Woman
·
25 Oktober 2020 14:26

Lebih Kotor dari Toilet, Ini 4 Cara Membersihkan Tas agar Bebas dari Bakteri

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Lebih Kotor dari Toilet, Ini 4 Cara Membersihkan Tas agar Bebas dari Bakteri (204464)
Lebih Kotor dari Toilet, Ini 4 Cara Membersihkan Tas agar Bebas dari Bakteri. Foto: Shutterstock
Bagi sebagian perempuan, tas tangan tidak hanya berfungsi untuk menunjang penampilan. Tas tangan juga menjadi tempat untuk menyimpan berbagai hal. Mulai dari peralatan kerja, makeup, dompet, handphone, hingga tempat bekal.
ADVERTISEMENT
Perempuan selalu berusaha memasukkan semua hal yang diperlukan ketika berkegiatan di dalam tas. Jadi tidak heran kalau tas menjadi barang yang paling banyak disentuh dan berisiko terpapar bakteri dari berbagai hal. Bisa dari tangan kita sendiri, dari tempat kita meletakkan, atau dari barang-barang yang ada di dalamnya.
Menurut sebuah studi yang dilakukan di Jerman, peneliti mengatakan bahwa terdapat 10 ribu jenis bakteri berbeda di tas tangan yang biasa kita pakai. Hasil penelitian ini menunjukkan kalau tas tangan bisa jadi lebih kotor daripada dudukan kursi toilet.
Hal ini kemungkinan terjadi karena menurut studi yang dirilis oleh Universitas Colorado Boulder, terdapat 4.700 bakteri berbeda yang hidup di tangan kita. Dan tangan kita menyentuh banyak barang, termasuk tas dan isi di dalamnya. Jadi tak heran kalau tas tangan bisa jadi salah satu barang paling kotor.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, kita harus membiasakan diri untuk membersihkan tas dengan seksama. Kita harus memastikan tas bebas dari bakteri sehingga aman saat mau disimpan maupun dikenakan lagi. Untuk memudahkan, berikut cara membersihkan tas agar bebas dari bakteri.

1. Bersihkan tas dengan desinfektan

Sama halnya dengan barang lain, bersihkan tas kamu dengan kain yang sudah disemprot desinfektan atau tisu basah yang mengandung desinfektan setiap hari setelah dipakai. Setelah itu, jangan lupa untuk menyemprot area dalamnya dengan desinfektan spray. Agar tas tidak rusak, pastikan kamu mengeringkannya dengan kain bersih sebelum disimpan.
Lebih Kotor dari Toilet, Ini 4 Cara Membersihkan Tas agar Bebas dari Bakteri (204465)
Keluarkan semua barang sebelum dibersihkan. Foto: Shutter Stock

2. Hindari meletakkan tas sembarangan

Saat bepergian, hindari meletakkan tas di area yang rawan banyak bakteri. Misalnya meja dapur, area wastafel di kamar mandi, atau di lantai. Jika terpaksa, sebaiknya kamu melapisinya dengan keranjang atau benda lain yang membuat tas tidak langsung menyentuh area yang terpapar banyak bakteri.
Lebih Kotor dari Toilet, Ini 4 Cara Membersihkan Tas agar Bebas dari Bakteri (204466)
Jangan meletakkan tas sembarangan. Foto: Shutterstock

3. Bersihkan semua barang yang kamu bawa di dalam tas

Keluarkan semua isinya dan lap satu persatu dengan tisu yang mengandung desinfektan. Jika ragu dengan peralatan makeup, kamu bisa menyimpan lipstik dan maskara di dalam freezer semalaman untuk membunuh bakteri dan virus.
ADVERTISEMENT
Kegiatan ini memang tampak menyita waktu tetapi sangat penting dilakukan agar kita tidak mudah terpapar bakteri yang berasal dari tas.
Lebih Kotor dari Toilet, Ini 4 Cara Membersihkan Tas agar Bebas dari Bakteri (204467)
Ilustrasi menyimpan tas ke dalam wadah atau boks. Foto: Shutterstock

4. Simpan tas di dalam wadah

Setelah dipakai, kamu harus terbiasa mengeluarkan semua isi tas. Bersihkan tas dengan tepat, lalu simpan di dalam wadah seperti boks atau kantung kain. Jika tidak ada, kamu bisa memanfaatkan sarung bantal untuk membungkus tas agar terhindar dari bakteri.