Woman11 September 2020 20:23

Ini yang Akan Terjadi Jika Anda Sering Tak Pakai Bra dalam Waktu yang Lama

Konten Redaksi kumparan
Ini yang Akan Terjadi Jika Anda Sering Tak Pakai Bra dalam Waktu yang Lama (830810)
Ilustrasi Tak Memakai Bra Foto: Shutterstock
Selama bekerja atau berkegiatan di rumah karena pandemi COVID-19, sebagian perempuan mungkin memilih untuk tidak menggunakan bra. Selain lebih praktis, beberapa perempuan mengaku tak mengenakan bra selama di rumah karena alasan kenyamanan.
ADVERTISEMENT
Meskipun melepaskan bra mungkin menawarkan kenyamanan sementara, namun ada baiknya Anda memikirkan mengenai potensi risiko atau efek jangka panjang dari tidak memakai bra. Sebab, menurut beberapa ahli dan pakar, ada beberapa efek samping jika Anda tidak mengenakan bra dalam jangka waktu yang cukup lama.
Lalu, apa yang akan terjadi pada payudara jika Anda tak memakai bra dalam waktu yang cukup lama?

Potensi risiko jangka panjang jika tak memakai bra

Ini yang Akan Terjadi Jika Anda Sering Tak Pakai Bra dalam Waktu yang Lama (830811)
Ilustrasi melepas bra. Foto: Shutterstock
Menurut Waras Ahmad, MD, seorang dokter pengobatan keluarga asal Amerika Serikat, ternyata tidak memakai bra (dalam waktu yang lama) bisa mengakibatkan berkurangnya dukungan di area payudara.
“Ada ligamen yang disebut ligamen Cooper yang menempel di sekitar jaringan payudara. Ini menyebabkan payudara jadi banyak bergerak dan juga memantul. Jadi menurut saya, payudara akan kendur jika bra tidak dipakai dalam waktu yang lama lama,” kata Dr. Ahmad kepada Real Simple.
ADVERTISEMENT

Manfaat yang diperoleh jika tak memakai bra

Ini yang Akan Terjadi Jika Anda Sering Tak Pakai Bra dalam Waktu yang Lama (830812)
Ilustrasi Bra Foto: Shutterstock
Tak hanya memberikan efek samping, ternyata tak memakai bra juga memiliki beberapa manfaat positif bagi tubuh. Hal ini bahkan dibuktikan lewat sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jean-Denis Rouillon, pakar ilmu olahraga dari University of Besancon Prancis, selama 15 tahun.
Dalam penelitian tersebut, Rouillon menyebut bahwa tidak memakai bra dalam waktu yang lama bisa meningkatkan sirkulasi tubuh. Manfaat yang disebutkan Rouillon itu nampaknya masuk akal, sebab beberapa perempuan kerap merasa lebih nyaman bergerak ketika tak memakai bra, karena tak ada tekanan yang ditimbulkan oleh karet bra.
Nah Ladies, dengan melihat potensi risiko dan manfaat dari tak memakai bra, Anda mungkin bisa lebih mempertimbangkan keputusan yang paling bijak mengenai berapa lama Anda akan memakai atau tidak mengenakan bra. Yang paling penting, jika Anda tetap ingin memakai bra, pastikan bahwa ukurannya pas di tubuh Anda. Selain itu, Dr. Ahmad juga tidak menyarankan Anda untuk memakainya sepanjang hari.
ADVERTISEMENT
“Memakai bra sepanjang hari (24 jam) juga tidak baik untuk kesehatan. Ini bisa menyebabkan peningkatan keringat, penyumbatan pori-pori, dan menyebabkan iritasi serta gatal-gatal di area payudara,” tutup Dr. Ahmad.
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white