kumparan
12 Oktober 2019 17:26

Cerita Pasangan yang Berani Menikah Sederhana dengan Modal Rp 5,5 Juta

Pernikahan Satrio dan Karin yang viral di Twitter. Foto: Twitter @biangkerok
Sejak beberapa waktu lalu, netizen tengah ramai memperbincangkan sebuah acara pernikahan yang digelar secara sederhana dan minimalis. Pernikahan tersebut merupakan pernikahan pasangan bernama Satrio dan Karin yang digelar di Purwokerto pada 6 Oktober lalu.
ADVERTISEMENT
Dalam sebuah thread di Twitter, Satrio dengan akun @biangkerok ini membagikan cerita dan konsep pernikahannya. Ia bercerita bahwa sejak dua bulan lalu sudah berencana untuk berbicara serius tentang rencana pernikahan kepada Karin dan keluarganya.
"Hampir semua calon pengantin dan keluarga, makin stress ketika dekat hari H. Kita ga boleh stress, ini kan mau menuju hari bahagia," tulis Satrio dalam akun Twitter-nya.
Akhirnya dalam kurun waktu dua bulan itu, Satrio mempersiapkan segalanya. Mulai dari undangan yang hanya selembar dengan desain dan produksi sendiri. Ia membuat 300 undangan dengan harga yang tidak sampai Rp 800 per lembarnya.
Untuk cincin kawin, Satrio menggunakan cincin perak (sterling silver) dengan membubuhkan batu meteor yang didapatnya langsung dari kolektor benda langit. Penggunaan batu meteor ini sengaja dilakukan karena Satrio termasuk pencinta astronomi. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat cincin tidak sampai Rp 1 juta.
ADVERTISEMENT
Sedangkan untuk seserahan, pasangan ini menganut prinsip untuk tidak terlalu membeli banyak barang. Keduanya sepakat untuk membeli alat olahraga seperti sepatu running, sport bra, legging dan jersey sebagai seserahan.
Untuk lokasi akad nikah, tadinya Satrio dan Karin ingin menikah di KUA saja. Hal ini pun sudah direstui oleh orang tuanya. Tetapi keduanya memilih untuk menikah di masjid karena lebih sakral.
Setelah melakukan akad nikah, pesta pernikahan dirayakan secara sederhana di rumah. Satrio dan Karin sengaja tidak memasang pelaminan agar pengantin dan tamu bisa berbaur lebih akrab.
"Kita sengaja gak pake pelaminan, jadi tamu langsung makan. Gak ada foto stage, karena kita pikir semua orang udah bawa kamera kan. Gue dan Karin menyambut, ngobrol, ngopi, ngemil, tertawa bareng," lanjut Satrio.
ADVERTISEMENT
Untuk menggelar pernikahan yang sederhana dan akrab ini, Satrio dan Karin mengeluarkan dana sekitar Rp 5,5 juta. Dana ini digunakan untuk membeli mas kawin, seserahan, busana dan makeup, foto dan video ijab kabul dan dana lainnya. Dana ini di luar biaya mahar dan biaya konsumsi yang ditanggung oleh pihak keluarga.
Melihat pesta pernikahan yang sederhana namun tetap menyenangkan ini, banyak netizen yang memuji keberanian Satrio dan Karin. Para netizen pun memuji kebesaran hati kedua orang tua pengantin yang mengizinkan untuk menikah secara sederhana, tanpa harus menggelar pesta di gedung dan 'menghamburkan' banyak uang.
Ladies, bagaimana dengan Anda? Tertarik menggelar pernikahan sederhana tanpa pelaminan dan modal minim?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan