Woman
·
7 September 2020 10:00

Dari Public Speaking hingga Kuliner, Ini Tips Menggali Passion

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Dari Public Speaking hingga Kuliner, Ini Tips Menggali Passion (39010)
Pada Kelas Inspirasi Sunsilk, ada banyak kelas yang bisa dipilih untuk menggali potensi dirimu selama di rumah aja. Foto: Sunsilk Indonesia
Passion atau potensi diri merupakan kapasitas yang ada di dalam diri yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan hidup. Hal ini menjadi salah satu faktor pendorong untuk semangat menjalani hari, apalagi selama pandemi. Sebab ketika kamu melakukan sesuatu sesuai passion, kamu pasti akan mengerjakannya dengan senang hati.
Meski di rumah aja, kamu tetap bisa menggali potensi dirimu. Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk menemukan passion, misalnya mengenal diri sendiri, membangun rutinitas secara konsisten, dan menikmati prosesnya.
Menariknya, kamu bisa punya lebih dari satu passion. Tapi, kalau masih bingung passion apa saja yang pas untuk dikembangkan, kumparan punya empat passion yang bisa kamu tekuni selama di rumah aja.

1. Public speaking

Dari Public Speaking hingga Kuliner, Ini Tips Menggali Passion (39011)
Melatih kemampuan public speaking dapat membuatmu lebih percaya diri. Foto: Shutterstock
Dalam beberapa momen, kamu mungkin pernah gugup ketika berbicara di hadapan banyak orang. Ya, mengutarakan gagasan memang seringkali memunculkan kekhawatiran tersendiri. Tapi, bukan berarti hal itu tidak bisa diatasi.
Melatih kemampuan public speaking dapat membuatmu lebih percaya diri. Kemampuan ini juga nantinya berguna saat kamu diminta presentasi, memimpin rapat organisasi, atau memberikan pelatihan.
Tips untuk menggali passion di bidang ini tidak sulit, kok! Kamu bisa mulai berlatih di hadapan keluarga dan minta mereka untuk menilainya. Kalau masih malu, kamu bisa berbicara sambil bercermin. Jangan lupa untuk memahami topik bahasan yang akan kamu bicarakan dulu ya!

2. Hair & Beauty

Dari Public Speaking hingga Kuliner, Ini Tips Menggali Passion (39012)
Ilustrasi beauty vlogger. Foto: Shutterstock
Kata siapa saat di rumah tidak boleh berdandan? Justru, saat berdandan meski di rumah aja, kamu bisa tampil cantik sekaligus menggali potensi diri di bidang kecantikan.
Teknologi membuat dunia kecantikan semakin digeluti. Ada banyak beauty dan hair vlogger di Youtube yang bisa kamu simak dan ikuti. Setiap weekend, kamu bisa mempraktikan apa yang kamu pelajari, misalnya mencoba berbagai make up look dan gaya rambut baru. Ketika sudah mahir, kamu bisa membuat channel Youtube sendiri dan menginspirasi banyak orang.

3. Content creator

Dari Public Speaking hingga Kuliner, Ini Tips Menggali Passion (39013)
Saat memutuskan untuk menggali potensi diri dengan menjadi content creator, pastikan kamu mengetahui bidang apa yang kamu suka dan coba berpikir out of the box. Foto: Shutterstock
Enggak bisa disangkal, content creator jadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan di zaman sekarang. Karenanya, banyak orang yang berlomba-lomba untuk menggali potensi di bidang ini.
Saat memutuskan untuk menggali potensi diri dengan menjadi content creator, pastikan kamu mengetahui bidang apa yang kamu suka dan coba berpikir out of the box. Kreativitas dapat memaksimalkan kontenmu untuk menginspirasi dan ditonton orang banyak. Kamu juga perlu melek isu terkini di bidang tersebut agar perbincangan yang dijadikan konten bisa relate sama masyarakat.

4. Culinary

Dari Public Speaking hingga Kuliner, Ini Tips Menggali Passion (39014)
Menggali passion di bidang kuliner tak melulu harus bisa masak. Saat ingin mencoba bidang ini, kamu bisa memulainya dengan menilai suatu makanan yang kamu beli. Foto: Shutterstock
Salah satu fenomena yang populer ketika karantina adalah setiap orang mendadak bisa memasak! Hal ini menunjukkan, kalau memasak ternyata bukan hal yang sulit.
Menggali passion di bidang kuliner tak melulu harus bisa masak. Saat ingin mencoba bidang ini, kamu bisa memulainya dengan menilai suatu makanan yang kamu beli. Yup, istilah kerennya adalah food vlogger/blogger.
Selain bisa kenyang dan terkenal, bukan tidak mungkin kamu bisa dapat penghasilan tambahan bila terus menekuni passion ini. Tapi usahakan untuk selalu menilai secara objektif dan jujur ya!
Melihat pentingnya menemukan passion untuk mendorong semangatmu di tengah pandemi, Sunsilk menghadirkan Kelas Inspirasi Sunslik dan Kelas Inspirasi Sunsilk - Exclusive Coaching untuk para perempuan yang tak terhentikan. Apalagi di situasi seperti sekarang, beberapa perempuan yang terpaksa menggantung mimpinya. Entah karena pemotongan gaji, pemutusan hubungan kerja, dan lain-lain.
Dari Public Speaking hingga Kuliner, Ini Tips Menggali Passion (39015)
Kelas Inspirasi Sunsilk akan terbagi dalam empat tema utama, Public Speaking, Hair & Beauty, Content Creation, dan Culinary. Foto: Sunsilk Indonesia
Pada Kelas Inspirasi Sunsilk, ada banyak kelas yang bisa dipilih untuk menggali potensi dirimu selama di rumah aja. Semua terbagi dalam empat tema utama, Public Speaking, Hair & Beauty, Content Creation, dan Culinary.
Nantinya, akan ada para perempuan tak terhentikan yang membagikan tips dan trik versi mereka: Laudya Cynthia Bella di bidang public speaking, Febby Rastanty di bidang content creation dan hair & beauty, serta Chef Nadya UFS di bidang kuliner. Keempatnya bisa kamu tonton di channel Youtube Sunsilk Indonesia.
Video
Kamu juga bisa mengikuti Kelas Inspirasi Sunsilk - Exclusive Coaching untuk bisa langsung ngobrol bareng mereka. Tak hanya itu, kamu juga punya kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa uang tunai, paket cantik Sunsilk, dan kesempatan magang di kantor media ternama, lho! Karena sifatnya eksklusif, kelas ini hanya dibatasi untuk 200 perempuan saja.
Sunsilk percaya, perempuan muda Indonesia adalah perempuan yang kuat. Lewat Kelas Inspirasi Sunsilk, Sunsilk akan mendukung para perempuan menjadi #TakTerhentikan dan terus bergerak maju. Untuk informasi lengkap mengenai Kelas Inspirasi Sunsilk, kamu bisa klik di sini.
Yuk siapkan diri, asah kemampuan, dan buka kesempatan bareng Sunsilk Indonesia. Kita perempuan, bersama dan tak terhentikan!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Sunsilk Indonesia