kumparan
31 Agustus 2019 18:15

Bukan Hanya Olahraga, Ini 5 Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan

Jalan kaki
Ilustrasi jalan kaki Foto: Unsplash
Tak dapat dipungkiri, beberapa dari kita seringkali malas melakukan olahraga. Padahal, untuk menjunjung pola hidup yang sehat, seseorang diharuskan setidaknya melakukan olahraga selama 15 menit setiap harinya.
ADVERTISEMENT
Namun tahukah Anda, bahwa jalan kaki bisa dijadikan kegiatan olahraga yang simpel, praktis, dan sederhana?
Ya, jika Anda tak punya waktu luang untuk berolahraga khusus, jalan kaki selama 15 menit setiap hari bisa jadi alternatif yang memuaskan. Tak hanya menyehatkan, nyatanya, jalan kaki punya berbagai manfaat lain yang bisa Anda dapatkan. Apa saja?
1. Membakar kalori
Semua jenis olahraga, baik ringan atau berat berpengaruh terhadap pembakaran kalori dalam tubuh, termasuk berjalan. Sebuah studi yang dilakukan di University of Tennessee mengklaim bahwa perempuan yang sering berjalan memiliki lemak tubuh yang lebih rendah. Hal ini akan semakin terlihat pada kelompok usia 40 sampai 66 tahun.
2. Memperbaiki mood
Berjalan selama 15 menit setiap harinya ternyata juga berdampak baik pada mood seseorang. American Psychological Association melakukan eksperimen pada mahasiswa dan menemukan bahwa berjalan memberi dorongan positif pada suasana hati seseorang. Menarik bukan, Ladies?
ADVERTISEMENT
3. Meningkatkan kreativitas
Saat tubuh menjadi lebih segar, otak akan bekerja lebih baik. Hal inilah yang akan Anda dapatkan jika meluangkan waktu untuk berjalan secara rutin setiap harinya. Tubuh yang bugar setelah berolahraga akan meningkatkan kinerja otak, sehingga beragam ide kreatif akan mengalir pada diri Anda.
Ilustrasi jalan kaki
Ilustrasi jalan kaki. Foto: Shutter stock
4. Memperkuat massa tulang
Mendekati usia 30-an, tulang akan lebih rentan mengalami pengeroposan karena di usia inilah kesehatan tulang akan mulai menurun. Banyaknya asupan kalsium juga tetap tak bisa memperkuat massa tulang jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik. Berjalan setiap hari minimal 15 menit akan membantu Anda.
5. Mencegah gangguan mental
Sebuah studi yang dilakukan oleh Frontiers of Aging Neuroscience menyebutkan, saat seseorang rutin berjalan kaki, akan timbul terjalin sebuah koordinasi dan keseimbangan yang lebih baik pada otak. Seiring dengan pertambahan usia, kadar stres dirasa akan meningkat lebih tinggi namun dengan melakukan aktivitas ini secara rutin, otak pun akan terlindung dari gangguan mental.
ADVERTISEMENT
Siap untuk lebih sering berjalan kaki?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan