kumparan
11 November 2019 8:17

Daftar Buah dan Sayur yang Bisa Bantu Hilangkan Bekas Jerawat

Buah Stroberi 6
Buah Stroberi Foto: Thinkstock
Tak hanya jerawat, bekas jerawat juga bisa menjadi masalah yang membuat penampilan jadi kurang menarik. Bintik noda hitam pada wajah ini bisa sangat mengganggu jika tidak segera dihilangkan. Membuat para Ladies jadi tidak percaya diri untuk bisa tampil bare face.
ADVERTISEMENT
Jika sudah mencoba berbagai skin care untuk mengatasi noda bekas jerawat namun hasilnya tak kunjung terlihat, mungkin ini sudah saatnya Anda mencoba memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasinya.
Melansir Healthline, ada beberapa buah dan sayur yang bisa membantu Anda menghilangkan bekas jerawat. Mulai dari kale, keluarga berries, hingga pepaya, beragam buah dan sayur berikut ini bisa membantu Anda menghilangkan bekas jerawat secara perlahan jika rajin dikonsumsi. Kira-kira apa saja? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.
Kale
KALE
Manfaat kale untuk perawatan kecantikan. Foto: Shutterstock
Sayuran hijau yang merupakan anggota dari keluarga kubis seperti brokoli, kembang kol, dan sawi ini mengandung berbagai vitamin dan mineral. Tak hanya itu, kale merupakan sayuran yang juga terkenal karena kandungan antioksidan tinggi yang sangat baik digunakan untuk mengatasi hiperpigmentasi dan mencerahkan tone kulit.
ADVERTISEMENT
Kandungan vitamin C dalam kale juga membantu meningkatkan kadar kolagen sehingga dapat mempercepat hilangnya noda bekas jerawat yang menghitam pada kulit. Agar kerjanya maksimal dalam tubuh, coba olah kale menjadi smoothie dan dikonsumsi setiap pagi atau tumis dengan sayuran lain untuk menambah menu makan siang Anda.
Kembang kol
Kembang kol
Kembang kol Foto: Pixabay
Keluarga kol yang satu ini memiliki kandungan amino acid kuat bernama histidine. Meski tidak secara langsung memiliki fungsi menghilangkan bekas jerawat pada wajah, namun kandungan histidine-nya dapat mengurangi efek gelap pada kulit yang disebabkan oleh sinar UV. Sebab sinar UV matahari juga bisa memperburuk dark spot bekas jerawat.
Lemon
Ilustrasi lemon
Ilustrasi lemon. Foto: Pixabay
Jus lemon segar berfungsi sebagai zat alami yang bisa membantu kita mengencangkan kulit kendur dan membuat noda bekas jerawat memudar.
ADVERTISEMENT
Namun, menggunakannya langsung pada kulit tidak dianjurkan sebab tingkat keasamannya dapat merusak lapisan pelindung kulit. Oleh karena itu, untuk memakainya Anda harus mencampurnya dengan bahan lain. Misalnya dijadikan infused water dengan dicampur air atau dijadikan campuran salad, yang penting bulir buahnya jangan dibuang.
Jika Anda tidak memiliki masalah dengan lambung, coba konsumsi air lemon setiap pagi untuk mendapatkan kulit yang glowing, cerah, dan bebas dari bekas jerawat.
Pepaya
Ilustrasi Biji Pepaya
Ilustrasi Pepaya Foto: Shutterstock/Seksun Guntanid
Buah berwarna oranye ini memiliki kandungan alami unik bernama papain. Kandungan tersebut bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati, mengangkat kotoran dari pori-pori, menghidrasi kulit, mencegah timbulnya jerawat, dan tentunya menghilangkan bekas jerawat.
Tak hanya itu, jika rajin dikonsumsi pepaya juga bisa menjaga elastisitas kulit dan membantu mengurangi munculnya garis-garis halus, serta keriput pada wajah.
ADVERTISEMENT
Untuk memanfaatkannya, Ladies bisa menjadikan pepaya segar sebagai masker wajah yang dipakai seminggu dua kali. Atau Anda juga mengonsumsinya secara rutin sebagai snack sehat.
Berries
 Buah Stroberi
Buah Stroberi Foto: Pixabay
Stroberi, blueberry, raspberry, ceri, dan blackberry merupakan buah-buahan yang mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi.
Kandungan vitamin C alaminya bisa memperbaiki kulit rusak akibat jerawat, sedangkan kandungan antioksidannya mampu bekerja keras memudarkan bekas jerawat yang menghitam pada wajah dan bahkan mencegah timbulnya jerawat sejak awal.
Untuk merasakan manfaatnya, Anda bisa menggunakannya sebagai topping oatmeal, dijadikan smoothies tanpa gula, atau dimakan langsung sebagai camilan. Konsumsi keluarga berries setiap hari agar hasilnya bisa maksimal.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan