuk salah satu orang yang seperti itu?
ADVERTISEMENT
Jika ya, Anda tak perlu khawatir. Kita bisa memanfaatkan peppermint yang ternyata memiliki berbagai kemampuan, salah satunya adalah meningkatkan daya kognitif pada otak yang berpengaruh pada tingkat konsentrasi kita.
Salah satu essential oil varian peppermint dari Young Living Foto: Dok. Young Living
Selain itu, peppermint juga bisa menjadi meringankan sakit kepala akibat migrain, menghilangkan bau mulut, hingga menebalkan rambut. Di era yang serba modern saat ini, peppermint sudah tersedia dalam beragam bentuk. Mulai dari teh, permen, hingga essential oil.
Untuk mengetahui lebih lanjut soal manfaat peppermint, berikut kumparan telah merangkum empat manfaat peppermint bagi kesehatan tubuh. Apa saja?
Meningkatkan konsentrasi
Ilustrasi perempuan karier. Foto: Shutterstock
Menurut penelitian dari Wheeling Jesuit University di Amerika Serikat, menghirup aroma peppermint dapat meningkatkan motivasi dan performa kognitif otak sehingga kita lebih bisa berkonsentrasi penuh saat melakukan sesuatu. Para siswa di Amerika Serikat biasanya menggunakan peppermint oil saat ujian agar pikirannya tidak mudah jenuh.
ADVERTISEMENT
Anda bisa menikmati peppermint dengan cara diminum lewat peppermint tea atau mengoleskan minyak peppermint di area belakang telinga.
Mengurangi migrain dan sakit kepala karena stres
Ibu hamil sakit kepala Foto: Shutterstock
Sebagai bahan aktif dalam peppermint mentol memiliki fungsi mengurangi rasa sakit pada kepala saat migrain. Tak hanya itu, peppermint juga dapat mengurangi gejala migrain lain seperti sensitivitas cahaya, mual, dan muntah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan minyak peppermint ke dahi dan pelipis membantu menghilangkan sakit kepala karena stres.
Membantu pertumbuhan rambut
Ilustrasi merawat rambut. Foto: Shutterstock
Bagi para Ladies yang menginginkan rambut tebal, Anda bisa mencoba melakukan perawatan rambut menggunakan peppermint oil. Oleskan minyak peppermint pada kulit kepala dan rambut secara rutin kurang lebih empat minggu untuk mempercepat proses penumbuhan rambut. Namun perlu diingat, jangan terlalu banyak mengaplikasikannya sebab peppermint memiliki efek dingin yang bisa berubah menjadi panas jika dioleskan pada kulit kepala yang sensitif.
ADVERTISEMENT
Menghilangkan bakteri dan bau mulut
com-Ilustrasi bau mulut Foto: Shutterstock
Efek menyegarkan pada peppermint tak hanya bisa mengatasi bau mulut, tetapi juga bisa menjadi antibacterial yang membantu kita membasmi bakteri penyebab bau mulut. Peppermint juga dapat berfungsi memutihkan kulit karena kandungan antibacterialnya mampu mengangkat kuman penyebab gigi menguning.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan