HIRES - Neneng Goenadi

GirlBoss in Tech Top 4 Secrets: Neneng Goenadi Spills the Tea

22 April 2022 14:41
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Saat ini perempuan sudah banyak menduduki posisi atas dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Salah satu leader perempuan yang tak diragukan lagi di industri teknologi adalah Country Managing Director of Grab Indonesia, Neneng Goenadi, yang telah memimpin perusahaan superapp ini sejak 2019. Sebelumnya, ia sudah memupuk lebih dari 25 tahun pengalaman di bidang konsultasi bisnis. Neneng juga aktif dalam berbagai kegiatan organisasi.
Dalam memimpin, Neneng memiliki prinsip kepemimpinan sendiri, yaitu compassionate leadership, atau kepemimpinan yang berdasarkan welas asih. Neneng meyakini dengan menjalankan compassionate leadership, ia bisa menciptakan lingkungan kerja yang produktif namun tetap inklusif.
GirlBoss in Tech Top 4 Secrets: Neneng Goenadi Spills the Tea (11867)
zoom-in-whitePerbesar
GirlBoss in Tech Top 4 Secrets: Neneng Goenadi Spills the Tea. Foto: Panji Indra, Fashion Stylist: Erlangga S. Negoro, Makeup: Linda Kusumadewi, Hairdo: Yuniarti Ningih.
Nah, untuk kamu yang ingin belajar mengenai compassionate leadership, Neneng Goenadi berbagi empat tips untuk menjalankannya. Yuk, simak selengkapnya berikut ini.
1. Menjalin komunikasi dengan empati
GirlBoss in Tech Top 4 Secrets: Neneng Goenadi Spills the Tea (11868)
zoom-in-whitePerbesar
Neneng Goenadi dalam salah satu acara bersama Grab Indonesia. Foto: Dok. Grab Indonesia
Hal pertama yang harus dilakukan menurut Neneng Goenadi adalah berkomunikasi dengan menggunakan empati agar bisa memahami kebutuhan tim dan masyarakat sesungguhnya. Berkomunikasi dengan empati juga bisa memperdalam keeratan dari sekadar kolega profesional menjadi pertemanan.
"Berempati saat mendengarkan dan memahami orang lain sangat penting supaya kita bisa menjalin hubungan yang bermakna secara pribadi dan profesional dengan rekan kerja kita. Use your strength dalam berkomunikasi dengan empati," jelasnya.
2. Bekerja dengan semangat kolaborasi
Untuk bisa menghadirkan perubahan dan inovasi, kita tentu perlu bantuan orang lain, Ladies.
GirlBoss in Tech Top 4 Secrets: Neneng Goenadi Spills the Tea (11869)
zoom-in-whitePerbesar
Neneng Goenadi bersama mitra pengemudi Grab Indonesia. Foto: Dok. Grab Indonesia
"Kita tidak bisa bekerja sendiri, so it's very important to collaborate. Bangkitkan semangat dengan mendukung beragam keterampilan dan kompetensi anggota tim agar kita semua dapat menghadirkan inovasi," paparnya.
3. Peka akan lingkungan sekitar
Sebagai leader, tugas kita tidak hanya memimpin, tapi juga harus bisa menghadirkan solusi yang dibutuhkan lingkungan sekitar.
"Penting bagi leader untuk meluangkan waktu untuk mengamati serta mendengarkan apa yang terjadi di sekitar mereka untuk memahami kebutuhan masyarakat yang sesungguhnya. Kembangkan pengetahuan kita dan jangan pernah berhenti belajar karena itu penting untuk menghadapi situasi-situasi baru. Dari situ, kita bisa lebih mudah dalam mengembangkan solusi yang menjawab berbagai kebutuhan," ungkap Neneng.
GirlBoss in Tech Top 4 Secrets: Neneng Goenadi Spills the Tea (11870)
zoom-in-whitePerbesar
Neneng Goenadi mengunjungi mitra GrabMart. Foto: Dok. Grab Indonesia
4. Menerapkan kesetaraan gender dalam berbagai aspek
Kesetaraan dalam dunia kerja sangat diperlukan, Ladies. Menurut Neneng Goenadi, kesetaraan gender disini artinya sebagai leader kita harus fokus pada kemampuan masing-masing orang di dalam tim, baik itu perempuan maupun laki-laki.
"Sebagai leader, kita harus bisa mendorong kesetaraan dengan berfokus pada bakat dan potensi masing-masing orang, dan bukan gender mereka. Setiap anggota tim, baik itu perempuan maupun laki-laki, memiliki pengalaman dan ide tersendiri yang bermanfaat sebagai masukan untuk mengatasi tantangan apa pun," tutupnya.
-----------
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama kumparanWOMAN dengan Grab Indonesia. Simak kisah menarik lainnya seputar pemimpin perempuan di Grab Indonesia melalui topik #PercayaPerempuan.