kumparan
search-gray
Woman30 Juli 2020 7:53

FemaleSupportLocals, Program untuk Dukung Pebisnis Perempuan di Tengah Pandemi

Konten Redaksi kumparan
FemaleSupportLocals, Program untuk Dukung Pebisnis Perempuan di Tengah Pandemi (576128)
Female Support Local. Foto: Female Radio
Ladies, seperti yang sudah diketahui, pandemi COVID-19 ini banyak sekali memberikan dampak pada berbagai aspek kehidupan. Tak hanya pada kesehatan, tetapi juga memiliki dampak yang cukup besar dalam sektor ekonomi.
ADVERTISEMENT
Tak sedikit industri bisnis mengalami banyak kerugian. Sebagian perusahaan terpaksa mengurangi jumlah karyawan hingga gulung tikar karena bisnis tidak berjalan sesuai dengan rencana.
Hal ini tak hanya dialami oleh pelaku bisnis raksasa, tetapi juga pebisnis lokal atau pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Untuk membantu mengalami krisis tersebut, beberapa publik figur sempat mengajak pengguna media sosial untuk membantu bisnis lokal. Misalnya dengan mempromosikan secara gratis usaha-usaha kecil di media sosial, membeli produk-produk lokal, hingga membuat gerakan khusus yang bisa menggerakkan kembali ekonomi di sektor bisnis.
FemaleSupportLocals, Program untuk Dukung Pebisnis Perempuan di Tengah Pandemi (576129)
Ilustrasi pebisnis perempuan memanfaatkan media sosial untuk promosi. Foto: Shutterstock
Selain itu, ada juga program-program khusus yang diadakan oleh berbagi pihak untuk memastikan ekonomi negara tetap bergerak. Salah satunya adalah program #FemaleSupportsLocals. Program ini memberikan kesempatan kepada pengusaha perempuan untuk mempromosikan berbagai bentuk bisnisnya mulai dari bisnis jasa, fashion & beauty, hingga food & beverage secara gratis di channel Female Radio.
ADVERTISEMENT
Program yang sudah berlangsung sejak Mei hingga Agustus ini juga merupakan bentuk komitmen dari Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) yang telah melakukan koordinasi dengan dinas perindustrian daerah untuk melakukan pembinaan Industri Kecil Menengah (IKM) yang terdampak COVID-19.
“Berbagai langkah strategis telah disiapkan agar sektor IKM di dalam negeri bisa menjalankan usahanya dengan baik. Sebab, pelaku IKM merupakan sektor mayoritas dari populasi industri di tanah air,” ungkap Gati Wibawaningsih, Direktur Jenderal IKMA Kemenperin dalam pernyataan pers yang diterima kumparanWOMAN.
Hingga saat ini, sudah terdapat 400 lebih usaha yang mendaftar untuk ikut dalam program ini melalui situs Female Radio. Dari semua yang mendaftar, 60 persen diantaranya didominasi oleh UMKM kategori Food & Beverage.
"Saat ini sudah ada pergeseran pemasaran produk UMKM dari offline ke online. Female Radio ingin menjadi solusi untuk para womanpreneur dalam memasarkan produknya secara efektif melalui media sosial agar terjadi peningkatan penjualan yang signifikan,” tutur Fifi Karamoy, Brand Manager Female Radio.
ADVERTISEMENT
Jadi bagi para womanpreneur yang tertarik mengikuti program ini, Anda bisa mendaftarkan usaha melalui situs resmi Female Radio. Selanjutnya, produk yang sudah didaftarkan akan dikelompokkan sesuai kategori yang sudah ditentukan oleh pihak Female Radio.
Selain itu, Female Radio juga mengajak para pebisnis perempuan untuk mengikuti seminar online atau webinar bertajuk Female Supports Locals yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 1 Agustus mendatang.
FemaleSupportLocals, Program untuk Dukung Pebisnis Perempuan di Tengah Pandemi (576130)
Female Support Local. Foto: Female Radio
Webinar tersebut akan membahas mengenai strategi pemasaran online dengan tema 'Makin Viral, Makin Laku!'. Dalam acara ini, para pebisnis perempuan akan banyak belajar mengenai strategi pemanfaatan media sosial sebagai media promosi yang bisa membuat produk jualan jadi makin laris.
Acara tersebut nantinya akan dihadiri beberapa narasumber yang sudah berpengalaman dalam dunia bisnis. Mereka adalah Yeri Afriani, Founder Calla The Label dan Ramya Prajna, Co Founder sekaligus CEO dari Think Web Digital Agency.
ADVERTISEMENT
Jika tertarik untuk bergabung, Ladies bisa mengunjungi situs Female Radio (www.femaleradio.co.id) untuk mendaftarkan diri.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white