Untitled Image

Kisah Inspiratif Risa Maharani, Lulusan SMK yang Gelar Fashion Show di Paris

26 Oktober 2021 15:43
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Bagi para pecinta fashion, nama Risa Maharani mungkin sudah tidak asing di telinga. Risa Maharani merupakan desainer muda pemilik brand fashion Risa Maharani Basic. Label busana miliknya dikenal dengan koleksi berwarna bold, seperti neon, oranye, kuning, dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT
Menariknya, cerita sukses Risa sebagai desainer berawal dari passion yang ia gali dari pendidikan tata busana di SMK NU Banat Kudus, Jawa Tengah. Pengalaman belajarnya di SMK juga membuat Risa meraih banyak prestasi. Ia berkesempatan untuk melakukan fashion show di Hong Kong mewakili sekolahnya. Saat itu Risa masih berusia 16 tahun lho Teman kumparan.
Kisah Inspiratif Risa Maharani, Lulusan SMK yang Gelar Fashion Show di Paris (272138)
zoom-in-whitePerbesar
Risa Maharani dalam acara Festival UMKM kumparan 2021. Foto: dok. YouTube kumparan
“Saat masuk SMK, semua ekspektasi aku mengenai sekolah ini berubah. Di SMK aku mendapatkan pengalaman yang benar-benar luar biasa. Pertama aku mewakili SMK untuk melakukan fashion show di Hong Kong dan saat itu aku masih berusia 16 tahun,” ungkap Risa Maharani dalam sesi Talkshow ‘Cerita Lulusan SMK Unjuk Gigi di Bisnis Fesyen’ di Festival UMKM kumparan 2021, Selasa (26/10)
ADVERTISEMENT
Tak berhenti di situ, pada 2018 ia kembali berangkat ke Hong Kong setelah memenangkan kompetisi dengan hadiah pameran hasil karya dari brand sendiri. Risa memamerkan karyanya di Centre Stage-Asia’s Fashion Spotlight 2018. Pengalaman tersebut juga membuka pintu-pintu lain bagi Risa. Setelah pulang dari Hong Kong, ia mendapat tawaran berkolaborasi dengan satu brand fashion Muslim terbesar di Indonesia selama satu tahun.
Sudah mengantongi berbagai pengalaman di industri mode, Risa pun berkeinginan untuk mengembangkan brand fashion miliknya sendiri yang dulu pernah dipamerkan di Hong Kong. Namun pada saat yang bersamaan, ia mendapat tawaran melakukan pagelaran busana di ajang La Mode Sur La Seine à Paris, di Paris, pada September 2019 lalu.
Paris sendiri merupakan kota mode yang menjadi impian bagi setiap desainer. Jadi kesempatan ini adalah salah satu pencapaian Risa sebagai lulusan tata busana dan desainer muda.
ADVERTISEMENT
“Aku mendapat tawaran bersama desainer Indonesia lainnya untuk melakukan show di Paris. Aku merasa benar-benar bersyukur dan setelahnya jadi makin semangat karena ada banyak kesempatan yang datang. Ini semua berkat pengalaman sekolah di SMK,” lanjutnya.
Saat di Paris, ia membawa brand RISA yang menghadirkan rangkaian busana craftsmanship bertema Maros. Koleksi ini terinspirasi dari istilah 'Historia de Color' atau yang berarti sejarah warna. Di Indonesia sendiri, warna baru pertama kali ditemukan di Maros, Sulawesi Selatan. Ini menjadi alasan mengapa Risa mengusung tema Maros untuk dibawa ke Paris.