Woman
·
25 Agustus 2019 15:03

Hal yang Harus Diperhatikan saat Membeli Produk Kecantikan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hal yang Harus Diperhatikan saat Membeli Produk Kecantikan (125228)
Ilustrasi Skin Care Foto: Shutterstock
Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit adalah hal penting yang diperhatikan setiap orang, khususnya perempuan. Apalagi saat ini banyak sekali produk kecantikan yang dijual bebas di pasaran.
ADVERTISEMENT
Walaupun banyak pilihan produk kecantikan yang dijual bebas, namun kita tetap harus berhati-hati saat memilih produk kecantikan. Jangan sampai tergiur dengan harga murah hingga hasil instan, padahal mengandung bahan yang berbahaya.
Sebelum kita membeli dan menggunakan produk kecantikan, sebaiknya kita harus memahami terlebih dahulu produk-produk tersebut. Dermatologi yang berpraktik di Ermedika, Tangerang, dr. Refla Syarif menjelaskan bahwa produk kecantikan yang beredar bebas biasanya sudah mencantumkan berbagai kegunaan dan manfaatnya.
Hal yang Harus Diperhatikan saat Membeli Produk Kecantikan (125229)
Ilsutrasi kandungan skincare untuk wajah berjerawat Foto: Shutterstock
“Misalnya untuk kulit berminyak, berjerawat, atau whitening, dan anti-aging,” katanya saat dihubungi kumparanWOMAN beberapa waktu lalu.
Oleh karena itu Ladies, sebaiknya kita lebih dahulu mengenal jenis kulit untuk menentukan produk yang aman dan sesuai. Jika mengabaikan ini, bisa jadi selama ini kita telah memilih produk yang tidak tepat. Alih-alih mengatasi permasalah pada kulit wajah misalnya, produk yang keliru akan membuat kondisi muka semakin parah.
ADVERTISEMENT
dr. Refla Syarif memaparkan produk kecantikan OTC (over the counter) atau yang dijual bebas biasanya memiliki kandungan zat aktif dalam dosis rendah. "Makanya bisa dijual bebas," kata dia.
Hal yang Harus Diperhatikan saat Membeli Produk Kecantikan (125230)
Ilustrasi perempuan memakai skin care. Foto: Shutterstock
Tetapi walaupun berdosis rendah, kita tetap harus memperhatikan bahan yang terkandung dalam produk. Mengetahui bahan atau komposisi yang terkandung akan menghindarkan kita dari pemilihan produk yang salah. Pastikan bahwa tidak ada bahan kimia berbahaya, seperti petroleum, merkuri, dan glycol.
Selain itu hal penting yang harus diperhatikan adalah melihat izin dan tanggal kedaluwarsa. Produk yang baik dan aman tentu memiliki izin dari BPOM. Kita bisa melihat kemasan produk atau mengetahui izin produksinya. Selain itu, jangan lupa untuk tetap melihat tanggal kadaluarsa yang tertera pada setiap kemasan produk kecantikan ya Ladies.
ADVERTISEMENT