Woman
·
29 November 2020 11:33

Kenali 5 Masalah Menstruasi yang Tak Boleh Diabaikan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kenali 5 Masalah Menstruasi yang Tak Boleh Diabaikan (27267)
com-Ilustrasi wanita sedang menstruasi Foto: shutterstock
Masalah menstruasi yang hadir di setiap perempuan, berbeda-beda. Ada yang mengalami perubahan mood drastis, ada pula yang tidak merasakannya. Bahkan, sebagian perempuan dapat merasakan nyeri di perut yang sangat hebat, sebagian lagi tidak. Itu semua hal yang wajar dirasakan setiap perempuan ketika sedang menstruasi.
ADVERTISEMENT
Selama permasalahan yang terjadi saat menstruasi tidak berlebihan, maka itu semua tidak perlu untuk dikhawatirkan. Tetapi bila terjadi perubahan masalah yang drastis dan timbul gejala-gejala yang tidak normal, Ladies perlu untuk waspada. Bisa saja gejala-gejala tersebut membawa pengaruh buruk untuk kesehatan tubuh.
Nah, untuk mewaspadai permasalahan menstruasi yang Ladies hadapi. Kenali terlebih dahulu masalah apa saja yang tidak boleh untuk diabaikan, berikut ulasannya:

1. Menstruasi tidak teratur

Kenali 5 Masalah Menstruasi yang Tak Boleh Diabaikan (27268)
Ilustrasi Perempuan Menstruasi Foto: Shutterstock/Dean Drobot
Menstruasi yang tidak teratur didasari oleh dua hormon, pertama karena kesuburan dan siklus haid, kedua karena hormon progesteron yang membantu mengatur sistem reproduksi dalam mempersiapkan terjadinya kehamilan.
Selain itu, stres atau depresi yang berlebih dapat juga menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur. Adapun untuk perempuan yang masih berusia 20 tahun ke bawah, siklus haid tidak teratur biasanya disebabkan karena kurang matangnya hormon. Artinya, ketika semakin dewasa usia perempuan, maka menstruasi akan semakin teratur.
ADVERTISEMENT
Namun, bila Anda mengalami jadwal menstruasi tidak teratur selama berulang-ulang kali, baiknya untuk memeriksa kondisi tersebut pada dokter.

2. Mengeluarkan darah lebih banyak

Kenali 5 Masalah Menstruasi yang Tak Boleh Diabaikan (27269)
Ilustrasi darah menstruasi. Foto: Shutterstock
Mengutip Healthline, secara normal perempuan akan mengalami pendarahan menstruasi sebanyak 30-40 ml. Namun bila kamu merasa perlu mengganti pembalut hampir setiap jam tiap harinya, maka hal itu perlu untuk diwaspadai.
Sebab, bila terlalu kehilangan banyak darah maka dapat menurunkan kadar zat besi. Zat besi sendiri diperlukan untuk memproduksi hemoglobin (sel darah merah) di dalam tubuh. Artinya, jika kamu kekurangan zat besi di dalam tubuh, maka hemoglobin akan berkurang. Dan, hal itu dapat menyebabkan anemia.

3. Periode menstruasi yang terlalu lama

Kenali 5 Masalah Menstruasi yang Tak Boleh Diabaikan (27270)
Ilustrasi menstruasi Foto: Shutterstock
Normalnya, menstruasi berlangsung selama 5-7 hari. Bila kamu merasa menstruasi yang dialami berlangsung terlalu lama, penting untukmu memeriksakan ke dokter. Bisa saja periode menstruasi yang lama disebabkan karena ketidakseimbangan hormon, fibroid, dan polip.
ADVERTISEMENT

4. Nyeri perut yang berlebihan

Kenali 5 Masalah Menstruasi yang Tak Boleh Diabaikan (27271)
Ilustrasi perempuan sakit ketika menstruasi Foto: Shutterstock
Merasakan nyeri atau kram pada perut adalah hal wajar terjadi ketika sedang menstruasi. Hal itu disebabkan karena kontraksi rahim yang mendorong keluar lapisan rahim. Saat pramenstruasi, rasa nyeri di perut akan dialami selama 2-4 hari lamanya.
Perlu diketahui, nyeri berlebih saat menstruasi dapat disebabkan karena adanya penyakit tertentu, seperti fibroid dan endometriosis. Bagi Ladies yang terlalu sering merasakan nyeri yang berlebihan ketika menstruasi, disarankan untuk memeriksakan ke dokter.

5. Nyeri pada payudara

Kenali 5 Masalah Menstruasi yang Tak Boleh Diabaikan (27272)
Ilustrasi perempuan periksa payudara Foto: Shutterstock
Selain nyeri di daerah perut, nyeri pada payudara juga penting untuk Ladies waspadai. Sebagian perempuan mungkin akan merasa payudara yang tidak nyaman ketika menstruasi. Hal itu karena adanya kadar hormon yang berfluktuasi.
Biasanya nyeri akan dirasakan di daerah ketiak, di mana ada jaringan payudara yang disebut sebagai Tail of Spence. Nah, bila nyeri pada payudara yang kamu rasakan begitu menyakitkan, periksalah kondisi tersebut kepada dokter.
ADVERTISEMENT
Penulis : Johanna Aprillia
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)