Woman
·
15 Oktober 2020 14:36

Ketahui Waktu Tepat untuk Berjalan Kaki yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ketahui Waktu Tepat untuk Berjalan Kaki yang Ampuh Turunkan Berat Badan (8770)
Ilustrasi perempuan jalan kaki. Foto: Shutterstock
Berjalan kaki merupakan salah satu olahraga sederhana yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, salah satunya menurunkan berat badan. Manfaat ini mungkin sangat berguna bagi Anda yang sedang menjalani program diet.
ADVERTISEMENT
Meskipun berjalan kaki bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, namun sebuah studi menunjukkan bahwa berjalan kaki setelah makan bisa memberikan manfaat tambahan, yaitu penurunan berat badan.
Melansir Eat This, sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Diabetologia (2016), menunjukkan bahwa berjalan kaki selama 10 menit setelah makan ternyata bisa membantu menurunkan kadar gula di dalam darah. Studi menambahkan, bahwa hal ini cukup efektif daripada berjalan kaki selama 30 menit secara rutin setiap hari.
Lalu, mengapa jalan kaki bisa membantu menurunkan kadar gula darah?
Berjalan kaki merupakan latihan intensitas sedang. Saat detak jantung meningkat selama aktivitas ini, otot akan memilih karbohidrat atau gula sebagai sumber energi utama. Nah, ketika Anda mengonsumsi makanan-makanan karbohidrat, maka gula darah Anda secara alami akan mulai naik. Saat itulah, insulin bertugas membantu mengeluarkan gula itu dari darah dan mengirimkannya ke berbagai jaringan tubuh.
Ketahui Waktu Tepat untuk Berjalan Kaki yang Ampuh Turunkan Berat Badan (8771)
Ilustrasi Perempuan Jalan Kaki Foto: Shutterstock/siam.pukkato
Sementara, jalan kaki sendiri bisa membantu meningkatkan jumlah gula yang dibutuhkan otot dan membantu memanfaatkan kelebihan gula yang mungkin ada dalam aliran darah setelah makan.
ADVERTISEMENT
Karena itulah, para peneliti percaya bahwa olahraga (salah satunya berjalan kaki) setelah makan bisa memberikan dua manfaat utama untuk manajemen berat badan; seperti meningkatkan pembakaran kalori dan membantu mengelola kadar gula darah.
Namun yang perlu dicatat, studi ini difokuskan pada mereka yang menderita pra-diabetes dan diabetes tipe 2. Meski begitu, bagi Ladies yang tak memiliki kondisi kesehatan apa pun dan hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan atau mencegah komplikasi kesehatan di masa mendatang, berjalan kaki bisa menjadi pilihan olahraga yang dilakukan setiap hari.
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)