Woman
·
29 November 2020 14:15

Manfaat Tak Terduga Menyimpan Produk Skin Care di Dalam Kulkas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Manfaat Tak Terduga Menyimpan Produk Skin Care di Dalam Kulkas (317039)
Ilustrasi skin care disimpan di dalam kulkas Foto: Shutter Stock
Skin care merupakan salah satu produk perawatan kulit yang belakangan ini tengah menjadi primadona di kalangan kaum hawa. Selain karena mudah dan praktis saat digunakan, skin care juga dianggap bisa menghasilkan tampilan wajah yang sehat, glowing, dan juga bersinar.
ADVERTISEMENT
Saat menyimpan produk skin care, beberapa perempuan biasanya memilih untuk menyimpannya di dalam kulkas. Mulai dari sheet mask atau masker wajah, serum, hingga pelembap. Namun pertanyaannya, apakah menaruh produk skin care di dalam kulkas benar-benar diperlukan?
Menurut dermatologis asal Inggris, Corey Hartman, MD, beberapa orang biasanya menyimpan produk skin care di dalam kulkas karena ingin menikmati sensasi dingin ketika produk dipakai.
“Konsepnya sama seperti kantung es yang diletakkan pada area wajah setelah mendapatkan perawatan suntikan laser,” kata Dr. Hartman saat diwawancarai New Beauty.
Manfaat Tak Terduga Menyimpan Produk Skin Care di Dalam Kulkas (317040)
Ilustrasi Skincare Foto: Shutterstock
Selain bisa memberikan efek menenangkan pada kulit, Dr. Hartman juga menyebut bahwa menyimpan skin care di dalam kulkas bisa membantu produk bertahan lebih lama.
“Beberapa produk perawatan kulit topikal seperti hidroquinon atau vitamin C lebih baik disimpan di kulkas. Sebab, produk tersebut tidak stabil jika terkena suhu ekstrem, paparan sinar ultraviolet, dan juga cahaya,” terang Dr. Hartman.
ADVERTISEMENT
“Menyimpan produk di dalam lemari es juga bisa mengontrol suhu dan menghilangkan kemungkinan teroksidasi saat terkena cahaya,” tambahnya.
Kendati demikian, Dr. Hartman menyebut bahwa sebagian besar produk perawatan kulit tidak harus selalu disimpan di kulkas agar berfungsi dengan baik. “Meskipun bisa menawarkan sensasi dingin saat dipakai, tapi saya selalu menyarankan pasien saya untuk menyimpan produknya di tempat yang mudah terjangkau,” paparnya.

Produk skin care berbahan alami disarankan disimpan di dalam kulkas

Manfaat Tak Terduga Menyimpan Produk Skin Care di Dalam Kulkas (317041)
Ilustrasi skin care disimpan di dalam kulkas Foto: Shutter Stock
Walau tidak harus, namun khusus untuk produk skin care yang menggunakan produk alami, sebaiknya kita menyimpannya di dalam kulkas. Sebab, produk alami itu biasanya mengandung lebih sedikit bahan pengawet kimia.
“Beberapa merek produk perawatan kulit alami biasanya memberikan petunjuk untuk menyimpan produk di tempat sejuk seperti lemari es guna mendapatkan hasil optimal," kata pendiri dan CEO dari Flavia Lanini Beauty Institute di AS, Flavia Lanini, kepada New Beauty.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, bagi Anda yang sering mengalami iritasi kulit, Dr. Hartman dan Lanini berpendapat bahwa sebaiknya produk perawatan kulit tersebut disimpan di lemari es karena bisa memberikan efek menenangkan saat dipakai.
“Jika produk skin care Anda adalah salah satu produk yang harus didinginkan sesuai petunjuk, maka cara ini bisa membantu mengurangi peradangan dan menenangkan kemerahan di kulit," tutup Lanini.
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)