kumparan
search-gray
Woman1 Agustus 2020 12:35

Cara Menghilangkan Aroma Tak Sedap pada Kulkas dengan Bahan Alami

Konten Redaksi kumparan
Cara Menghilangkan Aroma Tak Sedap pada Kulkas dengan Bahan Alami (613659)
Cara Menghilangkan Aroma Tak Sedap pada Kulkas dengan Bahan Alami Foto: Shutterstock
Aroma tak sedap pada kulkas bisa menjadi salah satu masalah di dapur yang cukup mengganggu. Bau amis dari ikan, bau khas daging, bumbu masakan, makanan sisa, hingga bahan makanan lainnya bisa membuat kulkas jadi terkesan tidak bersih dan sehat. Tak hanya itu, aroma tak sedap juga bisa merusak dan menempel pada makanan segar lainnya yang disimpan dalam kulkas.
ADVERTISEMENT
Selain mencuci bersih setiap kompartemen kulkas, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi aroma mengganggu pada kulkas kamu Ladies. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang punya kemampuan menyerap atau menetralisir aroma tak sedap.
Untuk memudahkan kamu, berikut kumparanWOMAN telah merangkum lima bahan alami yang bisa digunakan untuk cara menghilangkan bau tak sedap pada kulkas. Kira-kira apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Menghilangkan aroma tak sedap pada kulkas dengan oatmeal

Cara Menghilangkan Aroma Tak Sedap pada Kulkas dengan Bahan Alami (613660)
Menghilangkan aroma tak sedap pada kulkas dengan oatmeal. Foto: Shutterstock
Siapa sangka oatmeal yang bisa menyerap minyak jahat dalam tubuh juga bisa menyerap aroma tak sedap pada kulkas? Ya, oatmeal memiliki kemampuan untuk menetralisir aroma kulkas yang mengganggu karena campuran bahan-bahan makanan yang disimpan. Untuk memanfaatkannya, Ladies hanya perlu menyiapkan 2-3 sendok oatmeal kering. Simpan dalam wadah terbuka, kemudian letakkan di dalam kulkas selama semalam. Keesokan paginya, aroma tak sedap pada kulkas akan hilang.
ADVERTISEMENT

2. Memanfaatkan potongan buah lemon

Cara Menghilangkan Aroma Tak Sedap pada Kulkas dengan Bahan Alami (613661)
Ilustrasi lemon. Foto: Pixabay
Buah yang kaya akan vitamin C ini juga terkenal memiliki aroma menyegarkan. Ternyata aroma tersebut bisa membantu mengatasi bau tak sedap yang disebabkan oleh daging, ikan, atau makanan lain di dalam kulkas. Agar kulkas kamu tetap fresh, iris lemon tipis-tipis, kurang lebih 1 cm. Setelah itu masukkan ke dalam kulkas. Ganti pengharum alami ini setiap 3 hari sekali.

3. Menggunakan baking soda untuk menetralisir aroma kulkas

Cara Menghilangkan Aroma Tak Sedap pada Kulkas dengan Bahan Alami (613662)
Baking soda. Foto: Shutterstock
Baking soda memang sudah dikenal ampuh mengatasi segala masalah rumah tangga. Mulai dari membersihkan lemak di piring, menghilangkan kerak hitam pada panci dan penggorengan, hingga memutihkan baju putih yang menguning. Kemampuan baking soda lainnya yang perlu kamu ketahui adalah menetralisirkan aroma tak sedap di dalam kulkas. Untuk mencobanya, kamu cukup menyiapkan 3 sendok makan baking soda di dalam wadah terbuka. Kemudian simpan di sudut kulkas. Diamkan selama beberapa jam agar bahan ini bekerja secara maksimal.
ADVERTISEMENT

4. Gunakan cuka

Cara Menghilangkan Aroma Tak Sedap pada Kulkas dengan Bahan Alami (613663)
Ilustrasi cuka putih Foto: dok.shutterstock
Meski memiliki aroma yang cukup menyengat, cuka juga bisa diandalkan untuk menghilangkan bau mengganggu yang ada di dalam kulkas. Kamu bisa menyimpan satu mangkuk kecil cuka di dalam kulkas untuk mengatasi aroma tak sedap. Letakkan di area yang aman agar tidak tersenggol dan tumpah.

5. Letakkan biji atau bubuk kopi di sudut kulkas

Cara Menghilangkan Aroma Tak Sedap pada Kulkas dengan Bahan Alami (613664)
bubuk kopi Foto: Shutterstock
Kopi memiliki kandungan alami berupa kafein yang mengandung nitrogen dengan fungsi menetralisir aroma tak sedap. Untuk memanfaatkannya, kamu bisa meletakkan segenggam biji kopi di sudut-sudut kulkas atau di area yang memiliki bau tak sedap. Bila tak ada biji kopi, kamu bisa memanfaatkan kopi bubuk, masukkan 1 atau 2 sdm bubuk kopi dalam wadah kecil yang terbuka lalu letakkan pada area yang beraroma tak sedap.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white