Jangan Menyimpan Produk Makeup Terlalu Lama, Ini Dampak Buruknya

17 September 2021 19:53
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Dampak buruk menyimpan produk makeup terlalu lama. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Dampak buruk menyimpan produk makeup terlalu lama. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
Ladies, apakah kamu suka mengoleksi berbagai produk makeup di rumah? Jika ya, hal ini tentu menyenangkan. Kamu bisa mengeksplorasi bermacam produk makeup untuk menghasilkan kreasi tampilan yang berbeda setiap harinya.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, saat mengoleksi terlalu banyak produk makeup, kamu cenderung menyimpannya terlalu lama. Lipstik yang kamu beli awal tahun lalu mungkin masih ada di meja rias kamu. Lalu, maskara kamu dari pertengahan tahun lalu juga mungkin masih tersisa banyak.
Kamu mungkin tidak rela membuang produk-produk tersebut. Namun, sama seperti obat-obatan, produk makeup juga sebenarnya memiliki tanggal kedaluwarsanya sendiri.
Bila kamu memakai kembali produk makeup yang telah lama tersimpan, ada dampak buruk yang bisa terjadi pada kulit kamu, Ladies. Berikut ini beberapa dampaknya seperti kumparanWOMAN rangkum dari Health.com.

Maskara

Maskara memiliki rentang waktu pemakaian antara empat hingga enam bulan. Jadi, kamu perlu segera menggantinya dalam rentang waktu tersebut atau saat maskara sudah mengeluarkan bau tidak sedap seperti plastik terbakar dan menggumpal. Demikian menurut Jeannette Graf, MD, seorang dokter kulit di New York, Amerika Serikat (AS).
ADVERTISEMENT
Jangan memaksakan diri untuk memakai maskara yang sudah tersimpan lama karena berisiko menyebabkan infeksi. Kamu juga berpotensi mengalami bintitan.

Eyeliner

Eyeliner memiliki rentang waktu pemakaian satu tahun. Kamu juga perlu segera menggantinya bila eyeliner mulai mengeluarkan zat berminyak atau membentuk lapisan putih. Untuk eyeliner cair, ketahanan pemakaiannya tidak lebih dari enam bulan. Kamu perlu membuangnya bila sudah mengental atau berbau tidak sedap.
Ujung aplikator eyeliner juga selalu bersentuhan dengan mata kamu sehingga bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri.

Foundation

Foundation memiliki rentang waktu pemakaian satu tahun bila disimpan di tempat yang tidak terpapar sinar matahari. Jika tekstur foundation mulai mengental dan beraroma tidak sedap seperti karet, ini saatnya kamu membuangnya.
ADVERTISEMENT
Foundation yang terlalu lama disimpan bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri dan berpotensi menyebabkan infeksi serius.

Lipstik

Lipstik memiliki rentang waktu pemakaian hingga delapan bulan. Namun, jika lipstik kamu sudah berubah menjadi lengket dan berbau seperti karet, kamu tidak disarankan untuk memakainya lagi. Memakai lipstik yang sudah terlalu lama disimpan bisa menyebabkan infeksi, apalagi bila bersentuhan dengan sariawan di bibir kamu.