kumparan
search-gray
Woman1 Agustus 2020 11:18

Cara Merawat Rambut Pria agar Tidak Mudah Botak

Konten Redaksi kumparan
Cara Merawat Rambut Pria agar Tidak Mudah Botak (142797)
Cara Merawat Rambut Pria agar Tidak Mudah Botak Foto: Shutterstock
Merawat kesehatan rambut tak hanya diperlukan oleh perempuan saja. Para pria juga harus rajin memperhatikan kesehatan rambut agar tidak terjadi kerusakan. Salah satu masalah rambut yang banyak ditakuti oleh pria adalah kebotakan.
ADVERTISEMENT
Melansir Healthline, kebotakan yang sering dialami oleh pria banyak dipengaruhi oleh hormon androgen. Hormon yang berperan untuk mengendalikan tubuh yang terjadi selama dan setelah pubertas, termasuk pertumbuhan rambut.
Jika tidak diperhatikan dengan baik, kerontokan dan kerusakan rambut lainnya bisa membuat rambut pria jadi lebih cepat mengalami kebotakan. Namun ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan rambut yang bisa menyebabkan kebotakan.
Melansir berbagai sumber, berikut kumparanWOMAN telah merangkum cara merawat rambut untuk para pria agar terhindar dari kebotakan. Kira-kira apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.
Cara Merawat Rambut Pria agar Tidak Mudah Botak (142798)
Hindari menyisir saat rambut dalam keadaan basah agar tidak mudah botak. Foto: Shutterstock

1. Hindari menyisir saat rambut dalam keadaan basah

Rambut yang masih basah lebih rentan mengalami kerontokan. Hal ini disebabkan karena ketika rambut basah, akan mengalami gesekan yang lebih kuat dengan sisir sehingga mudah patah. Selain itu rambut yang basah juga mengalami penarikan 50 persen lebih kuat, berbeda dengan rambut dalam kondisi kering yang hanya mengalami penarikan sebesar 20 hingga 30 persen saja. Jadi pastikan rambut sudah kering sebelum disisir ya.
ADVERTISEMENT

2. Jangan terlalu sering menggosok rambut dengan handuk

Mengeringkan rambut dengan handuk menjadi kebiasaan pria yang berdampak buruk pada rambut. Gosokan yang terjadi antara rambut dan handuk bisa membuat rambut jadi lebih rapuh dan mudah rusak, serta bikin mudah botak. Untuk itu, karena rambut pria lebih pendek dan bisa cepat kering, para ahli menyarankan agar pria cukup mengeringkan rambut dengan cara diangin-anginkan saja.
Cara Merawat Rambut Pria agar Tidak Mudah Botak (142799)
Jangan terlalu sering menggosok rambut dengan handuk agar tidak mudah botak. Foto: Shutterstock

3. Rajin memijat kulit kepala

Selain bisa membuat kepala jadi lebih enteng dan rileks, pijatan yang dilakukan secara rutin pada kulit kepala bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut. Untuk melakukannya, pijat kulit kepala setelah keramas dengan ujung-ujung cari secara lembut dan merata. Peredaran darah yang lebih lancar bisa memperkuat folikel rambut dan mencegah kerontokan.
ADVERTISEMENT

4. Gunakan masker rambut dari lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang bisa mengatasi kerontokan rambut penyebab kebotakan. Ini dikarenakan lidah buaya dapat menutrisi folikel rambut serta merangsang pertumbuhan rambut.
Kandungan yang ada di dalam lidah buaya seperti vitamin, asam amino, dan mineral dapat bermanfaat menjaga rambut tetap sehat. Kandungan dalam lidah buaya juga membuat rambut tumbuh dengan baik. Kamu bisa memakai lidah buaya sebagai masker rambut dan mengaplikasikannya pada rambut 2-3 kali seminggu.
Cara Merawat Rambut Pria agar Tidak Mudah Botak (142800)
Kenakan pelindung rambut saat memakai helm untuk mencegah kebotakan. Foto: Istimewa

5. Kenakan pelindung rambut saat memakai helm

Pria yang lebih sering memakai helm memiliki risiko lebih besar terhadap kerontokan rambut. Hal ini disebabkan karena saat memakai helm, keringat tidak bisa keluar dengan baik sehingga tertahan pada pori-pori kulit kepala. Kondisi tersebut membuat akar-akar rambut jadi rapuh dan lebih cepat memicu kerontokan.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, para pria disarankan untuk memakai pelindung rambut seperti ciput atau hair cap yang terbuat dari kain supaya bisa menyerap keringat. Trik ini juga bisa mencegah bau tak sedap yang kerap muncul pada helm yang disebabkan oleh keringat dan bakteri.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white