Woman
·
19 Juli 2021 16:36
·
waktu baca 3 menit

Kehilangan Orang Terkasih di Masa Pandemi? Ini 5 Tips agar Kuat Menghadapinya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kehilangan Orang Terkasih di Masa Pandemi? Ini 5 Tips agar Kuat Menghadapinya (56156)
searchPerbesar
Kehilangan Orang Terkasih? Ini 5 Tips Agar Kamu Bisa Lebih Tenang. Foto: Shutterstock
Ditinggal orang yang terkasih untuk selamanya adalah salah satu cobaan terberat dalam hidup. Apalagi kalau kita kehilangan mereka di masa pandemi seperti sekarang ini, situasi dan kondisi membuat kita sulit untuk menenangkan dan menghibur diri. Sehingga tak heran kalau rasa duka jadi lebih sulit untuk dihadapi.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, kita tak bisa berlarut-larut dalam kesedihan. Kalau kamu menjadi salah satu orang yang sedang terkena musibah dan kehilangan sosok yang dicintai, berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menenangkan diri. Mengutip berbagai sumber, simak cara lengkapnya di bawah ini.

1. Menyadari dan merasakan kehilangan

Kehilangan Orang Terkasih di Masa Pandemi? Ini 5 Tips agar Kuat Menghadapinya (56157)
searchPerbesar
Ilustrasi sedang berduka. Foto: Shutter Stock
Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyadari dan merasakan kesedihan. Langkah ini diperlukan agar kamu tidak denial terhadap keadaan. Sadari bahwa orang terkasih telah tiada dan tidak masalah kalau kamu ingin menangis. Luapkan emosi yang dirasakan tanpa ragu. Jangan heran juga kalau kamu tidak merasakan apa pun atau justru merasa lega karena mereka sudah tidak lagi merasakan sakit. Berduka membuat berbagai macam emosi bermunculan dan setiap orang punya cara yang berbeda dalam mengekspresikannya. Perasaan kamu dan saudara tidak harus sama, yang penting saling memahami satu sama lain bahwa kalian telah kehilangan sosok yang berarti dalam hidup.
ADVERTISEMENT

2. Mengambil waktu sebanyak-banyaknya untuk berduka dan menenangkan diri

Kehilangan Orang Terkasih di Masa Pandemi? Ini 5 Tips agar Kuat Menghadapinya (56158)
searchPerbesar
Sebaiknya kamu mengambil cuti untuk menenangkan diri. Foto: Freepik
Satu atau dua hari tidaklah cukup untuk menenangkan diri setelah kehilangan orang tercinta. Oleh karena itu, usahakan kamu mengambil waktu sebanyak mungkin untuk berduka dan menenangkan diri. Jika diperlukan, ambil cuti tahunan kerja dan beri pengertian pada perusahaan dan atasan. Katakan bahwa kamu mampu bekerja, namun hasilnya pasti tidak akan maksimal karena kamu tidak bisa 100 persen fokus. Jadi sebaiknya kamu fokus menenangkan diri bersama orang terdekat sambil menata kembali kehidupan pasca orang terkasih pergi selamanya.

3. Mengenang momen terbaik dari orang terkasih

Kehilangan Orang Terkasih di Masa Pandemi? Ini 5 Tips agar Kuat Menghadapinya (56159)
searchPerbesar
Mengenang momen bahagia tentang kerabat yang telah meninggal bersama orang terdekat. Foto: Shutterstock
Detik-detik terakhir saat orang yang kita cintai pergi untuk selamanya memang tak akan pernah bisa dilupakan. Begitu juga dengan memori bahagia tentang mereka. Jadi saat menenangkan diri, pastikan kamu juga mengenang kebaikan mereka dan kebahagiaan yang kamu rasakan selama bersama mereka.
ADVERTISEMENT
Meski cara ini bisa membuat kita semakin sedih karena sudah tidak dapat diulang kembali, namun di masa-masa berduka, lebih baik mengingat momen bahagia daripada terus menerus memikirkan kepergian mereka. Agar tidak sendiri, ajak orang terdekat untuk mengenangnya bersama kamu. Kadang hal tersebut bisa sedikit menceriakan suasana.

4. Tetap aktif dan mencoba hal baru

Kehilangan Orang Terkasih di Masa Pandemi? Ini 5 Tips agar Kuat Menghadapinya (56160)
searchPerbesar
Berusaha menyibukkan diri dan mencoba hal baru. Foto: Shutter Stock
Bagi sebagian orang, melakukan berbagai macam kegiatan bisa membantu mereka untuk bertahan mengatasi rasa duka. Kalau kamu tipe yang seperti itu, maka usahakan untuk tetap aktif melakukan berbagai kegiatan. Kalau belum siap melakukan yang terlalu berat, kamu bisa memulai dari yang mudah. Misalnya memasak, berolahraga, membersihkan rumah, atau melakukan hal menyenangkan lainnya. Tak ada salahnya juga untuk mulai mencoba hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya atau yang sudah pernah kamu bahas dengan si dia saat masih hidup.
ADVERTISEMENT

5. Merawat diri

Kehilangan Orang Terkasih di Masa Pandemi? Ini 5 Tips agar Kuat Menghadapinya (56161)
searchPerbesar
Merawat diri dengan makan sehat hingga olahraga. Foto: Shutterstock
Cara paling mudah lainnya untuk membantu menenangkan diri adalah dengan tetap memperhatikan diri sendiri. Kadang saat sudah tenggelam dalam kesedihan, seringnya kita lupa untuk merawat diri dengan baik. Sehingga tak hanya lelah secara fisik, namun kesehatan mental pun turut menurun. Supaya tetap kuat menjalani hari, jangan lupa untuk merawat diri. Makan secara teratur, banyak minum air putih, olahraga, dan kalau sempat, saat malam sebelum tidur katakan pada diri sendiri bahwa kamu baik-baik saja, dia sudah tenang di sana, semua akan baik-baik saja.