Woman
·
30 Juli 2021 11:57
·
waktu baca 2 menit

Lilibet, Anak Kedua Pangeran Harry & Meghan Punya Kesempatan Jadi Ratu Inggris

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Lilibet, Anak Kedua Pangeran Harry & Meghan Punya Kesempatan Jadi Ratu Inggris (86028)
searchPerbesar
Lilibet, Anak Kedua Pangeran Harry & Meghan Punya Kesempatan Jadi Ratu Inggris. Foto: Instagram @dukeandduchessofcambridge
Anak kedua Pangeran Harry dan Meghan Markle, Lilibet Diana atau Lili, baru saja masuk dalam daftar pewaris takhta Kerajaan Inggris. Menurut laporan Standard UK, kabar ini beredar setelah ada perubahan data pewaris di situs resmi Royal Family beberapa hari lalu.
ADVERTISEMENT
Saat ini, Lili berada di urutan ke delapan pewaris setelah kakaknya, Archie Harrison. Selain Lili dan Archie, dalam daftar tersebut juga ada Pangeran Charles di urutan pertama, disusul oleh Pangeran William dan ketiga anaknya. Pangeran Harry sendiri berada di nomor enam yang selanjutnya diikuti oleh kedua anaknya. Kemudian di urutan sembilan dan 10 ada Pangeran Andrew dan Putri Beatrice.
Kabar soal masuknya Lili dalam daftar pewaris tahta kerajaan ini juga disebarkan oleh penulis buku, editor majalah, sekaligus teman Meghan Markle, Omid Scobie. Terkait hal ini, pihak Istana Buckingham mengatakan bahwa situs resmi Royal Family memang selalu diperbarui secara berkala.
Status Lili sebagai pewaris takhta kerajaan ini sebelumnya sempat diperdebatkan oleh publik. Mengingat pada Januari 2020 lalu Harry dan Meghan memutuskan hengkang sebagai anggota keluarga kerajaan Inggris. Tapi jika dilihat dari status Archie yang tetap berada di daftar pewaris takhta kerajaan, bukan jadi hal yang mengherankan kalau akhirnya Lili juga masuk dalam daftar penerus tahta.
Lilibet, Anak Kedua Pangeran Harry & Meghan Punya Kesempatan Jadi Ratu Inggris (86029)
searchPerbesar
Pangeran Harry dan Meghan Markle Foto: Twitter @misanharriman
Tak hanya soal urusan takhta, saat ini Lili juga tidak memiliki gelar kerajaan. Di tahun 1917, Raja George V memerintahkan, bahwa hanya cucu langsung dari pemegang tahta kerajaan saja yang menggunakan gelar seperti putri dan pangeran, serta HRH atau His/ Her Royal Highness. Dalam hal ini, saat ini hanya para cucu Ratu Elizabeth II yang berhak menyandang gelar pangeran dan putri, seperti Pangeran William dan sepupunya. Selain itu, cucu laki-laki pertama dari anak laki-laki pertama Pangeran Charles, yaitu Pangeran George (yang masuk dalam daftar utama calon raja Inggris) juga diperbolehkan menggunakan gelar pangeran dan HRH.
ADVERTISEMENT
Namun pada 2012 aturan tersebut berubah. Lewat sebuah surat paten, Ratu Elizabeth II memutuskan agar gelar kerajaan serupa bisa diberikan pada semua anak-anak Pangeran William, tidak hanya anak tertuanya saja. Oleh sebab itu, semua anak-anak William, seperti George, Charlotte, dan Louis mendapat gelar putri dan pangeran, serta HRH.
Jadi dengan adanya aturan tersebut, anak-anak Pangeran Harry dan Meghan Markle baru akan mendapat gelar pangeran dan putri saat Pangeran Charles menjadi raja. Sebab pada momen tersebut, Archie dan Lili akan berstatus sebagai cucu dari penerus tahta kerajaan.