Woman
·
11 Februari 2021 7:55

Catat! Ini Cara Menyimpan Masker dengan Benar saat Sedang Makan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Catat! Ini Cara Menyimpan Masker dengan Benar saat Sedang Makan (201585)
Ilustrasi Melepas Masker Foto: Shutter Stock
Memakai masker terbukti menjadi cara paling efektif untuk mencegah penularan virus corona, yang utamanya menyebar lewat transmisi udara. Namun, agar masker bisa lebih efektif dan maksimal dalam mencegah masuknya virus yang menyebabkan COVID-19, maka penyimpanannya pun juga harus dilakukan dengan benar.
ADVERTISEMENT
Berbicara soal cara menyimpan masker, tak bisa dipungkiri bahwa terkadang kita suka lalai dalam menyimpan atau meletakkan masker saat bepergian. Bahkan sebagian dari kamu mungkin asal menyimpan masker di dalam tas, di atas meja, atau di mana saja saat sedang makan atau melakukan hal lain. Padahal jika hal itu terus dibiarkan, maka bisa membahayakan kesehatan, lho Ladies.
Lantas, bagaimana cara menyimpan masker dengan benar saat kita sedang makan atau melakukan aktivitas lain? Menurut dokter umum kandidat PhD bidang Medical Science di Kobe University Jepang, dr. Adam Prabata, cara terbaik dan paling banyak direkomendasikan oleh WHO (World Health Organization) dan CDC (Centers for Disease Control and Prevention) adalah dengan menyimpan masker tersebut di dalam wadah khusus, seperti eco bag atau paper bag.
ADVERTISEMENT
“Kenapa paper bag? Soalnya gini kalau kita pakai masker, itu kan kemungkinan kita ngomong dan bernapas. Nah, pas kita ngomong atau bernapas itu ada uap air kan. Si uap air ini kalau banyak akan menumpuk di masker, dan memungkinkan masker itu menjadi basah. Lalu ketika masker tersebut mengembun atau ada kandungan air di dalamnya, maka efektivitasnya pun jadi akan berkurang,” kata dr. Adam saat diwawancarai kumparanWOMAN, pada Jumat (29/1) lalu.
Catat! Ini Cara Menyimpan Masker dengan Benar saat Sedang Makan (201586)
Ilustrasi paper bag Foto: Shutter Stock
Dr. Adam melanjutkan, jika masker yang sudah digunakan tersebut disimpan di dalam paper bag, maka paper bag tersebut akan menyerap air yang ada di dalam masker.
“Jadi, selain bisa menjadi wadah untuk menyimpan masker, paper bag juga bisa sekalian mengurangi kadar air di dalam masker. Dengan demikian, ketika dipakai kembali masker tersebut bisa efektif lagi,” tambahnya .
Catat! Ini Cara Menyimpan Masker dengan Benar saat Sedang Makan (201587)
Ilustrasi Menyimpan Masker di dalam Plastik Foto: Shutter Stock
Lantas, bagaimana kalau kita tidak memiliki eco bag atau paper bag? dr. Adam pun merekomendasikan kamu untuk menyimpan masker tersebut di dalam sebuah wadah seperti kontainer, kantong plastik, atau wadah apa pun yang bisa menyimpan masker.
ADVERTISEMENT
“Jadi sejauh yang saya baca rekomendasinya ya memang disimpan di tempat-tempat itu. Pokoknya simpan masker ketika tidak dipakai di tempat atau wadah khusus agar terlindungi droplet-droplet. Selain itu, hindari menyimpan atau meletakkan masker (yang tidak digunakan) di sembarang tempat,” tutup dr. Adam.
Jadi ingat ya Ladies, pastikan kamu menyimpan atau meletakkan masker dalam wadah khusus saat sedang makan atau melakukan kegiatan ya! Selain itu, jangan lupa juga untuk tutup wadah tersebut secara rapat.
Catat! Ini Cara Menyimpan Masker dengan Benar saat Sedang Makan (201588)
Cara Menyimpan Masker Kain. Foto: kumparan