kumparan
23 Desember 2019 17:10

Desainer Prancis Emanuel Ungaro Meninggal Dunia

Emanuel Ungaro
Emanuel Ungaro tutup usia Foto: AFP
Desainer asal Prancis Emanuel Ungaro meninggal dunia di usia ke-86 pada Minggu (22/12) waktu setempat karena kondisi kesehatan yang lemah. Semasa hidupnya, Emanuel dikenal sebagai desainer yang memiliki ciri khas warna lembut namun cerah di setiap desain busana ready-to-wear perempuan.
ADVERTISEMENT
Kariernya dimulai dari belajar dengan desainer ternama Cristobal Balenciaga selama tiga tahun. Mengutip Vogue, bagi Emanuel pelajaran yang didapat dari Balenciaga sangat bermakna dan selalu dikenangnya. Dari situ, Emanuel belajar tentang kesempurnaan dan ketelitian terhadap desain busana.
Setelah ia semakin yakin dengan minatnya di dunia fashion, Emanuel mendirikan rumah modenya pada 1965. Lalu pada 1986 ia mendedikasikan koleksi couture Fall dan Winter untuk ‘Monsieur Cristobal Balenciaga’.
Desainer kelahiran Prancis ini dikenal memiliki sikap yang kalem dan berbahasa lembut, berbeda dengan seleranya dalam memilih warna busana. Karya busananya selalu memakai warna cerah dan berani atau bahan print yang bold.
Emanuel Ungaro
Karya busana rumah mode Emanuel Engaro Foto: AFP
“Saya benci pakaian yang membosankan. Saya benci melihat perempuan berpakaian dengan cara yang menyedihkan,” ucapnya pada the Washington Post pada 1977, saat menerima penghargaan Legion of Honor yang prestisius atas kontribusinya pada industri mode.
ADVERTISEMENT
Selama puluhan tahun berkarier, Emanuel memutuskan pensiun di usia 72 tahun pada 2005. Ia pun menjual labelnya pada seorang pengusaha perusahaan teknologi Asim Abdullah, lalu penyanyi Lindsay Lohan diangkat sebagai Direktur Artistik rumah mode Emanuel.
Sayangnya, pada Paris Fashion Week 2009 karyanya dikritik habis oleh banyak pengamat fashion. Sempat mengalami masa redup, rumah mode Emanuel Engaro kembali ‘hidup’ pada 2010 dan karya rumah modenya dikenakan oleh beberapa selebriti di antaranya Katy Perry dan Zendaya.
Selamat jalan Emanuel Ungaro.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan