kumparan
Woman21 Februari 2020 17:11

HeForShe Run 2020, Cara Menyenangkan untuk Rayakan Hari Perempuan Sedunia

Konten Redaksi kumparan
HeforShe Run
HeforShe Run. Foto: Dok. Istimewa
Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day diperingati setiap tahunnya pada tanggal 8 Maret. Pada hari bersejarah ini, seluruh dunia khususnya perempuan, memperingatinya sebagai upaya mencapai keberhasilan perempuan di berbagai bidang. Mulai dari ekonomi, teknologi, bisnis, politik, fashion, beauty, dan sosial.
ADVERTISEMENT
Biasanya momen ini dirayakan lewat berbagai kegiatan. Mulai dari ajang penghargaan, peluncuran produk, konser, kampanye, hingga pawai massal. Di Indonesia sendiri, biasanya International Women’s Day dirayakan dengan Women’s March dan berbagai kegiatan lainnya.
HeforShe Run
HeforShe Run. Foto: Dok. Istimewa
Salah satu kegiatan menarik yang bisa Ladies ikuti adalah HeForShe Run (HFSR) 2020. Acara fun run yang diselenggarakan oleh Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) atau Perkumpulan Perusahaan untuk Pemberdayaan Perempuan ini akan dilaksanakan di The Breeze, Bumi Serpong Damai (BSD) pada 8 Maret 2020 mendatang.
“Selain menjaga kesehatan, olahraga lari sesungguhnya bisa memberikan semangat kesetaraan karena dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa ada batasan gender, usia, keyakinan, atau status sosial ekonomi. Tinggal seberapa kuat motivasi yang dibarengi aksi untuk menjalankannya,” ungkap Maya Juwita, Direktur Eksekutif IBCWE.
ADVERTISEMENT
Kegiatan lari ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesetaraan gender dan menggalang dukungan untuk gerakan HeForShe. Gerakan HeforShe adalah kampanye solidaritas yang diinisiasi oleh PBB dengan tujuan mencapai kesetaraan dengan mendorong perempuan dan laki-laki agar memiliki andil sebagai agen perubahan dan mengambil tindakan terhadap stereotip dan perilaku negatif.
HeforShe Run
HeforShe Run. Foto: Dok. Istimewa
Secara global, HeForShe sudah berjalan sejak Juni 2014 dengan ambassador, aktris sekaligus aktivis perempuan, Emma Watson. Salah satu tokoh besar Indonesia yang menjadi bagian dari HeForShe adalah Presiden Joko Widodo. Jokowi menyatakan bahwa dirinya adalah salah satu champion dari HeForShe saat bertemu dengan gubernur jenderal Selandia Baru, Dame Patsy Reddy pada 2018 lalu.
Maya menjelaskan bahwa Hari Perempuan Sedunia penting dirayakan untuk menegaskan bahwa kesetaraan gender tidak hanya tanggung jawab perempuan, namun seluruh pihak dan aspek.
ADVERTISEMENT
HeforShe Run
HeforShe Run. Foto: Dok. Istimewa
“Mewujudkan kesetaraan gender menjadi tanggung jawab semua. Pada lingkup perusahaan, dibutuhkan kerjasama seluruh pihak, mulai dari top level yang bertugas mengambil keputusan hingga di lingkup pelaksana yang tidak lagi memandang gender sebagai penghalang untuk mengembangkan potensi dan talenta,” lanjut Maya.
Rangkaian acara peringatan Hari Perempuan Sedunia ini juga merupakan hasil kerjasama IBCWE dengan UN Women yang tahun ini mengusung tema 'Saya Generasi Kesetaraan: Menyadari Hak-hak Perempuan' atau 'I am Generation Equality: Realizing Women’s Rights.'
HeforShe Run
HeforShe Run. Foto: Dok. Istimewa
Tak hanya kegiatan lari, acara HeForShe Run 2020 ini juga memiliki beberapa rangkaian kegiatan lainnya yang juga turut mendukung misi kesetaraan gender yang tak kalah menyenangkan.
Bagi Ladies yang tertarik untuk mengikuti kegiatan ini, pendaftaran telah dibuka dengan link pendaftaran online di situs www.heforsherun.id. Yuk, Ladies daftrakan diri Anda segera!
ADVERTISEMENT