Dian Sastrowardoyo kumparanWOMAN dan DOVE
7 Desember 2020 18:47

Dian Sastrowardoyo: Definisi Cantik Perempuan Indonesia Itu Sangat Beragam

Dian Sastrowardoyo: Definisi Cantik Perempuan Indonesia Itu Sangat Beragam (141110)
Dian Sastrowardoyo untuk program Konten Spesial kumparanWOMAN dan DOVE. Foto: Ifan Hartanto, Fashion Stylist: Ivan Teguh S., Makeup: Archangela Chelsea, Hairdo: Shabura Sebastian, Busana: UNIQLO Indonesia.
Tak bisa dipungkiri, karakter Cinta dalam film 'Ada Apa dengan Cinta' (AADC) sangat melekat pada Dian Sastrowardoyo. Ia sendiri mengakui sejak memerankan karakter tersebut, banyak orang berpikiran bahwa karakter Dian memang harus seperti Cinta. Memiliki rambut panjang, lurus, hitam dan berpenampilan lugu.
Anggapan tersebut kemudian berubah menjadi stereotip tersendiri bagi Dian. Ketika ia potong rambut, banyak orang mengira Dian berubah. Padahal, di dunia nyata karakter Dian berbeda sekali dengan Cinta.
“Kebanyakan orang berpikir kalau Dian itu ya harus seperti Cinta di film AADC. Rambutnya panjang, lurus, dan hitam, hampir sama dengan stereotip yang selama ini ada di masyarakat. Dari dulu banyak yang bilang kalau perempuan cantik itu rambutnya harus panjang, lurus, hitam, kulitnya putih, dan lain sebagainya. Padahal kan tidak harus seperti itu,” ungkap Dian dalam syuting program konten spesial untuk kumparanWOMAN beberapa waktu lalu.
Dian Sastrowardoyo: Definisi Cantik Perempuan Indonesia Itu Sangat Beragam (141111)
Dian Sastrowardoyo untuk program Konten Spesial kumparanWOMAN dan DOVE. Foto: Ifan Hartanto, Fashion Stylist: Ivan Teguh S., Makeup: Archangela Chelsea, Hairdo: Shabura Sebastian.
Menurut Dian, kecantikan perempuan Indonesia itu sangat beragam. Ada banyak versi cantik di luar sana, masing-masing dari kita memiliki definisi cantik yang berbeda.
“Ada yang merasa cantik karena kulitnya sawo matang, rambutnya keriting, dipotong pendek, diwarnai, atau ada juga yang seperti aku, lebih merasa cantik dan percaya diri kalau rambutku lebih sedikit berantakan karena kelihatan lebih natural,” tuturnya.
Ia menambahkan, sampai sekarang banyak orang masih menganggap ada standar atau stereotip tertentu soal kecantikan perempuan. Tapi kita sebagai perempuan harus punya kebebasan untuk tidak perlu didikte oleh stereotip yang ada di masyarakat.
Dian Sastrowardoyo: Definisi Cantik Perempuan Indonesia Itu Sangat Beragam (141112)
Dian Sastrowardoyo untuk program Konten Spesial kumparanWOMAN dan DOVE. Foto: Ifan Hartanto, Fashion Stylist: Ivan Teguh S., Makeup: Archangela Chelsea, Hairdo: Shabura Sebastian.
“Aku sendiri merasa bisa semakin terbebas dari stereotip karakter Cinta ketika mendapat peran antagonis dan harus memotong rambut jadi sangat pendek. Itu merupakan tantangan buat aku karena dibutuhkan keberanian yang besar saat melakukannya. Tapi itu juga jadi bentuk kebebasan dari persepsi orang atas diriku,” pungkasnya.
Jadi menurut Dian, perempuan harus percaya diri untuk bisa bebas menentukan cantik versi kita sendiri. Terutama lewat pilihan gaya rambut. Sebab menurut Dian, model atau gaya rambut merupakan salah satu cara perempuan untuk mengekspresikan diri.
“Jadi, jangan takut berekspresi terutama lewat gaya rambut. Cari gaya rambut yang paling bikin kamu bahagia, nyaman, percaya diri, dan paling merepresentasikan karakter diri kamu seperti apa. Jangan takut mencoba hanya karena khawatir orang lain tidak suka. Karena rambut aku kata aku,” ungkap Dian.
Dian Sastrowardoyo: Definisi Cantik Perempuan Indonesia Itu Sangat Beragam (141113)
Dian Sastrowardoyo untuk program Konten Spesial kumparanWOMAN dan DOVE. Foto: Ifan Hartanto, Fashion Stylist: Ivan Teguh S., Makeup: Archangela Chelsea, Hairdo: Shabura Sebastian, Busana: UNIQLO Indonesia.
Disclaimer: Artikel ini merupakan kerjasama kumparanWOMAN dengan DOVE untuk kampanye Rambut Aku Kata Aku. Untuk cerita menarik lainnya seputar isu ini, kunjungi topik Ragam Kecantikan Perempuan Indonesia