kumparan
search-gray
Woman9 Juli 2020 15:44

Ini Anjuran Waktu yang Tepat untuk Mengganti Perlengkapan Dapur Berikut

Konten Redaksi kumparan
Ini Anjuran Waktu yang Tepat untuk Mengganti Perlengkapan Dapur Berikut (447959)
Ilustrasi peralatan dapur Foto: dok.shutterstock
Setiap barang di rumah memiliki masa pakai tersendiri, termasuk pula peralatan dapur. Mungkin secara kasat mata, peralatan dapur tersebut masih terlihat baik-baik saja dan bisa berfungsi dengan baik. Tetapi sebaiknya, jangan menunggu hingga rusak kemudian baru menggantinya.
ADVERTISEMENT
Apalagi bila alat-alat dapur seperti panci atau wajan sudah mulai banyak goresan. Lapisan-lapisan wajan yang mengelupas dikhawatirkan semakin mengelupas dan tercampur dengan makanan saat memasak. Hal ini justru bisa berbahaya bagi kesehatan.
Maka dari itu, ada baiknya ketahui waktu yang tepat untuk mengganti peralatan dapur Anda, mulai dari spons cuci piring hingga kompor memasak. Melansir dari NBC News, berikut ulasan selengkapnya.

1. Spons cuci piring

Ini Anjuran Waktu yang Tepat untuk Mengganti Perlengkapan Dapur Berikut (447960)
Spons Foto: Pixabay
Profesor ahli biologi asal Amerika Serikat, Elizabeth Scott, Ph.D, mengatakan bahwa spons cuci piring idealnya diganti setiap hari. Karena, bakteri akan semakin banyak mengumpul di tempat dan area yang lembap dan basah. Sehingga, bak cuci piring sangat memungkinkan menjadi salah satu penyebab timbulnya bakteri pada spons.
ADVERTISEMENT
"Bila tak memungkinkan untuk mengganti setiap hari, Anda bisa menggantinya setiap minggu atau dua minggu sekali. Namun pastikan bak cucian piring tetap kering dan hanya digunakan untuk mencuci piring saja," jelas Elizabeth.
Selain itu, pastikan juga untuk membersihkan rak cucian piring setiap hari agar bakteri tidak menjalar ke peralatan makan yang sudah dibersihkan.

2. Talenan

Ini Anjuran Waktu yang Tepat untuk Mengganti Perlengkapan Dapur Berikut (447961)
Ilustrasi talenan. Foto: Thinkstock
Talenan biasanya dipakai untuk memotong sayuran, bumbu dapur hingga daging. Tak dapat dipungkiri, hal ini pun akan membuat bakteri mudah berpindah-pindah karena menggunakan talenan yang sama.
Maka dari itu, talenan sebaiknya langsung dibersihkan dengan air hangat dan sabun untuk menghilangkan bakteri. Anda pun bisa mensterilkan talenan dengan menggunakan 1 sdm cairan disinfektan yang dilarutkan ke dalam 10 liter air.
ADVERTISEMENT
Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mengganti talenan? Sebenarnya tak ada patokan waktu pasti, talenan bisa langsung diganti ketika sudah terlihat kotor dan lusuh serta banyak kotoran-kotoran yang sulit dibersihkan.

3. Rak penyimpanan bumbu-bumbu dapur

Ini Anjuran Waktu yang Tepat untuk Mengganti Perlengkapan Dapur Berikut (447962)
Ilustrasi menyusun bumbu dapur agar terlihat menarik Foto: Shutterstock
Menyimpan berbagai macam bumbu dapur dalam satu rak membuat rak bisa menjadi kotor akibat serpihan bubuk yang jatuh berserakan. Beberapa bumbu dapur seperti kunyit bubuk, black pepper, jahe bubuk hingga bubuk kayu manis pun berpotensi kedaluwarsa jika tidak disimpan dengan baik.
Maka dari itu, sebaiknya selalu bersihkan rak setiap seminggu sekali dan ganti setiap 8 bulan hingga dua tahun sekali bila rak penyimpanan tersebut mulai terlihat lusuh dan tak layak dipakai.

4. Panci dan penggorengan

Ini Anjuran Waktu yang Tepat untuk Mengganti Perlengkapan Dapur Berikut (447963)
Ilustrasi peralatan dapur dari keramik Foto: dok.shutterstock
Mengutip dari TheKitchn, panci dan penggorengan anti lengket yang terbuat dari bahan keramik bisa diganti setiap lima tahun sekali. Begitu pula untuk penggorengan yang terbuat dari stainless steel, sebaiknya diganti setiap tiga hingga lima tahun sekali. Sedangkan penggorengan yang cenderung lengket dan membuat makanan menempel sebaiknya diganti ketika sudah terlihat kotor dan warna pada bagian dasarnya berubah.
ADVERTISEMENT

5. Kompor dan kulkas

Ini Anjuran Waktu yang Tepat untuk Mengganti Perlengkapan Dapur Berikut (447964)
Ilustrasi membersihkan kulkas Foto: Shutter Stock
Menurut Roger Beahm, Professor of Practice in Marketing di Wake Forest University School of Business, Amerika Serikat, peralatan dapur seperti kompor dan kulkas bisa diganti ketika mulai bermasalah terus-terusan meski sudah diperbaiki. Tak ada patokan pasti dalam menggantinya, masing-masing tergantung kepada pemakaian.
"Usahakan untuk mencari barang yang memang dikenal memiliki masa pakai untuk waktu yang lama. Rata-rata, masa pakai dari peralatan elektronik rumah tangga adalah 10 hingga 15 tahun. Bila Anda mengalami kendala dalam penggunaannya, cobalah untuk diperbaiki dulu sebelum memutuskan untuk menggantinya," demikian tutur Roger Beahm.
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white