kumparan
search-gray
Woman26 Juli 2020 13:50

Ladies, Ini Waktu yang Tepat untuk Mengganti Peralatan Dapur di Rumah

Konten Redaksi kumparan
Ladies, Ini Waktu yang Tepat untuk Mengganti Peralatan Dapur di Rumah (623738)
Ladies, Ini Waktu yang Tepat untuk Mengganti Peralatan Dapur di Rumah. Foto: Shutter Stock
Membersihkan dapur bisa jadi kegiatan yang sangat melelahkan. Apalagi jika melihat sudah banyak kerak yang disebabkan oleh kegiatan masak selama ini. Aroma yang tidak sedap hingga bentuknya yang aneh kadang membuat kita semakin malas membersihkan peralatan dapur.
ADVERTISEMENT
Namun kebersihan dapur menjadi hal yang paling penting. Jadi kita tak boleh mengabaikan hal yang satu ini. Terutama soal kebersihan perlengkapan memasak yang selama ini kita pakai. Jangan sampai higienitas dan kondisinya yang sudah buruk membahayakan kesehatan kita sendiri.
Melansir NBC News, ada beberapa peralatan dapur yang punya kurun waktu khusus untuk dibersihkan. Bahkan peralatan seperti spons cuci piring, tempat bumbu, hingga panci dan kompor harus dibuang atau diganti karena kondisinya yang sudah kotor dan terlalu banyak dipakai.
Untuk mengetahui kapan tepatnya kamu harus membersihkan dan mengganti peralatan dapur, berikut kumparanWOMAN telah merangkumnya. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Spons cuci piring dan serbet

Ladies, Ini Waktu yang Tepat untuk Mengganti Peralatan Dapur di Rumah (623739)
Spons untuk mencuci piring harus dibersihkan setiap hari dan diganti minimal seminggu sekali. Foto: Shutter Stock
Spons cuci piring dan serbet menjadi beberapa benda paling kotor di dapur. Sebab bahannya yang mudah menyerap air serta biasa digunakan untuk membersihkan atau mengelap kotoran membuat spons dan serbet menjadi sarang kuman dan bakteri.
ADVERTISEMENT
Menurut profesor biologi Elizabeth Scott, Ph.D, co-direktur Simmons Center for Hygiene and Health in Home and Community, cara paling ideal untuk menjaga kebersihan kedua benda tersebut adalah dengan mencucinya setiap hari.
Pastikan setelah digunakan kamu mencuci spons dan serbet dengan air panas dan sabun. Kemudian Elizabeth Scott menyarankan agar keduanya diganti dengan yang baru setiap seminggu atau dua minggu sekali.

Wadah atau toples bumbu dapur

Ladies, Ini Waktu yang Tepat untuk Mengganti Peralatan Dapur di Rumah (623740)
Ilustrasi toples bumbu dapur. Foto: Shutterstock
Para ahli kuliner pada situs Serious Eats mengatakan bahwa berbagai jenis bumbu dapur alami yang dihaluskan akan tahan sekitar delapan bulan. Sedangkan bumbu alami yang tidak diolah seperti pala dan merica akan tahan sampai satu hingga dua tahun. Jika kamu menyimpan bumbu tersebut di dalam wadah atau toples, Ladies bisa membersihkannya paling tidak delapan bulan sekali. Atau jika ragu, bisa dicuci sebulan sekali dengan memindahkan bumbu ke wadah lain.
ADVERTISEMENT
Beda lagi dengan bumbu-bumbu yang digiling seperti kunyit bubuk, lada hitam, jahe bubuk, penyedap rasa kemasan, hingga daun-daunan seperti sereh, daun salam, dan daun jeruk tak bisa bertahan lama. Untuk itu, Ladies harus mengecek secara berkala kondisi bumbu-bumbu yang tak tahan lama. Pastikan wadahnya tidak terkena air agar bumbu tidak mudah rusak.
Saat mencuci, pastikan kamu merendamnya dulu dengan air hangat sebelum dicuci dengan sabun. Setelah itu keringkan dengan baik agar air yang tersisa tak merusak segala jenis bumbu.

Kompor gas

Ladies, Ini Waktu yang Tepat untuk Mengganti Peralatan Dapur di Rumah (623741)
Sikat Tungku Kompor Foto: The Kitchn
Sebenarnya untuk kompor gas, Ladies bisa membersihkannya setiap selesai masak. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kerak membandel yang menempel pada kompor. Kamu bisa membersihkannya dengan air sabun dan spons jika keraknya tidak sulit dihilangkan. Tetapi jika kerak sudah menebal dan sulit dibersihkan, kamu bisa mengandalkan baking soda. Caranya cukup mudah, pastikan semua tungku kompor sudah diangkat. Kemudian rendam tungku dengan air hangat selama 10 menit.
ADVERTISEMENT
Sambil menunggu, siapkan 2 sendok makan baking soda, lalu campur dengan air hingga berbentuk pasta. Setelah itu oleskan pada tungku yang sudah direndam. Diamkan selama 20 menit, lalu sikat perlahan untuk mengangkat kerak membandel pada tungku kompor.

Panci dan penggorengan

Ladies, Ini Waktu yang Tepat untuk Mengganti Peralatan Dapur di Rumah (623742)
Ilustrasi peralatan dapur. Foto: dok.shutterstock
Ketahanan perlengkapan dapur yang satu ini tergantung dengan kualitas produknya. Tetapi untuk perkiraan, panci atau penggorengan anti lengket biasanya akan bertahan kurang lebih selama lima tahun. Jadi pastikan setelah lima tahun pemakaian Ladies mulai mengecek detail dari panci dan penggorengan. Meski tampak tidak rusak, tapi bisa jadi semua komponennya sudah tidak layak pakai dan justru berbahaya jika tetap dipakai.
Sedangkan untuk panci dan penggorengan yang tidak anti lengket biasanya bisa bertahan lebih lama hingga puluhan tahun karena tidak mengandung bahan-bahan lain selain bahan utamanya seperti besi atau stainless steel.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white