Friendship Decluttering, Ini Manfaatnya Selektif Memilih Teman untuk Perempuan

4 Agustus 2022 22:15
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi gosip, nyinyir, julid. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi gosip, nyinyir, julid. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
Menjalani peran sebagai perempuan dewasa tentunya tak mudah. Kamu membutuhkan teman yang bisa mendukung dan membantumu menjalani hidup ini lebih baik. Namun, tidak semua orang bisa dengan mudahnya kamu jadikan teman dekatmu, lho. Untuk itulah, kamu perlu menerapkan friendship decluttering.
ADVERTISEMENT
Apa sih sebenarnya friendship decluttering? Ini adalah cara agar kamu bisa lebih selektif dalam memilah-milah teman sejatimu. Nyatanya, 'pilih-pilih' teman tidak selalu dianggap buruk, Ladies, khususnya bagi kamu para perempuan dewasa yang mulai dihadapkan dengan banyak masalah dan tantangan dalam hidup.
Jadi, jangan ragu untuk memilih teman yang sejatinya tulus dan mulailah untuk membatasi berteman dengan mereka yang merugikanmu. Yuk, simak lebih lanjut, apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan saat menerapkan friendship decluttering ini.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020

1. Terbebas dari teman yang toksik dan egois

Ilustrasi pertemanan tidak sehat. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pertemanan tidak sehat. Foto: Shutter Stock
Pernahkah kamu merasa temanmu membuat hidupmu jadi tidak damai dan nyaman? Teman yang kerap mementingkan dirinya sendiri dan seringkali membuatmu cemas serta tertekan sudah sepatutnya kamu hindari. Langkah menerapkan friendship decluttering ini dapat membuat kamu terbebas dari teman yang toksik, berbahaya, hingga egois sehingga kamu bisa menjalani hidup sebagai perempuan dewasa yang lebih positif dan tenang.
ADVERTISEMENT

2. Punya banyak waktu berkualitas dengan dirimu sendiri

Dilansir dari Newsdelivers, memperkecil lingkungan pertemanan juga dapat membuatmu jadi lebih fokus dengan kebahagiaanmu sendiri. Kamu pun tidak perlu kehabisan energi untuk mempertahankan teman-teman yang tidak pantas kamu perjuangkan. Seiring usia yang terus bertambah, kamu pun jadi memiliki banyak waktu berkualitas untuk lebih mengenal dirimu sendiri, serta mencintai dirimu dengan utuh.

3. Menjaga mentalmu tetap sehat

Ilustrasi gosip, nyinyir, julid. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi gosip, nyinyir, julid. Foto: Shutter Stock
Seorang perempuan dewasa kerap menjalani multiperan, mulai dari seorang ibu, istri, ibu rumah tangga, hingga perempuan karier. Tak heran, kita akan membutuhkan teman yang bisa mendukung dan memberi semangat, bukan justru menjatuhkan atau meragukan diri kita. Dengan melakukan friendship decluttering, kamu pun bisa mengetahui teman mana yang benar-benar selalu berada di sisimu dan menemanimu di kala senang dan sedih. Teman seperti itulah yang dapat membantumu memiliki perasaan yang positif dan mental yang sehat.
ADVERTISEMENT

4. Membantumu sukses mencapai tujuan dalam hidup

Dalam hidup ini, mungkin kamu akan dipertemukan dengan orang-orang yang iri dengan pencapaianmu. Menurut Newsdelivers, inilah mengapa kamu perlu menerapkan friendship decluttering karena sudah seharusnya kamu dikelilingi dengan teman-teman yang ikut bahagia dengan kesuksesanmu. Mereka inilah teman-teman sejati yang akan mendukungmu untuk terus maju, menghargai potensimu, dan pada akhirnya membantumu meraih apa yang kamu inginkan dalam hidup.