kumparan
26 Maret 2020 13:22

Ingin Beli Skin Care di Tengah Pandemi Virus Corona? Perhatikan 5 Hal Ini

Ilustrasi skincare
Ilustrasi skincare. Foto: Shutter Stock
Berbelanja produk kecantikan seperti makeup dan skin care tampaknya menjadi suatu kebutuhan para perempuan yang tak bisa dilewatkan. Namun di tengah pandemi virus Corona yang mewabah di seluruh dunia, termasuk Indonesia, rasanya agak mengkhawatirkan bila kita harus pergi ke luar rumah. Untuk sekadar berbelanja kebutuhan sehari-hari saja mesti sangat hati-hati, apalagi membeli kebutuhan sekunder seperti produk skin care.
ADVERTISEMENT
Selain itu, pemerintah pun mengimbau kita untuk tetap berada di rumah dan melakukan gerakan social distancing alias jaga jarak untuk memutus penyebaran virus Corona. Meski demikian, Anda pun tetap dapat membeli produk kecantikan tanpa harus keluar rumah.
Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini.

1. Hindari pergi ke toko dan mencoba langsung

com-Ilustrasi berbelanja.
Ilustrasi berbelanja. Foto: Shutterstock
Terkadang, ada perempuan yang lebih memilih untuk membeli skin care dan makeup ke gerai resminya di pusat perbelanjaan. Alasannya, mereka bisa memegang dan mencoba langsung produk tersebut sebelum dibeli.
Jika Anda salah satunya, maka ada baiknya hindari untuk pergi ke toko dan mencoba skin care atau makeup secara langsung. Biasanya, produk kecantikan yang dicoba di gerai adalah produk tester yang banyak dipegang dan dicoba-coba oleh orang lain. Bayangkan, ada berapa banyak bakteri di dalam produk tester tersebut yang berpotensi menyebarkan bakteri ke dalam tubuh.
ADVERTISEMENT

2. Beralih ke e-commerce yang menjual skin care

Ilustrasi belanja online
Ilustrasi belanja online Foto: shutterstock
Untuk saat ini, salah satu cara paling aman dalam membeli skin care adalah melalui online. Saat ini ada banyak sekali e-commerce atau situs belanja yang menjual skincare. Anda bisa berbelanja di Sephora Online, Sociolla, C&F Store hingga Beauty Haul untuk membeli aneka produk kecantikan yang diincar. Manfaatkan pula diskon-diskon yang diberikan agar Anda bisa menghemat pengeluaran dalam membeli skin care.

3. Rajin baca review skin care sebelum membeli

Ilustrasi memegang handphone
Ilustrasi memegang handphone Foto: shutterstock
Memang, membeli skin care melalui online terkadang membuat kita ragu apakah produk tersebut sesuai dengan kondisi kulit kita. Untuk itu, tak ada salahnya membaca review atau ulasan terlebih dahulu sebelum membelinya. Anda bisa melihat blog para beauty blogger, menonton review beauty vlogger, atau bertanya dengan teman yang mengerti tentang dunia kecantikan.
ADVERTISEMENT

4. Perhatikan cara menerima paket

Ilustrasi Menerima Paket
Ilustrasi Menerima Paket Foto: Dok. Shutterstock
Bila Anda sudah membeli skin care secara online, ada baiknya perhatikan cara menerima paket. Untuk menghindari interaksi, minta petugas pengiriman paket untuk menaruh paket Anda di depan pintu dan bukalah paket tersebut di luar rumah dengan sarung tangan. Kemudian, segera buang kemasan atau plastik paket dan segera cuci tangan Anda dengan bersih. 
“Metode ini bisa menjadi tindakan pencegahan tambahan untuk meminimalisir risiko penyebaran virus corona,” kata Kavita Patel, M.D, yang bekerja di Brookings Institution, Washington D.C, Amerika Serikat, saat diwawancarai Verizon Media.

5. Perhatikan cara pemakaian dan menyimpan skin care

Ilustrasi skincare
Ilustrasi skincare. Foto: Shutter Stock
Satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah cara pemakaian skin care. Pastikan, tangan Anda dalam keadaan bersih dan sudah cuci tangan sebelum menggunakan skin care. Karena, telapak tangan memiliki peranan penting dalam mengaplikasikan skin care. Seperti menggunakan essence atau serum misalnya, akan lebih maksimal hasilnya jika dipulaskan dengan tangan daripada kapas.
ADVERTISEMENT
Sedangkan untuk penyimpanan skin care, Anda dianjurkan untuk menyimpan dalam keadaan suhu ruangan (23-25 derajat Celcius) agar tekstur skin care tidak berubah. Bila perlu, Anda bisa menyimpan skin care yang cair (seperti toner, essence atau serum) ke dalam kulkas agar masa pakainya lebih tahan lama.
----
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran virus Corona. Yuk, bantu donasi sekarang!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan